Wednesday 2 March 2011

SHINee Kiff : Dibalik Insiden KIFF SHINee

               

              
                Mungkin semua sudah tahu kalau acara KIFF (Korea-Indonesia Friendship Festival) udah lama banget terlewat. Bahkan sudah lebih dari 3 bulan yang lalu, tepatnya 12 Oktober 2010 (aku akan selalu mengingat tanggal itu.). tapi (sayangnya) bagiku acara ini masih aja menjadi misteri. Khususnya kaya aku (orang-orang yang tidak tahu menahu apa yang terjadi. Yang aku tahu Cuma ada sebuah insiden yang membuat nama SHAWOL INDONESIA mendadak buruk.) 
                Entah kenapa aku jadi kembali tertarik mengambil topic ini kembali ke permukaan. Mungkin karena ada beberapa berita yang akhir-akhir ini mengingatkan kuu pada KIFF. Kaya acara sejenis yang baru saja diadain di aussie (KAFF) dan berita tentang operasi kakinya JongHyun.
                Sebelumnya mungkin hanya bisa ikut bersedih dan kecewa. Tapi sekarang justru tergelitik mencari info-info tentang apa yang sebenarnya terjadi. Mulai dari curahan hati para penonton yang menuliskannya di blog, di twitter, fb, foto-foto, video sampai komentar-komentar yang tercantum dibeberapa blog fan base.
                Dari beberapa artikel maupun komentar yang kubaca, aku menarik beberapa kesimpulan yang aku rangkum jadi suatu perjalanan SHINee selama beberapa jam di Indonesia. Aku ngga bisa mengatakan bahwa yang kutulis ini fakta. Karena akupun ngga ngeliatnya secara langsung. Sekali lagi, ini hanya beberapa kesimpulan yang aku ambil dari berbagai sumber.
                Sebelum aku maparin tentang kegiatan SHINee di acara KIFF, mungkin masih ada yang belum tahu gimana bentuk acara KIFF itu sendiri. Acara KIFF (Korea Indonesia Friendship Festival) diselenggarakan atas kerjasama Arirang TV dan TVRI dalam memperingati hubungan Diplomatik antara Korea dan Pemerintah Indonesia, yang diadakan tanggal 12 Oktober 2010 di Tennis Indoor Senayan. Konser persahabatan yang berlangsung pada pukul 18.30-20.30 WIB ini adalah bagian dari Pekan Indonesia-Korea yang diselenggarakan pada 10-16 Oktober dengan beragam acara kebudayaan.
                Untuk tiket itu berupa undian yang diadain arirang. Dan entar undian dipilih berdasarkan email yang masuk. Tapi ada juga info kalo tiket itu terbagi jadi general, premium dan VIP. Harusnya sih tempat duduknya beda-beda, tapi karena panitia kurang koordinasi, yang ada jadi nyampur. Bahkan banyak calo tiket disana. Untuk tiket out door 25-50rb, indoor 200-800rb. Out door itu sendiri nanti hnya akan menonton dari luar dengan menggunakan layar superbesar.
                SHINee akhirnya tiba di Indonesia dengan pesawat garuda (Ngga tau pasti sih mereka dateng jam berapa, seingetku jam 12an). Dan di bandara Soekarno Hatta udah ditunggu ama ratusan fans di airport. Aku ngeliat dari video, banyak banget yang nunggu mereka. Video pas SHINee dateng di air port juga banyak banget. Dengan mudah dilihat dari berbagai sudut dan versi.





                Pengakuan Key setelah melihat animo shawol indo: “I'M SO SURPRISED WITH INDONESIAN SHAWOLS!”

                Shawol pada tereak manggil nama mereka berkali-kali tapi mereka sama sekali ngga nengok. Masih dengan ekspresi yang datar, langsung jalan menuju bus. Dari video yang kutemukan, ngga terlalu parah sih ricuhnya, kayaknya mereka pada speechless kali ya. Tapi SHINee sempet dirubung gila-gilaan juga sih, walo nyatanya ngga anarkis sama sekali.


(foto waktu mereka dateng, yang pake topi dan kacamata itu key, yng pke kupluk dan nutupin wajah itu jonghyun)

       Habis dari bandara, mereka langsung ke Ritz Calton buat istirahat bentar dan make up. Dan mereka Cuma make up 30 menit, lanjut press conference ke Hotel Mulia. (beuhh, pasti capek banget rasanya). Di press confrece itu Onew mengaku semoga setelah ini hubungan budaya Indonesia-Korea makin dekat. Dan shine juga akan kembali lagi ke Indonesia untuk mengadakan konser yang sesungguhnya. (semoga emang kejadian, amin).






(waktu press confrence)

            Jam 3 sore mereka keluar dari hotel mulia dan (menurut info yang kudapet) mereka lanjut ke tendor. Pas keluar, (lagi-lagi) banyak shawol yang ‘menghadang’ diluar. Meski banyak teriakan (kayaknya banyak jempol yang pada kejepit nehh) tapi semuanya baik-baik saja hingga shinee berhasil sampe di tendor.
             Di tendor, mereka mulai check sound (gladi bersih). Nah pas itu udah banyak Media yang ngeliput. Dan bahkan ada 2 shawol yang leluasa masuk. Padahal personil SHINee udah bilang ngga mau kalo diliput. Dan lagi media itu banyak ngambil foto SHINee tanpa make up, dan mereka ngga mau menghapus foto2 itu.
            Dari situ personil SHINee udah ngerasa ngga nyaman.
         Acara dimulai jam 06.30. Penampilan pertama ada tarian tradisional, alat music tradisional (baik dari indo maupun korea), ada juga penampilan dari Naomi sama 2 orang artis laen (aku lupa namanya *lol) perwakilan dari korea. Dan gita gutawa serta dance company dari indo.
           SHINee sendiri menyanyikan tiga lagu : RDD, Hello dan Lucifer. Penampilan mereka beneran keren. Dan bahkan shawol juga ikutan nyanyi, persis kaya shawol korea yang selalu bikin envy karena bisa nyanyi bareng shine. Mungkin buat acaranya ngga perlu diceritain lagi ya, udah pasti semua udah nonton di TVRI 24 Okt jam 20.30 kemaren.

(beberapa foto penampilan mereka)










                Ada cerita menarik yang aku temukan dari salah seorang penonton. Dia bukan shawol, dia ngga niat nonton, dia ngga punya tiket dan Cuma modal nekat serta iseng bisa masuk tendor bahkan mendapat tempat duduk didepan. Oke, rada nyesek nulisnya.
              Dia juga bilang dia masuk itu dari pintu belakang. Jadi (katanya) ada dua pintu, yang satu rame yang satu engga dan pintu belakang itu penjagaannya kurang banget. Buktinya dia bisa masuk tanpa pemeriksaan (kau benar2 beruntung!)
              Konser kelar, semua berbondong2 menunggu shinee di pintu samping yang penuh dengan penjagaan yang ketat serta beberapa mobil yang siap menjemput. Sayangnya bukan dari sana SHINee keluar, melainkan dari pintu belakang yang lebih kecil, dengan jalan ‘rahasia’ yang gelap tanpa penerangan sama sekali menuju bus.



(ini dia jalannya)


(ada Taemin, manajer, panitia dan satu polisi)

            But, meski udah banyak shawol yang nunggu di pintu samping, dan udah lewat jalan rahasia, tetep aja masih ada shawol yang nunggu di deket bus. Awalnya keadaan masih terkendali karena shawol disana hanya sekitar 100 orang dan panitia bolak balik nyuruh para shawol buat bikin jalan.
           Tapi pas personil shinee muncul langsung pada teriak-teriak. Personil shinee pada lewat dengan kecepatan yang tinggi. Yang pertama Key, saat itu masih aman dan terkendali. 


(jalan msih terbuka untuk Key)

Pas jonghyun lewatpun awalanya masih terkendali, tapi lama-lama udah banyak yang ngedorong dari belakang. Dan keadaan mulai ricuh. (aku ngga mau langsung ngambil kesimpulan jonghyun ‘cidera’ pas itu ato engga). Yang jelas, setelah jong lewat dan mendekati bus, dia mulai dipapah. *please ambil kesimpulan sendiri.




 Ini dia bukti fotonya, meski kepotong, udah jelas cowok berkulit putih berbaju abu-abu yang dipapah itu jonghyun. (foto ini diambil oleh shawol yang beruntung tadi, dia ada di bagian dekat bus.)
Terus yang lewat ada Onew. Berita tentang Onew yang dijambak itu bener. Dia bahkan dijambak dan ditarik-tarik sampe dia agak marah. Ada yang bilang shawol Cuma mau megang wajahnya Onew tapi kedorong, walhasil yang ada malah ngejambak (-_______________- *nokomen!!). Onew terus-terusan megangin kepalanya ampe masuk bus.
Berdekatan sama jjong dan Onew, selanjutnya minho, dia keliatan cuek makan lollipopnya dengan cool. Kemudian lewat, meski nyatanya dideket bus dia didorong-dorong ampe (denger-denger) ngedudukin perut shawol yang ampe nyungsep dibawah bus (ini lagi-lagi Cuma apa adanya dari yang tertulis di komen salah satu blog).
Personil terakhir yang lewat Taemin. Berita soal taemin jatuh itu ngga bener. Dia nunduk dan hampir berlutut (ini pengakuan shawol yang tepat ada didepan Taemin). Dan pada saat nunduk itu kayaknya karena dia agak marah, dia langsung berontak gitu karena ditarik-tarik shawol.


Setelah semua personil masuk bus, Key sempet kesel sambil narik tirai yang ngga mau nutup. Onew langsung nyandarin kepalanya di kursi. Minho duduk dideket jendela. Dan taemin diem aja sampai bis berjalan sampai bandara. Selama di perjalanan, katanya sih Key sama Onew sempet mondar-mandir didalem bus.
Sepertinya shawol Indonesia pantang menyerah, banyak dari mereka yang menunggu di bandara. Key udah masang muka jutek, Minho masih nyantai, Taemin kecapekan, Onew ehm… mukanya kasihan (mungkin masih kebawa sakit dikepalanya), dan JongHyun udah dipapah (dan masih aja diserbu, meski shawol udah pada kaget dan ga tega).
Di pintu masuk pemisah antara penumpang dan pengantar, langkah shawol terhenti (meski nyatanya masih ada yang berhasil masuk). Mereka sempet nunggu beberapa saat.



Udah ngga begitu banyak yang ikut masuk.
Perhatiin JongHyun, kakinya sakit dan dipapah manajer.
Disini muka Key (katanya) yang paling jutek. *sifat asli key keluar.


(Jonghyun digendong sama manajernya karena kakinya sakit ngga bisa jalan.)

               And then, itulah serangkaian cerita yang terjadi selama KIFF. Mungkin banyak versi lain yang berbeda, tergantung dari sisi penonton. Dan sekali lagi tulisan ini hanyalah kesimpulan yang aku dapatkan dari beberapa penonton yang menuangkan ceritanya melalui blog, twitter maupun catatan facebook. Jadi jangan salahkan kalo ada cerita yang mungkin menurut kalian berbeda dengan apa yang kalian tangkap.
                Yang jelas banyak pelajaran yang bisa diambil dari peristiwa ini. Jangan sampai peristiwa ini terulang lagi di RENCANA KONSER SHINEE di BULAN JULI tahun ini. *berdoa moga-moga jadi konser beneran. Dan yang pasti, konser besok itu bisa dijadiin kesempatan kita buat memperbaiki citra shawol indo. Lagian dari pihak penyelenggara juga bakal ngasih moment buat shawol supaya bisa nyampein permintaan maaf.
             Sekali lagi jangan nyalahin siapa-siapa. Yang lalu biarlah berlalu *bahasanya*. Yang akan datang jangan sampe kita sia-siakan. Okey? Hwaiting!



Credit : vanbun’s blog, asian fans club, Nasywarea note, @korealoverzindo, @SWICpetition, note fb.

28 comments:

  1. aku harap mereka beneran mau datang ke Indonesia lagi... n mau memaafkan kesalahan shawol Indonesia sebelum ni .... amiinnnn...

    hwaiting..... *o*

    ReplyDelete
  2. sumpah yah,, pengen nangis,,, T,T ya allh nyesek banget huhuh

    but keep figting

    ReplyDelete
  3. wogh! serius nih? onew d jambak,key ksel?
    buset!! bnr" ga tau diri bgt c shawol yg dateng..
    klo g emg ktmu sm dy g mah bkl ngerekam mreka dr dket sambil treak" aja. ga mungkin smpe megang" itu nmanya ga sopan. onew pling ga suka tuh sm org yg ga sopan.
    mang konser mreka bulan juli ini? tiketnya udah di jual blom? haha ^^

    ReplyDelete
  4. iya chingu. serius.
    yapp. bener.

    haha. katanya sih gitu.
    tiket?
    belommm ^^

    ReplyDelete
  5. hiks....hiks... sdih aq bca.a smoga mmber SHINee maafin SHAWOL INDONESIA.... AMIN

    ReplyDelete
  6. yaaa,,baru baca.. dulu saya belum jadi shawol sih pas mereka kesini..hehe
    jangan sampe deh mereka sampe kapok dateng kesini..

    ReplyDelete
  7. duh...kasian oppa SHINee...hmm..moga2 mrka dah maafin shawol indo yah...n tentu nya ini jd pelajaran yg berharga bgt buat smw fandom Kpoperz d indo..jgn smpe hal fatal seperti ini terulang lagi...inget,kita jg bawa nama indo loh...

    ReplyDelete
  8. hah? juli telat donk gw bacanya.... hmmm kira2 kpn konsernya bakal diadain lg ya?

    ReplyDelete
  9. yaaa,kak klo tau tentang SHINee k indo langsung coment disini lg yaaa

    ReplyDelete
  10. denger2 tanggal 17 desember besok mau ke medan say. tapi belum pasti :)

    ReplyDelete
  11. ooo,thx yaaa,hmm kira2 hrg tiket SHINee brp yaa??

    ReplyDelete
  12. ooo,ok dehh jadi mulai skrg mari menabunggggg

    ReplyDelete
  13. hueeee :'( aku muak banget sama kelakuannya SHAWOL di IND ... ngga mengikuti tata tertib banget ! :( Jong kan kasian :'( Onew .. sama yg lainnyaaa :'(

    ReplyDelete
  14. ya ampun kasihan banget. Key pasti keselnya banget banget benget tu. Aku denger akibat shawol indo yg membuat mereka cedera SHINee sampai gk mau lagi dateng ke indo.

    ReplyDelete
  15. wuah.. makasih buat post ini. aku baru baca.. jadi gitu toh.. kemungkinan jalan terjadinya insiden ini... aku bingung banget, banyak versi. ada yg bilang minho sempet nabok kaca bus saking sebelnya, ada yg bilang taemin masih senyum2, padahal dia juga dijambak, dll -.- oh tapi, yg pasti.. ada satu orang yg cerita.. dia nunggu di luar pas bubar dan penjagaan tuh ga ketat banget. karena salah satu satpamnya (atau 2 orang) malah ngobrol bareng dia dan bukannya ngawal SHINee. hahaha

    ReplyDelete
  16. iya bener ada banyak versi.
    masama :)

    ReplyDelete
  17. huduh..kasian banget onew rambutnya dijambak..

    ReplyDelete
  18. ga kuat liatnya .....

    ReplyDelete
  19. sedih bacanya :( dan sayang waktu itu belum jadi shawol.... :(
    moga nanti SHINee beneran datang ke indo atau aku yg nyusul mereka ke korsel AMIIIIINNNNNNNNbacanya :(

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...