Thursday 17 May 2012

Sisi Lain Dari 'Aku'


                Akhir- akhir ini gatau kenapa aku sering instrospeksi. Banyak waktu yang aku habisin buat ngelamun dan mikirin gimana sebenernya ‘aku’.
                Mungkin buat temen baru ato temen dunia maya, ga banyak yang tahu aku aslinya kaya apa. Apalagi kalo baru ketemu, pasti ngiranya aku orang yang easy going, dan blab la bla. *tergantung dari kalian yang nilai. Sedeket apa aku sama orang baru (entah itu di dunia nyata ato di dunia maya), aku gabisa langsung nyeritain apa aja yang berkaitan sama privasi aku (mungkin kebanyakan orang juga gitu). Semua yang aku certain Cuma hal-hal yang ada di permukaan, bukan hal-hal yang ada di dalam.
                Aku – yang notabene adalah anak terakhir – sebenernya punya sifat yang egois. Kalo sama temen ,aku ngga bisa ngeluarin itu, melainkan mungkin akan terlihat menjadi keras kepala. Temen2 SMA ku (yang aku bilang deket banget dan tahu aslinya kaya apa), tahu banget sifat asli aku. Tapi kalo temen kuliah, banyak yang lihat aku orangnya cenderung mengikuti arus. Jadi ya ngikut2 aja.
                Kenapa musti ada perbedaan antara ‘aku’ yang semasa SMA dan kuliah?
Karena aku udah ngerasa nyaman banget sama temen SMA, sedangkan temen kuliah ngga sama sekali (sori tapi emang gitu keadaannya). Udah 3 tahun aku kuliah, dan masih belum nemuin zona nyamanku di kampus. Aku ngga pernah ngomong apapun uneg2 aku sama temen kuliah. Aku juga bukan ratu gossip, cenderung BIASA AJA. Aku ngga mau ikut dalam sebuah kelompok, dan lebih suka bersifat netral. Aku sih nerima2 aja kalo dikampus ngga pernah dijadiin t4 curhat lantaran ngga ada yang ngerasa deket sama aku alias aku ngga punya temen deket. Tapi ada ngga enaknya, kalo lagi ada sms berantai pernah jadi korban ngga dapet sms padahal itu adalah hal yang penting. Gapapa sih, mau nyalahin siapa juga ngga bakalan ngerubah apapun.
                Kalo di SMA lain lagi, aku termasuk orang yang punya karakter yang kuat. Apapun acara ato forum yang mau diadain, aku bakalan berperan disana. temen2 mengenal aku sosok cewek yang tomboy, cuek dan apa adanya. Aku kalo lagi marah langsung gamblang banget ngungkapin saat itu juga, atau kalo aku ngga setuju sama sebuah pendapat juga langsung aku patahin saat itu juga. Mereka tau banget aku orangnya blak-blak an, tapi sekalinya dapet amanah entah itu berupa curhatan ato rahasia tentang sesuatu, aku bakalan nyimpen dengan baik. karena ngedapetin kepercayaan dari seseorang itu adalah hal yang paling susah. Sama kaya aku yang susah percaya sama orang.
                Kenapa aku musti berubah? Aku ngga tau pasti soal ini. Yang jelas, terkadang kita harus menggunakan topeng ketika kita bertemu dengan orang yang baru pertamakali kita temui. Tapi sayang topeng itu musti aku pake di bangku kuliah sampe 3 tahun karena aku masih ngerasa asing sama mereka. Asing. Entah apakah di lingkungan yang penuh dengan orang dewasa harus selalu merasa demikian -__-
                Selain punya sifat yang egois, keras kepala dan blak-blak an. Aku juga punya sifat childish, sensitive juga tertutup. Sifat childish keluar kalo aku lagi berfikir. Aku adalah tipe orang yang sering berfikir pendek. Apa2, keputusan ato pemikiran aku keluarin saat itu juga. mungkin itu yang membuat aku jadi tipe orang yang blak-blak an. Aku  lebih suka mikir semuanya dengan simple dan ngga mau ribet-ribet, mungkin ini juga termasuk dalam kategori childish.
                Sensitive. Sifat ini keluar bahkan dari hal-hal yang sangat kecil. Bisa juga ini dikategorikan dalam childish, karena terkadang hal-hal yang kecil aja bisa bikin aku jadi sensi. Setelah aku kuliah, sifat sensi ngga pernah aku keluarin kaya waktu di sma. Aku lebih sering masukinnya dalam hati. Dan mulai dari titik itu aku bisa berfikiran 180 derajat berbeda. missal ada seseorang yang sebelumnya aku percaya ato aku ngerasa nyaman sama dia, tiba-tiba dia ngluarin 1 kalimat yang bikin aku sakit hati ato mungkin ngebocorin rahasia aku sama orang ato mungkin berbohong sama aku. Maka mulai saat aku menyadarinya, selamanya aku bakalan mengingat itu dan ngga akan bisa percaya sama dia lagi (ini adalah salah satu karakter orang yang bergolongan darah O yang asik tapi sekalinya dikecewain bkalan berubah pikiran). karena buat aku kepercayaan itu segalanya, hal yang ngga bisa dirundingkan. Sekalinya hilang, maka selamanya ngga ingin aku temukan.
                Udah sering sih kepercayaan yang aku kasih ke orang itu disalah artikan, mulai dari sebuah rahasiaku yang mendadak jadi omongan public, sampe sebuah pengakuan yang aku percaya ternyata itu adalah kebohongan. Aku ngga peduli dia sahabat yang udah bertahun-tahun sekalipun, maka akan terjadi seperti yang tadi aku bilang tadi. Aku juga mulai belajar untuk ngga gampang percaya sama orang (karena sering di kecewain). Sebenernya aku takut kalo aku udah mulai benci, karena kalo udah sekalinya itu terjadi susah banget buat ngerubah lagi. padahal aku ngga tau siapa yang nanti akan bener2 ada ketika aku ngebutuhin sosok mereka. Bisa aja itu orang yang aku benci. Huft…
Disamping itu sebenernya aku adalah orang yang susah nerima kritik. Aku bakalan terima dengan lapang dada kalo aku emang salah ato yang diungkapin itu kenyataan. Tapi aku beneran ngga suka kalo kritik itu mengandung unsure dibanding-bandingkan, apalagi kritik-yang-mengandung-unsur-dibanding2kan itu plin plan.
                Eum, baca postingan ini dari atas sampe bawah kayaknya aku orang yang ngeri banget ya? Selektif dan perfeksionis. Padahal aku bukan orang yang kaya gitu. Aku ngga pernah milih-milih temen. Temen2 ngenal aku orangnya ceria, jarang ngeliatin ekspresi sedih gara-gara masalah. Bahkan ada yang pernah bilang aku orangnya ga pernah punya masalah -___-. Temen2 selalu ngomong, “kog bisa sih jadi orang nyante kaya gitu cha?”. Itu karena aku ngga mau ngeliatin sisi lemah di aku. Pernah dulu pas berangkat kuliah aku nangis di jalan, waktu di kampus senyum2 tapi ngga sampe 5 menit di kampus aku langsung lari ke parkiran, pulang dan ngelanjutin nangis lagi waktu di jalan pulang. Cengeng banget ya? Wkwk
                Kalo sama temen aku berusaha buat ngasih yang terbaik. Missal ada yang nanya saran aku bakalan cari solusi yang terbaik yang aku bisa, kalo ada yang minta tolong juga aku berusaha bantuin. Sebisa mungkin aku bikin mereka nyaman dan yang penting percaya sama aku. Setidaknya sekarang kalo aku udah nongol didepan pintu kelas ato jalan di ujung koridor bakalan ada yang bilang, “Wahh icha udah dateng.”
                Kita ngga bisa nemuin ‘teman’ disetiap sudut jalan. Kita juga ngga bisa nemuin ‘ teman yang bisa kita percaya’ di setiap teman yang kita temui. Apapun itu, entah teman yang bisa kita percaya, yang selalu ada untuk kita, yang pernah mengecewakan kita bahkan yang sangat kita benci, tetap saja kita sebut teman. Bukan musuh J
                 

Shared By: ichaichez.blogspot.com

4 comments:

  1. kita sama cha,,cuma kalo aku orangnya gak sensitive,,,heheh

    ReplyDelete
  2. eonni aku speechless... eonni di sini jujur bangeet :') aaaa
    tapi eon, tetep be yourself aja yaa. kisah eon yang ini bagus banget buat pelajaran aku untuk memasuki dunia SMA Juli nanti :")
    saaayang eonni {} (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya. sekali2 pengen curcol say
      wah iya kah?
      seneng bisa menginspirasi.
      selamat memasuki bangku sma yaaa :D

      Delete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...