Friday 16 July 2021

Apa Yang Terjadi Padaku Saat Overthinking?


Hello untuk siapapun yang akhirnya terjebak disini dengan suatu alasan, aku mau sharing beberapa hal yang aku lakukan saat overthinking. Aku bikin postingan ini karena beberapa hari belakangan aku lagi ngubek2 blogku ini dan  menemukan postingan Apa yang terjadi saat aku strees? di salah satu halaman. Lalu akhirnya memutuskan untuk membuat postingan serupa dengan my biggest concern recently yaitu Overthinking.

Sejujurnya aku cukup terkejut sih saat membaca postingan apa yang terjadi saat aku stress, soalnya disitu aku menemukan diriku yang dulu ternyata bisa begitu positif dan punya problem solving yang sangat bagus ketika berhadapan dengan yang namanya stress. Jujur sekarang aku ngga bisa kaya gitu lagi. Ngga hanya pikiran aku yang selalu dipenuhin sama hal-hal negatif dan pesimis, tapi juga my escape yang dulu works tapi sekarang sama sekali ngga bisa works di aku.

Jadi kemungkinan besar disini aku tidak hanya akan membagikan hal-hal positif aja, tapi juga bener-bener pure yang aku lakuin dan aku rasain ketika overthinking. Aku bikin postingan ini biar suatu saat kalo aku lagi overthinking aku tahu apa yang harus aku lakukan.

1. Sharing
    Kenapa bisa overthinking? Permasalahan terbesarku sekarang adalah aku ngga bisa menerima diriku, aku selalu takut apakah orang lain bisa menerima diriku, aku takut aku bikin kesalahan, aku takut yang aku lakukan ngga sesuai ekspektasi, dan aku takut anggapan orang lain akan negatif terhadap diriku. Semua itu akan diperparah dengan perasaanku yang selalu merasa kesepian. Aku merasa ngga ada yang bisa membantu aku, aku merasa semua harus aku tanggung sendiri. Jadi hal pertama yang akan aku coba lakukan adalah keluar dari zona nyamanku.
    Aku akan mencari orang lain untuk cerita. Ini kalo udah bener-bener penuh, sakit dan ngga kuat lagi aku bakalan cari temen buat cerita. Meskipun aku sering ngga menceritakan concern aku 100%, tapi setidaknya pendapat orang lain akan bikin aku lega. Bahwa kekhawatiran yang aku pikirin itu sama sekali ngga beralasaan, bahwa belum tentu overthingking itu benar adanya, dan sudah saatnya buat lebih percaya ke orang.
    Mungkin karena udh memasuki di umur aku yg sekarang, aku bener2 ngga bisa sendirian. Harus ada orang lain yang aku jadiin tempat sharing. Masalah sekecil apapun itu aku usahakan untuk aku ceritain sebelum itu jadi hal negatif yang mengganggu pikiranku.

2. Pray 
    Ini adalah yang paling penting dan paling sering aku lakuin. Setiap malem pas aku lagi berdoa, aku selalu mengeluarkan segala persaan aku ke Tuhan. Ya kaya curhat aja gitu. Tapi lama kelamaan dari situ aku jadi lebih sering mengungkapkan rasa syukur dari pada mengeluh. Tuhan itu bener2 valid sih, udah jadi tempat peraduan terdamai yang bisa di pilih oleh manusia.


    Kadang kalo udah bener2 ga kuat, aku bisa curhat laamaaaa banget pake lilin pas malem-malem hari. Bener2 curhat semuanya ngga pakai filter2 lagi sambil nangis sesengukan. Aku curahin kekhawatiran aku semuanya.
    Dan ajaibnya setelah berdoa tuh rasanya hati kita yang kosong mendadak jadi penuh. Kuncinya itu percaya, maka apapun yang kamu harapkan bakalan jadi kenyataan.

3. Scrooling Social Media
    Dibandingin dulu, sekarang awarnessku tentang overthinking jauh lebih besar. Aku jauh lebih ngerti apa yang harus aku lakukan dan engga. Ya walaupun udah gitu, overthingking masih tetep ada aja lho.
    Scrooling social media yang aku maksud disini yaitu membaca artikel dan follow social media yang sering membahas tentang masalah atau fenomena yang dialami manusia dari perspektif psikologi. Contohnya kaya akun rahasia gadis, riliv atau baca baca quotes-quotes psikologi.
    Aku seneng banget di akun2 kaya gitu sering ngasih postingan yang membahas permasalahan hidup dan juga jalan keluarnya. Jadi bisa mengetahui mana hal yang lebih penting dan engga.
    Selain di IG aku juga sering menonton video seperti satu persen dan menjadi manusia. kalo satu persen lebih sering membahas tentang teori-teori permasalahan hidup, sedangkan menjadi manusia lebih ke membahas bahwa suatu peristiwa atau hal yang dialamin kita tuh adalah hal yang wajar. its okay to be different.

4. Menulis
    Lanjutan dari poin pertama, ngga semua hal itu bisa kamu ceritain ke temen yang bahkan bisa kamu percaya. Dari psikolog t4 aku pernah konsul, dia bilang kalo kamu lagi stress atau overthinking atau ngerasain hal negatif yang udah mulai ganggu kegiatan sehari2 kamu, itu wajib banget kamu keluarin. 
    Keluarin disini itu ngga melulu harus di ceritain ke orang kog. Jadi option lain yang kamu bisa pilih dan tetap terjamin aman adalah menulis. Tulis semua kekhawatiran kamu disebuah kertas tanpa harus ada yang ditutupin itu udah bisa bikin kamu lega kog. Walaupun secarik kertas ngga bisa ngomong atau kasih solusi buat kamu, setidaknya isi pikiran kamu itu udah kamu keluarin. Thats more than enough. percaya deh!

5. Move on!
    Kalo segala cara udah kamu lakuin buat ngatasin overthinking kamu, saatnya untuk bergerak! Kamu ngga akan bisa beralih dari suara2 yang menggaung di otak kamu kalo kamu masih diatas kasur, dengerin lagu sedih dan mikir yang engga2! Semua tergantung dari diri kamu sendiri. Kalo hati kecil kamu pengen kamu bisa lepas dari belenggu itu, saatnya untuk bangun!


    Rubah playlist kamu jadi lagu yang semangat. Ubah cara berfikir kamu menjadi "masalah sehari biarlah untuk sehari". Ketika ganti hari maka kamu punya kesempatan yang baru untuk memulainya lagi. Tuhan selalu kasih cara kog, kesempatan selalu ada buat kamu. Tergantung kamu mau ambil apa engga?
    Kalo aku lagi bunek banget dan ga tau harus ngapain biasnya aku bakalan bersihin kamar! hahaha ngga tau kenapa bersihin kamar bisa memperbaiki mood aku, soalnya kaalo kamar bersih, mood jadi ikut naik. Jangan lupa untuk muter lagu2 semangat pas kamu lagi bersihin kamar.
    Habis bersih2 biasanya aku self care! Ambil lidah buaya terus perawatan rambut. Sampe kamar mandi aku luluran yang bersih, pake sabun yang wangi, keramas, cuci muka dan make sure badan aku terasa nyaman dengan semua perlakuan itu.
    Terakhir, skincare! Maskeran atau pake serum dll kaya yang biasanya kamu lakuin. Selanjutnya terserah kamu deh, boleh nonton drama, karaokean pake smule atau berinteraksi dengan keluarga. Dijamin rasanya beda banget! Jauh lebih enteng!

Itu aja sih kayaknya yang bisa aku share sekarang. Ini adalah cara aku buat ngilangin overthinking, aku jadi penasaran, cara kamu gimana ya?

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...