Monday 18 May 2020

Cara Berteman Dengan Orang Korea


Halo halo nyambung lagi nih di postingan ketiga. Perjalanan kita(?) masih cukup panjang karena ada satu postingan lagi yang akan nongol beberapa saat setelah postingan ini yaitu tips mendapatkan pacar orang korea.

Apa sih bedanya ‘cara berteman dengan orang korea’ dan ‘tips mendapatkan pacar orang korea’? Awalnya dua postingan ini memang mau aku gabung, tapi sepertinya akan terlalu panjang jadi akhirnya aku pisah.

Yang jelas ‘berteman dengan orang korea’ adalah satu step sebelum ‘mendapatkan pacar orang korea’. jadi kalian harus melewati step ini dulu sebelum ingin mendapatkan pacar orang korea hahaha.

Di postingan Tips mendapatkan pacar korea, aku akan menjelaskan bagaimana kiat-kiat(?) mengambil hati orang korea(?) sehingga ia bisa tertarik dengan kamu #wetzeehh. Tapi di postingan ini aku lebih terfokus pada gimana cara kenalan sama orang korea? Aplikasi apa yang sering mereka pakai? Dan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat kalian menggunakan aplikasi tsb.

Sebenernya aplikasi dating yang digunakan orang korea itu buanyak ya kaya meeff, hello talk, badoo, tinder, goodnight dan masih banyak lagi. Tapi jujur aku ngga pake semuanya dan ngga nyobain juga (haha!) jadi aku hanya akan memberi tips di 2 aplikasi yang pernah aku pakai yaitu meeff dan goodnight.

Apa sih bedanya?

Langsung aja yuk!


1. Meeff 
Aplikasi yang memiliki slogan ‘make global friends’ ini adalah aplikasi termudah yang bisa dipakai untuk mendapatkan teman korea. Caranya seperti biasa, kamu pasang foto kamu, isi profil, isi kemampuan bahasa lalu pilih antara 2 yaitu heart (menunjukkan bahwa kamu ingin berteman) atau X (menunjukkan bahwa tidak ingin berteman) pada user2 lain yang muncul di beranda. kamu bisa memilih sesuka hatimu namun nanti tergantung orang ybs apakah dia akan menerima permintaan pertemanan kamu atau tidak. Hal yang sama juga berlaku di profil kamu yang akan muncul permintaan pertemanan dr orang lain, tergantung kamu mau milih heart (untuk menerima) dan X untuk menolak).
Disini kamu bisa memilih negara mana kamu mau berteman (misal pilih korea maka hanya pengguna dr korea saja yang muncul di pilihan teman), dan range umur berapa kamu ingin mendapatkan teman. Misal ingin umur 20-25 tahun, maka hanya orang korea dengan umur antara 20-25 saja yang akan muncul.
Jujur aku udah lama ngga pakai aplikasi ini lagi ya. Tapi memang sebagian besar orang korea yang aku kenal aku dapatkan dr aplikasi ini. Awalnya sebagian besar mereka adalah traveller dan seseorang yang ingin belajar bahasa inggris. Tapi kemudian makin susah cari orang baik disini. Lalu akupun berhenti pake apl ini wkwk
Langsung aja ya ini dia tips2 terkait yang boleh dan tidak boleh kalian lakukan dgn aplikasi ini :

DO:
1. Tulis profil dengan lengkap
Ngga cuman sekedar hobi dan kesukaan, tapi tuliskan juga gambaran karakter kamu dan hal hal yang ngga kamu sukain. Misal easy going, open minded dll. Serta hal yang kamu hindarin kaya : No pervert, no fake dll

2. Isi pilihan bahasa korea
Di aplikasi ini ada opsi bahasa dan level kemampuan user. Walaupun kamu cuman sekedar bisa nulis annyeonghaseo atau pakai google translete, aku saranin tetep tulis bahasa korea dengan level begginer ya. Dengan begitu mereka akan tertarik untuk menerima pertemanan kamu.

3. Hati-hati dengan pervert dan fake!
Ini adalah hal paling penting dari semuanya. Disini buanyak buanget fakboy guysss. Hati-hati seriusan! Jangan tergiur dengan wajah mereka yang tampan, karena bisa juga mereka fake.
Gimana cara bedainnya?
Yang jelas profilnya. Biasanya mereka nyantumin kode2 tertentu disana, jadi penting untuk baca profil sebelum menerima pertemanan. Kedua, mereka sering frontal di chat wkwk. Ketiga, foto. Kalo udh foto profilnya cowo2 nunjukin abs, langsung tolak! Dan (ini mungkin cuman pengalamanku aja ya) kadang ada yang pake filter masker (wajah full putih) itu kebanyakan pervert juga jd biasanya ngga aku accept.

4. Pastikan dia orang baik
Caranya dengan ngobrol lebih dalam via chat. Tanya kesibukan, pekerjaan dan ngeluh! Kalo buat aku, ngeluh adalah cara paling ampuh. Kamu bilang aja ‘aku sebenernya cukup khawatir karena disini banyak pervert’. Biasanya mereka bakalan nanggepin keluhan kamu. Kalo orang baik bakalan belain kamu, kalo dia pervert dia pasti bakalan nyanggah keluhan kamu.

DON’T!
1. Kasih akun kakao
Untuk ngasih akun kakao, kamu harus mastiin dulu bahwa dia orang baik. Jadi jangan pernah ngasih akun kakao kalo dia begitu nyapa halo dan langsung minta kakao ID kamu.
Kamu harus memastikan orang itu dr poin 3 dan 4 yang ada diatas, baru kamu bisa temenan ke kakao. Lebih baik kamu minta ID dia dan kamu yg ngechat daripada kamu ngasih ID kamu ya.

2. Kasih data pribadi
JANGAN SEKALI KALI! Entah dia bilang mau kasih hadiah atau apapun jangan pernah percaya sama orang dr internet! JANGAN BANGET.

3. Baper
Jadilah rasional. Jangan mentang2 dia sweet, ganteng dan orang korea terus kamu baper padahal belum lama kenal. Kecuali kalian udah bener2 deket dan udah kenal dalam waktu yang cukup lama. Karena (aku ingetin nih ya), orang yang pakai aplikasi ini tuh kebanyakan orang gabut. Jadi sesuka mereka aja mereka mau bales atau engga pesan dr kamu. Jadi kalau tau2 dia ngilang setelah beberapa waktu ya jangan baper!

Untuk meeff kayaknya itu aja deh yang perlu aku bagikan. Lanjut ke aplikasi kedua yaitu Goodnight.

2. Goodnight App
 Aplikasi ini beda banget sama aplikasi yang pertama. Kalau di meeff itu berteman via chat, kalau disini berteman via telfon. Cara kerjanya adalah kamu akan mencari teman telfon secara random, lalu diberikan waktu 7 menit untuk menelpon. Setelah waktu habis, kamu dan si penelepon bisa memilih untuk melanjutkan telfon (menekan hati) atau menghentikan telfon (menekan X). kalau kamu dan temanmu sama2 menekan hati, maka otomatis kalian akan berteman. Jika hanya ada salah satu yang menekan hati, maka akan fail atau gagal berteman. Jika kalian berteman, kalian bisa mulai chat dan menelfon kapanpun kalian mau.
Jujur aku kenal aplikasi ini belum lama. Dan aku juga jaraaang banget pakenya. Biasanya pas insomnia lagi kambuh dan bener2 gabut, aku coba pakai aplikasi ini. Cuman karena skrg udh punya partner telpon sebelum tidur jd udh ngga pernah pake ini lagi.
Hal yang aku sukai dari aplikasi ini adalah semua hal yang ada disini itu privat alias privasi. Kalian ngga perlu ngasih nama asli, ngga perlu ngasih asal negara, dan bahkan ngga perlu pasang foto!
Jadi pure cuman nickname, umur dan suara kalian hehehe. Oiya satu lagi, tertera jarak antara kalian dengan si penelepon. Asik kan? Hihihi
Buat kalian yang pengen belajar bahasa korea, aplikasi ini jauh lebih efektif dari meeff sih kalo menurutku. Kenapa? Karena kita ngobrol langsung. Aku aja yang awalnya cuman bisa ngomong annyeonghaseo aja skrg udah cas cis cuss ngobrol sama mereka. Bahkan ngga sedikit orang yang nanya “apa kau orang korea?” aku udah bilang bukan, tapi merekanya masih bilang “Tidak mungkin, kau pasti orang korea. Cara bicaramu benar2 seperti orang korea.”
Ini bukan berarti aku pinter bahasa korea ya. Tapi karena obrolannya rata2 cuman itu2 aja jadi aku udah hafal wkwk. Aku juga belajar grammar korea dikit2 sama pengucapannya sih. Jadi ya… lumayan lah. hihi
Langsung aja ya ke hal hal yang boleh dan ngga boleh dilakukan :

DO!
1. Sebisa mungkin sembunyikan identitasmu
Kenapa begitu? Karena orang lain pun gitu wkwk jangan kaget ya kalo semua foto orang disini gambarnya kucing wkwk
Sebenernya aplikasi ini tuh lebih riskan drpada aplikasi chatting. Soalnya langsung menuju ke telepon. Kalau chating kan prosesnya lambat, kamu bisa aja balesnya entaran, mikir dulu atau ditinggal kerja. Nah kalau ini tuh engga. Kamu langsung dikasih waktu 7 menit buat ngobrol. Jadi harus ekstra hati2.
Aku ngga ada niatan mau temenan serius(?) sama orang korea lewat sini. Aku lebih pengen belajar bahasa korea dengan ngobrol langsung.

2. Lebih baik pakai bahasa korea
Belajar dikit2 ya… karena mereka udah banyak yang ‘males’ ngomong sama orang luar korea soalnya orang luar korea disini itu BUANYAK banget. Mereka bakalan semena2 nutup telpon kamu kalo tau kamu bukan orang korea. Jadi akan lebih baik kalo kamu ngomong korea sebisa kamu, yang ada mereka akan terheran2 kenapa orang luar korea bisa ngomong sepintar itu HA.HA.HA
Kalo bisa aku kasih kisi2, yang bakalan mereka obrolin itu biasanya setelah yeoboseyo (halo) dan annyeonghaseo (hi) adalah mwo hago isseoyo (kamu sedang apa). untuk pertanyaan ini aku pasti jawabnya nuwo isseoyo (rebahan) karena aku nelponnya malem. Selain itu biasanya bakalan nanya umur mereka myeotsal iyeyo (berapa umurmu), misal 25 ya sumeul dasot sal ieyo. Atau mereka biasanya nanya eodi nara saram iyeyo (kamu dari negara mana), jawab aja indonesia saram iyeyo (orang indonesia).
Rata2 obrolannya sih gitu. Yang penting pelafalan kalian itu bagus HA.HA.HA.

3. Hati-hati sama pervert
Sama kaya meeff pervert ada dimana2. disini jauh lebih ‘ngeri’ sih karena mereka bisa ngobrol langsung kan? Hiiii
Aku kasih tips untuk mengenali orang2 pervert, pertama dari nickname dan profil. Biasanya ada kata2 p.s atau huruf p.s dalam hangeul. Kedua dari obrolannya biasanya kalo kamu nanya mwohago isseoyo (sedang apa kau) dan mereka jawab neo saenggakhae (lagi mikirin kamu). Ini 100% adalah pervert. Ketiga ada pemberitahuan, untuk pervert yang pernah direport biasanya di layar akan ada pemberitahuan klau harus hati2. Jadi kalo kamu menemukan orang dengan tanda2 dia pervert, report dulu sebelum tutup telpon ya (its a MUST!).
Tapi jangan khawatir, orang baik juga banyak kog. Cuman pesenku tetep harus hati2.

DON’T
1. Kasih kakao/line/apalagi wa dan ig
Jangan langsung kasih aplikasi chatmu ke orang2 yang ada di gnight. JANGAN! Mereka lebih riskan gaess. Dan biasanya muka sama suara ngga sinkron. Mending kamu tetep stay di apl aja deh saranku. Karena jika kamu sudah berteman dgn orang itu, kamu bisa nelpon dan kirim pesan ke orang itu kapanpun kamu mau.

2. Share foto
Terkait poin 1 di bagian DO, lebih baik kamu ngga pasang foto apa2 deh. Di apl ini sama sekali ngga bisa sharing foto dalam aplikasi, jadi kamu harus temenan di kakao/line dulu baru bisa share. Jadi mending ga usah mulai deh.

3. Bahas boyband korea
Plis jangan lakukan ini kalo ngga mau bikin mereka ilfeel sama kamu. Orang korea itu paling males kalo udah ketemu fangirl. Karena yang pertama : kebanyakan dari mereka ngga suka kpop dan yang kedua : mereka males ngobrol sama orang halu dan berfikir bahwa semua orang itu seganteng member boyband.
Aku sering banget dapet pertanyaan “gimana kamu bisa berbahasa korea sebagus itu? Bagaimana kamu belajar?” aku sering jawabnya “aku banyak menonton variety dan drama”. ini masih bisa diterima mereka. Tapi kalo mereka nanya gitu dan kmu jawabnya “karena aku suka kpop.” habis deh pasti langsung diketawain.

Untuk hal-hal yang ngga boleh dilakukan kayaknya itu aja deh. Walaupun aplikasi ini lebih riskan ketimbang meeff yang via chat, sejujurnya apl ini justru lebih aman guys. Karena privasi bener2 dijaga dan kamu bisa dengan mudah mereport orang lain kalo dia membuatmu ngga nyaman.
Bahkan disaat kamu udah temenan sama satu orang, kamu bener2 ngga bisa ngelihat foto profilnya dan berbagi foto. Jadi semua save! Kecuali kalo kamu melanggar point DON’T tadi ya karena kalo udah keluar dr apl ini dan lanjut ke aplikasi lain, itu udah pilihan kamu.
Kalo dari meef aku bisa dapet ratusan temen, jujur dari apl ini aku cuman dapet 2 temen wkwkw.Dan dua2nya orang baik yang ngga pernah maksa untuk minta aplikasi lain.
 Yang satu anak kecil(?). Orang korea yang tinggal di new zealand dan udah jadi atlit golf taraf dunia mewakili new zealand. Tapi skrg udah berhenti semenjak dia cidera. Anaknya lucu dan polos banget wkwk.
Yang kedua oppa-oppa. Sangat dewasa dan super sabar. Kalo dia telat nelpon gitu akunya suka sewot dan dia bisa minta maaf sampe ratusan kali. Yang ini beneran buta soal cewek apalagi soal percintaan(?) Dan bahkan dia lebih polos daripada anak kecil yang pertama tadi soalnya kalo ngomong suka jujur dan bikin aku geleng2 kepala. Tapi karena dia orang baik jadi aku masih temenan sampe sekarang.

Gitu aja sih cara dapetin temen korea.Disini aku berbagi berdasarkan pengalamanku ya.
Pesan buat kalian, boleh2 aja nyoba2in apl2 semacem ini tapi tetep stay save ya. Jangan terlalu diambil hati juga. Anggep aja buat ngisi waktu luang. Seru juga kan bisa sambil belajar bahasa korea sekaligus!
Oiya kalian juga bisa make apl diatas untuk sesama orang indonesia atau negara2 lain. Siapa tahu kalian pengen dapet temen dari dunia maya(?)
Dan buat temen2 yang siapa tahu punya pengalaman juga dengan orang2 korea bisa share di kolom komentar lho. Apalagi kalo kalian yang udah pernah nyoba aplikasi lain. Aku dengan senang hati membaca cerita kalian.
Aku tunggu komentarnya ya!
Sampai ketemu di postingan berikutnya hehe


cre pic : pinterest

4 comments:

  1. ka kalo tiba2 org korea chat d jg, dan ngbrol baru 1 hari tiba2 dia kirim emot kiss cara menghindar dengan sopan gimana y ahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah langsung gass banget ya tiba2 kirim emot gitu. caranya ya kamu kurangin intensitas chat kamu, jadi kalo pas ngga lagi chat ya pngga usah chat duluan ato ngga usah kasih reaksi hehe. ntar lama2 juga ilang

      Delete
  2. Kak mau nanya jadi kalo di apk good night itu bisa milih orangnya ky misal maunya cuma orang Korea doang itu bisa ngga kak gimana caranya tolong jawab ya kak makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Dengan buka setting > language > pilih bahasa korea yang tulisannya hangeul ya. Ntar otomatis pilihan random callnya ke orang kprea

      Delete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...