Tuesday 5 May 2020

Pengalaman Berteman Dengan Orang Korea

And if everything goes wrong, grab the keys, put on a sad song and ...


Annyeonghaseyoo~~

Sebelum memulai postingan ini saya mau minta-maaf-sambil-bungkukin-badan-terus-terngkurap(?)-dulu-didepan-pintu(?) karena udah lama banget meninggalkan blog saya ini. Terakhir saya posting disini udah tahun lalu hiksss. Pas saya balik lagi ternyata blog ini udah berdebu, udah lumutan, dan bahkan juga udah muncul sarang laba-laba(?) saking lamanya ditinggalin. Hikssss. Maafkan akuuu blog kesayangkuu.

Dan! Karena saya lagi ngga ada niatan buat bikin FF (inspirasi sih ada, cuman nulisnya lagi mager *plak) jadi saya mau sharing aja sedikit pengalaman saya (uhuk!) yang setahun belakangan lagi gabut dan penasaran gimana sih aslinya cowok-cowok korea itu? Apakah mereka semanis dan segemesin dalam drama? Atau justru mereka nakutin kaya fboys yang lagi hits belakangan?


Oke, rencananya (karena aku gabut selama masa karantina) aku mau sharing semua hal yang aku tahu selama aku kenal dengan para cwo2 koriya ini wkwk. Jadi aku akan bagi postingan ini menjadi 4:
1. Pengalaman berteman dengan orang korea
2. Gaya pacaran orang korea
3. Cara berteman dengan orang korea
4. Gimana sih caranya dapet pacar orang korea?

Semuanya akan aku tulis berdasarkan pengalaman aku dan sharing2 dari temen2 disana. FYI, sebenernya aku belum terlalu lama juga mendalami semua ini(?) dan berteman sama orang korea. Mungkin dekitar setahun lebih aku baru mulai mengenal mereka dan tanya begitu banyak hal tentang mereka. Kalo dihitung2 temen koreaku juga ngga terlalu banyak. Yang ada di kontak kakaotalkku cuman ada 60 an lebih, lainnya di line dan whatsapp (wa cuman dikit bgt sih). Dan dari kesemuanya aku emang kebanyakan ngebahas tentang culture sih, jadi semua yang akan aku bahas di 4 postingan nanti pure aku tanya langsung dari mereka dan pengalamanku ya, bukan copas dari artikel manapun. Oke?

Masuk ke artikel yang pertama tentang pengalaman berteman dengan orang korea, kalian pasti penasaran gimana aku bisa kenal mereka. Jadi aku kenal mereka lewat aplikasi (aku akan sbutin nama aplikasinya di postingan ketiga ya, yang pengen tahu silakan mampir hihi). Aplikasi itu terkenal sebagai aplikasi dating dan language exchange. Pas pertamaaaaaa kali nyoba aku bener2 pure karena penasaran “gimana sih rasanya punya temen orang korea?” tapi ternyata ngga semudah yang dibayangkan hahaha. Aku sendiri udah lama stop ya pake aplikasi2 semacem ini. Udah capek lol. Jadi sekarang tinggal berteman sama orang2 yang bener2 deket aja.

FYI waktu awalan aku pakai aplikasi itu, semua orangnya masih baik2. Isinya kebanyakan traveller yang suka traveling ke seluruh dunia, dan mereka cari teman di salah satu negara untuk mengunjungi negara tsb. Atau sebagian lagi adalah orang korea yang mau belajar bahasa inggris lebih dalam, makanya mereka butuh orang asing.

Jadi sebagian besar bukan untuk dating ya.

Tujuan utamaku buat temenan sama mereka itu juga bukan untuk dapetin pacar. Alasan pertama : karena aku lagi bosan jadi aku butuh temen curhat yang bisa dengerin tanpa aku harus khawatir apakah mereka bakalan bisa aku percaya atau engga. Yang kedua karena aku pengen belajar bahasa korea.

Mostly mereka bisa berbahasa inggris dan sangat sopan. Biasanya aku sering membahas tentang perbedaan culture antara indonesia dan korea. Jadi aku suka ngasih tahu apa itu ‘halal’, apa yang boleh dan ngga boleh dilakukan, gimana kebiasaan orang indonesia, tempat2 mana aja di indonesia yang bagus untuk dikunjungi dan gimana batasan orang indonesia dalam berpacaran (akan aku lebih jelaskan di postingan kedua nanti).

Merekapun nantinya juga bakalan sharing gimana kebiasaan2 orang korea disana. Kalau kami sudah cukup deket, baru biasanya bakal bahas tentang hal2 pribadi kaya pekerjaan, hobi, tinggal dimana, keluarga dan problem masing2.

Awalnya sih gitu yaaa. Tapi lama kelamaan aku mulai susah nemuin orang ‘baik’ diaplikasi itu. Jadi semakin banyak orang2 ‘pervert’ yang nge add. Mereka kebanyakan cari orang asing yang mau ke korea dan diajakin ke korea sampai akhirnya ditanyain “Ramyeon moggo gallae?” (ngga perlu dijelasin ya pertanyaan kiasan ini berarti apa).

Tapi aku dari awal emang biasanya selalu nyeleksi dulu untuk accept in mana orang yang mau aku chat, mana yang engga. Setelah chat via aplikasi kurang lebih 2-3 harian dan aku tahu orang ini bener2 baik, baru biasanya aku mau move ke kakaotalk. Karena itu temenku ngga terlalu banyak di kakao hehe. Kalau di aplikasi bisa sampai ratusan lol.

Agak susah lho untuk bisa tetep chat di aplikasi 2-3 harian itu. Karena kebanyakan mereka sibuk dan ‘ngga serius’ untuk mencari teman. Mereka cuman lagi boring dan ngisi waktu aja. Jadi paling nanti sekali chat langsung banyak yg minta kakao, kalo udah gitu biasanya ngga akan aku bales wkwk (karena kebanyakan yang pada buru2 minta kakao adl orang pervert yang minta video call, jadi jangan langsung dikasih ya #tips)

Nanti setelah move ke kakao pun ngga semudah itu temenan. Biasanya seminggu gitu aja udah jaraaang banget kirim pesan. Karena memang orang korea itu sibuk. Super duper sibuk. Untuk anak mahasiswa, bakalan kuliah sampai sore dan masih lanjut belajar sampai malem. Untuk yang pekerja juga gitu, kadang jam 6 udah pulang tapi masih harus belajar lagi sampai malem (padahal mereka udah kerja tapi masih nyempetin belajar). Belum lagi yang punya kebiasaan exercise alias ngegym, belum lagi yang suka minum bareng temen2 pekerja lain. Pokoknya jadwal mereka itu padat. Bisa jam 12 malem mereka baru mencicipi indahnya kasur setelah seharian beraktifitas. Jadi, mana ada waktu buat balesin chat kamu yang notabene orang asing dan baru kenal lewat chat? Wkwkwk

Kabar baiknya adalah, kebanyakan orang yang pakai aplikasi itu adalah jomblo. Buat kalian yang (siapa tahu) pengen punya pacar orang korea, boleh deh mampir ke postingan keempat nanti. Bukan suatu yang mustahil looh punya pacar orang korea wkwkwkwkkw *apaneh

Kalo mau nyeritain pengalaman dari semua temen disana kayaknya terlalu banyak ya. Jadi aku mau sharing beberapa teman yang membuatku berkesan aja hehehe. Oiya, aku juga ngga bakalan share foto wajah mereka ya, karena itu privasi. Jadi mungkin bakalan share foto lain yang tentu aja aku udh minta ijin dr mereka hehe..

1. Temen yang pertama, paling lama dan paling baik
Aku panggil dia Oppa karena dia lebih tua 2 tahun dari aku. Dia adalah orang pertama yang aku kenal dari aplikasi itu. Sampai sekarang kami masih aktif chatan walau udah kenal lebih dari setahun.
Orangnya super duper baik. Aku ngerasa nyaman kalo cerita sama dia soalnya dia dewasa banget dan selalu ngasih nasehat dengan sangat sabar. Bahkan disaat aku dengan childishnya mengeluh tentang hidup, dia tetep dengerin dan ngasih support yang luar biasa.
Oppa ini termasuk orang yang perfeksionis. Jadi waktu dia bangun tidur, waktu berangkat kerja, waktu pulang kerja, waktu makan itu harus sama setiap harinya. Jadi (dalam waktu indonesia) dia jam 10 selalu makan siang, jam 4 sore selalu makan malam, jam 5 pulang kerja, lalu pasti jam 7 selesai belajar (dia kaya ambil les privat gitu buat belajar tentang kerjaannya tiap hari), jam 8 selalu ngegym dan jam 9 nan pasti dia bakalan ngechat aku buat nanyain gimana hari aku, sekarang lagi apa dan bla bla bla.
Dia ini sering banget ngirimin foto jalan-jalan atau video2 kaya salju lagi turun. Biasanya pas lagi weekend dia suka jalan2 ke taman2 sekitar, atau mendaki pegunungan. Dia selalu ngasih foto dimoment2 itu bahkan ketika dia pergi bareng keluarganya.

*ini foto yang dikasih si oppa waktu kemarin ada cherryblossom*

Kalo aku karena jarang jalan2, jadi seringnya share foto2 makanan lol.
Dia adalah temen paling lama yang bertahan. Yang paling baik dan paling ngertiin aku luar dalam(?). Aku sering banget ngeluh sama ini orang kalo pas lagi pms terus jerawatan hahaha maap ya oppa~

2. Temen yang punya depresi
Temen yang satu ini adalah temen yang paling susah aku handle. Yang paling nguras emosi dan selalu bikin aku khawatir. Yep dia adalah seseorang yang punya depresi. Hm… emang agak sensitif ya ngebahas hal ini.
FYI, temen koreaku yang satu ini depresi udh lama banget. Dan tingkatannya tuh udah cukup serius karena dia udah harus mengkonsumsi obat dari psikiater. Dia bilang “Tubuhku ini kekurangan hormon serotonin, jadi aku harus selalu minum obat.”
Dia pernah mencoba untuk berhenti minum obat (dulu), dan efeknya bener2 ngeri sih. Dia ngga bisa ngendaliin emosinya. Katanya, kalo orang normal tingkat emosinya 60, dia bisa sampai seratus. Dia udah sering banget mencoba untuk bunuh diri.
Aku selalu berusaha baik ke dia, tapi karena dia bener2 ngga ada temen yang bisa ngertiin, lama kelamaan dia jadi bergantung sama aku. Ending2nya dia bilang suka, mau aku jadi pacarnya. Tapi aku beneran ngga ada niatan kesitu.
Makin kesini semakin rumit. Beberapa kali dia bilang lagi depresi, bahkan juga bilang mau bunuh diri. Semakin aku ngerti dia semakin aku ngga bisa handle. Aku jadi tahu alasan kenapa orang lain jauhin dia.
Ada satu hal sih kesalahannya yang ngga bisa aku maafin (sayangnya aku ngga bisa ceritain disini). Kalo bisa aku bilang itu bener2 fatal. Aku ngga sanggup bertahan lagi temenan karena kesalahan demi kesalahan yang dia ulang terus2an. Kebaikan yang aku kasih bener2 disalah artikan. Bukan lagi tentang kesabaran, tapi tentang etika.  
Pada akhirnya aku mundur pelan-pelan. Awalnya juga agak sulit dia terima. Tapi setelah aku jelasin akhirnya dia ngerti dan ngga pernah chat2 lagi.

3. Temen yang bikin halu
Kenapa bikin halu?
1. Ganteng
2. Polos
3. Lahir tahun 1995 (seumuran sama ong alias BRONDONG)
HAHAHA
Sayang banget aku ngga bisa share fotonya disini :( tapi asli deh, dia ganteng. Paling ganteng diantara semua temen korea yang pernah aku kenal. Mukanya udh masuk lah kalo disejajarin sama aktor2 muda… lol.
Pake kacamata bulat dan lucu banget sering panggil “Nuna! Nuna! Lisa Nuna!”
Dia adalah seorang professional chef (gimana sih muka ganteng dan kerjaannya chef #nangis). Dulu tangannya sempet cidera pas lagi kerja, makannya dia gabut dan coba pakai aplikasi buat cari temen. Waktu itu dia bilang pengen belajar bahasa inggris jadinya aku ajarin dikit2.
Kalau malem pas kita telfonan isinya cuman suara keyboard yang cepet banget diketik karena dia harus pake google translete dulu sblm ngomong wkwk. Lucu sih asli. Sukanya rekam2 voice note gitu. Suaranya berat tapi imut gimana sih T.T
Tapi kemudian dia bilang udah dapet kerjaan baru setelah tangannya pulih. Karena sibuk, kita jarang contact an lagi.

4. Temen yang badboy
Kalo yang satu ini temen kantorku pasti tau deh dia siapa. Kerjaannya suka nelpon pas lgi di kantor lol. Orangnya baik sih, tapi badboynya minta ampun.
Kenapa aku bisa bilang dia badboy? Sukanya gonta ganti pacar sampe dia lupa jumlahnya berapa dan bahkan dia juga lupa sebagian besar nama mantannya. Sukanya mabuk bareng bos di kantornya, dan kalo udah mabuk pasti telfonin aku sampe ketiduran. Sebelnya, udh ngobrol ber jam2 besoknya dia bakalan lupa ngomong apa aja pas lagi mabuk. Err… dia juga orang BUSAN, kalian tau kan tipikal cowo busan itu kaya apa wkwkwkw.
Cuman yang aku suka sih dia itu orangnya jujur. Jadi kalo ditanyain apa aja bakalan jawab tanpa ada yang ditutup2in. Dia juga orangnya friendly dan asik banget kalo diajakin ngobrol. Pokoknya ngga bakalan garing dan selalu adaaaa aja topik pembicaraan.
Dulu tuh sampe pernah dia mabuk bareng boss nya dan telpon aku, sampe aku terpaksa jadi ngobrol sama boss nya yang ala2 ahjussi mabuk ngga sadar gitu gimana sih pen nangis. Tapi terus dia minta maaf soalnya emang boss nya penasaran sama aku gara2 dia sering nyeritain ttg aku di kantor. *sigh*
Btw kalo kalian tahu FFku yang judulnya retorgade, sebenernya karakter cowonya aku ambil dr temen koreaku yg ini. Semuanya aku bikin sama persis mulai dari sifatnya, pekerjaannya, stylenya. Sampe aku bahas karakter disitu yang suka batuk2 karena sering ngerokok dan pasang AC terlalu kenceng. Yang belum baca dan penasaran, boleh mampir loh ke ff retrograde hihiih


Kayaknya itu aja deh sedikit pengalamanku yang bisa aku share. Sekali lagi aku bener2 pure cuman pengen share pengalaman disini, bukan untuk menyombongkan diri. Kalian juga bisa kog mengenal mereka dan mengetahui gimana culture korea langsung dari orang korea asli wkwkwk. Asal jangan lupa tetep jaga privasi dan pinter2 milih mana orang baik mana orang yang merugikan. Kalau ada dari kalian yang punya pengalaman yang sama bisa juga tulis di kolom komentar. Kalaupun ada masukan dan kritik, aku tunggu lo…

Sampai ketemu di postingan kedua! Annyeong!

credit picture (foto cowo yang paling atas) : weheartit.com

9 comments:

  1. ganteng profesional chef idola banget... yang cewek nggak perlu masak dah udah kayak di restoran tiap hari wkwkwkwk. mantap... blog ori seperti ini nih harus di pertahankan dan diupdate terus ya min... ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya bener! mau makan udah dimasakin, udah gitu lebih muda jadi penurut kkkkk
      siap! aku dah posting yang kedua jangan lupa mampir ya!

      Delete
  2. kak gimana caranya buat kenalan dengan orang korea lewat ig

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo lewat ig kurang aku saranin ya. Karena biasanya mereka punya ig emang buat temen2 yg real life jd kurang terbuka sama orang asing. Apalagi banyak juga yg ga jago bhs inggria. Kalo let app mereka emang sengaja cari temen, jd lebih mudah

      Delete
  3. Aku juga lagi tmnan sama.bbrapa orang korea aku selalu deg2an ketika.mereka minta foto dan aku selalu jujur sama.mereka klo.kalo sudah menikah, tp ada rasa ketakutan mereka bakal jauhin aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru bgt ya. Kalo buat temenan aja sih fine2 aja menurutku.

      Delete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...