Thursday 19 January 2012

Lets talk about fanfic part 2


Wkwkwk awalnya ngga kepikiran buat bikin part 2 juga sih. *udah kaya FF aja pake part2 an segala. Wkwkwk
Ini bukan kritik, bukan saran, bukan juga nasihat. Tapi hanya sekedar opini. Just for share aja ya~ isinya kebanyakan ngungkapin pandangan saya tentang FF. jadi boleh setuju boleh juga engga. Itu semua soal selera :p
Di part yang pertama kan udah ngomongin tentang gimana contoh FF yang bagus beserta unsur2nya(?) terus juga ngebeberin tahap apa aja yang aku lakuin buat bikin FF.
Nah kali ini kita bakalan ngomongin ENDING.
Bicara soal ending, ini biasanya menjadi bagian paling controversial(?). kenapa? Karena dengan endinglah runtutan cerita dari awal sampai akhir itu bisa terjawab. Tentang gimana nasib sang  tokoh di cerita itu, apakah akan bahagia, sedih, lucu atau banyak hal lain yang diluar dugaan.
                Nah menurut pengamatanku, *ceilah, ada beberapa ending yang paling disukai readers kebanyakan :
      1.       Yang pasti HAPPY ENDING.
      2.       Tokohnya pada jadian (atau bahkan nikah).
      3.       Ngga ada tokoh yang meninggal.
      4.       Saling mengungkapkan perasaan masing-masing alias saranghaeyo saranghaeyo an(?)
      5.       Ending berakhir tuntas, jelas dan nasib tokoh utama harus baik.

Sayangnya seleraku ngga sama dengan selera readers. Aku lebih suka ending yang :
      1.       SAD (kalo bisa ampe nangis meler-meler)
      2.       Tragis.
      3.       Diluar dugaan (ga gampang ditebak)
      4.       Saling tau perasaan masing-masing tanpa harus diungkapin.

Aku udah bilang ini soal SELERA kan? Dan karena seleraku yang aneh pula, banyak yang protes kalo ending yang aku bikin sering ngegantung. Wkwkwk.
Tapi akan aku jelaskan.
Misalnya ada sebuah cerita (kita ambil aja dari salah satu adegan di FFku). Misal tokoh cowok lagi ada di bandara mau pergi ninggalin tokoh ceweknya ke luar negri, sementara tu cewek lagi ada di perjalanan nyusulin tokoh cowok. Terus apa yang bakalan ada dipikiran readers?
Gampang banget ditebak kan? Pasti endingnya itu tokoh cewe nyariin yang cowo muter2 bandara tapi ngga ada. Ngga lama kemudian tokoh cowo bakalan manggil nama tokoh cewek dari belakang terus tokoh cewek bakalan noleh terus meluk. Ujung-ujungnya yang cewek nangis sambil bilang saranghae dan mianhe. Ya ga?
Nah kalo ending di FFku jadinya begini: mereka ngga bakalan ketemu gara-gara ceweknya udah telat dateng dan yang cowok udah pergi. Tapi yang cewe sadar kalo ternyata dia justru ngerasa kehilangan setelah tu cowok pergi. Sedangkan tokoh cowo sadar kalo ternyata mereka ngga ditakdirin buat ketemu, dia ngga pantes buat tokoh cewek. (bisa diliat di FFku yang judulnya Love Rainbow)
Ending yang NGGA KETEBAK kaya gitu yang lebih aku suka. Tapi (sayangnya) engga bagi readers, banyak yang nganggep ending kaya gitu ngegantung.
Oke kita cari contoh lain. Sekarang kita ke ending FF ku yang judulnya sweet summer.
Disitu diceritain ada cowok dan cewek yang selalu musuhan tapi tanpa sadar mereka malah sering jalan bareng.
Nah kira-kira ending apa yang bakalan ada di otak readers?
YAP. Pasti mereka bakalan sama-sama suka terus jadian. Intinya HAPPY ENDING.
Dan ending yang aku pilih justru mereka emang sama-sama suka tapi belum nyatain perasaan masing2 dan si cowo justru memilih pergi.
Banyak banget yang protes sama ending yang kaya gitu, akhirnya aku ngalah dan BIKININ ADEGAN MEREKA JADIAN DI EPILOG (AFTER STORY). Wkwkwk
Di semua FFku emang kebanyakan ndingnya (yang kata readers) ngegantung gitu sih. Tapi untungnya readers ngga kabur dan justru seneng nebak-nebak ending apa yang bakal aku pilih. Hehehe
SEMAKIN BANYAK BACA FF, READERS SEMAKIN PINTAR.               Pinter nebak gimana jalan cerita dan ending yang bakalan ada di sebuah FF. dan semisal bener-bener ketebak, itu udah ngga seru lagi. ya ga?
Tapi justru itulah tantangan buat author nyari-nyari cerita dengan ending yang ngga gampang ditebak. Dan author musti nerima resiko di tabokin(?) readers kalo ending  yang ada ngga sesuai dengan yang mereka harapkan. Wk!
Sepertinya sudah cukup saya berceloteh ngalor ngidul. Mian kalo TERKESAN sok tau. Namanya juga OPINI, isinya tuangan(?) yang ada di otak. Jadi sekali lagi miannnnn. *bow bareng Key.
Maybe bakalan ada part berikutnya. Sampai ketemu di part berikutnya. puhahahaha

3 comments:

  1. @Kak Icha, ada nggak kak FFnya super junior disini?

    ReplyDelete
  2. unnie Ichez ku yg cantik... aku setuju sama pendapat unnie!! ending yg diluar dugaan dan sad ending tuh LEBIH SERU DAN LEBIH AKU SUKA.. ehehe

    ReplyDelete
  3. @rana: maap ga ada say
    @rahma : hahaha samaaa!!

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...