Sunday 11 December 2022

My Acne Journey : Perjalanan Jerawat di Wajahku


Akhirnya ya.... huft... tarik nafas dulu...
Jujur postingan ini menandai pencapaian besar dalam hidup aku, dimana akhirnya aku bisa menceritakan perjalanan 'jerawat' di wajahku yang tentu ngga mudah selama lebih dari 6 tahun ini. Karena ngga cuman penampilan aja yang sebenernya terpengaruh disitu. Tapi juga pengorbanan mentalku, stress maintenanceku, perjalananku sampai akhirnya bisa menerima diriku dan yang pasti materi yang udah aku keluarkan selama ini. Tp ternyata itupun masih sia2 juga...

Setiap orang pasti punya keluhannya masing-masing tentang kulit wajah. Ada yang mengeluh karena warnanya gelap, ada yang mengeluh karena pori2nya besar, ada yang berminyak, ada yang muncul flek hitam dan ngga jarang yang mengeluh karena jerawat.

Trust me guys, orang yang struggle dengan jerawat itu ngga mudah untuk bisa menerima kondisinya. Itu bener2 bikin stress parah. Karena banyak yang ngira orang jerawatan itu berarti dia ngga suka bersihin muka. Padahal orang yang struggle dengan jerawat itu biasanya bener2 concern sama kulit wajah mereka dan jauh lebih memperhatikan ttg kebersihan wajah. Karena kondisi yang sangat sangat sensitif jadinya banyak faktor yang bisa memunculkan jerawat tersebut. And its reaalllyyy not easy to handle.

Aku menulis ini bukan berarti aku sudah ngga struggle lagi sama jerawat ya.Bahkan sampe detik inipun aku masih jerawatan. Tapi it much better dibandingkan dengan kondisiku beberapa tahun lalu. Untuk yang penasaran gimana caranya aku berhasil ngilangin jerawatku yang dulu2, habis ini aku akan kasih tips untuk menghilangkan jerawat secara permanen. jangan lupa di cek ya!

Setelah ini aku akan ngasih beberapa foto kondisi wajahku waktu itu, jd yang kurang berkenan atau ngerasa jijik bisa skip ya...

 

ini kondisi wajahku tahun 2016 pas mulai muncul jerawat. Jerawatku ini emang jerawat dewasa ya, jd dulu waktu remaja aku ngga jerawatan, tp setelah kuliah dan akhirnya kerja makin parah karena faktor stress. Ditambah aku sering begadang dan makan makanannya ngasal karena faktor stress itu.

Kemudian aku mulai coba coba skin care tapi ternyata justru breakout dan memperparah kondisi wajahku saat itu. warning ini fotonya makin ngeri ya ;(



Sedih ingetnya. Waktu itu aku makin stress dan insecure parah karena justru orang2 terdekat aku yang bikin mental aku down. Mereka mulai memberikan komentar yang menjatuhkan dan bilang kalo aku ngga bersih, ngga pernah cuci muka, suka makan gorengan (padahal aing ngga doyan). Tiap pagi selalu dinotis, ih kog jadi makin banyak sih jerawatannya, pasti kamu nanana nini nununu dst gitu lah

Nah disini karena aku udh mulai kerja, aku jadi mulai perawatan buat ngurangin inscure aku. Awal kerja langsung pasang behel karena waktu itu ngerasa gigi aku kurang rapi dan itu faktor terbesar aku ngerasa JELEK. Setelah 2 tahun pasang behel (yang sebenernya biayanya ngga murah juga huhu) akupun mulai perawatan wajah di dokter kecantikan yang cukup terkenal di kotaku. Soalnya beliau ini dokter spKK yang buka prakteknya di rumah sakit, bukan yang di klinik kecantikan. Setelah aku cari2 info akhirnya aku memantapkan diri untuk perawatan di sana.

Di awal itu dimulai dgn konsul, lalu dikasih obat dan cream sebelum akhirnya diminta untuk kontrol 2 minggu sekali untuk peeling. Biaya konsul, peeling, obat dan cream sekitar 200rb - 500rb sekali pertemuan. Kemudian beliau juga menawarkan untuk laser di wajah aku buat ngilangin bopeng itu harganya sekitar 1,5jt sekali laser dan aku ngelakuin tindakan laser itu 3 kali. Bayangin dengan semua tindakan tindakan itu aku rajin kontrol sekitar 2 tahun disana, tiap 2 minggu harus dateng dan bayar segitu. Kebayang kan aku udh habis berapa :(

ini satu2nya foto yang tersisa saat aku mau di peeling wkwk. jd dikasih salep di bagian2 yang sensitif biar ngga perih

Lama2 capek juga. Lebih capek karena ngga ada kejelasan ini selanjutnya harus gimana. karena aku ngerasa ketergantungan gitu. And then pandemic is coming... aku sempet lanjut tp karena lockdown aku ngga bisa apa2 lagi kan. Waktu itu aku berharap dokter akan kasih aku skin care buat lanjutin perawatan sendiri, tp ternyata yah... aku harus coba2 sendiri dan aku gagal berkali- kali.

Apalagi pas pandemi itu aku wfh otomatis 24 jam aku dirumah, jadi udah pasti begadang dan gaya hidup bener2 ngga sehat. Aku mulai coba2 skincare tp ngga ada satupun yang cocok. Satupun. Kebayang kan stressnya kaya gimana.

Jadi situasinya, kalo aku nyoba dan ngga cocok itu kulitku bakalan jauh lebih parah dari sebelumya karena breakout. Tapi kalo aku ngga nyoba, aku ngga akan nemu skin care yang bisa ngebantu kondisi kulit aku juga. Bener2 situasi yang engga mudah.

Akhirnya aku mulai belajar tentang kondisi kulit aku, kandungan kandungan yang ada didalam skincare, fungsi dari kandungan tersebut dan mencoba satu persatu dari kandungan skincare mana yang cocok dan ngga cocok di aku.

Bayangin ya, aku tuh NGGA COCOK sama SEMUA skincare yang mengandung SALICYLIC ACID DAN NIACINAMIDE. Padahal dua kandungan tersebut sangat bagus buat kulit khususnya kulit yang berjerawat. Dan disaat aku belum tahu bahwa aku ngga cocok sama kandungan itu, aku nyobain berulang kali skincare dengan kandungan tsb di brand yang berbeda-beda. Gila ngga? bisa bayangin kan betapa breakoutnya wajah aku? makannya aku bilang, perawatan berjuta2 itupun ngga bisa dibilang sukses karena setelahnya aku breakout berulang kali.


Aku juga sempet cobain konsul via halodoc dengan dokter spKK, dan hasilnya pun masih nihil. Lagi2 breaktout. Dan setiap kali breakout itu ngga boleh langsung coba ke skincare baru merk lain. Jadi harus sembuhin breakoutnya dulu dan rutin pakai basic skincare selama sebulan sebelum coba lagi. Waktu itu basic skincareku yang udh aku temukan jelas cocok di wajahku cuman 2, yaitu cuci muka dan sunscreen. Jd pas aku breakout aku hanya akan pakai 2 produk itu.

Sempet mau nyerah dan ngerasa ngga berguna karena ngga bisa ngerawat diri sendiri, tapi ditengah perjalanan itupun aku mendapat keajaiban dalam hidup. Waktu itu aku beranggapan bahwa, kalo mukaku jelek kaya gini ngga akan ada orang yang mau suka sama aku. Tapi ternyata Tuhan baik banget. Seseorang dikirimkan untuk aku yang mau nerima segala kekurangan aku, termasuk kekurangan yang paling aku concern in. Bahkan dia jelas2 mau memulai hubungan pas aku breakout lagi parah2nya haha. Ternyata quotes 'kamu akan terlihat cantik didepan orang yang tepat itu bener wkwk'. And im so grateful bcs of that.

Dan akupun kembali semangat untuk memerangi si jerawat nan bandel ini. Aku mulai belajar2 lagi sampe akhirnya aku nemu 'pengganti' dari salicylic acid dan niacinamide ini dengan fungsi yang sama tp lebih mild. DAN TERNYATA COCOK!

Puji Tuhan banget. Aku coba dulu ke serum lalu beralih ke moisturizer sampe skrg aku berani pake retinol juga dengan brand yang sama. Akupun mulai bisa nge maintain stressku, membenahi pola hidupku, mengatur pola makanku dan bahkan rajin olahraga. Bener2 kaya keajaiban. Dan semua itupun berpengaruh ke kulit wajah aku. Skrg jauh lebih bersih daripada dulu. Meskipun masih nongol kalo lagi mau dapet, tp dalam batas wajarlah karena jerawat hormonal. Selebihnya oke kog hehe.

dan inilah kondisi wajah aku sekarang.


Duh maaf, aing paling ngga pinter kalo disuruh selfie. Karena emang ngga suka selfie orangnya. Ini no filter dan no make up wkwk Ya dasarnya emang ngga bisa pake make up. Kalo kata temen2, selain lebih bersih daripada dulu, kulitku juga jauh lebih cerah. 

Dan itulah perjalananku melawan jerawat yang sebenernya ngga cuman ngelawan jerawat tapi juga ngelawan stress, susah tidur, insecure, omongan orang lain, keinginan buat makan sembarangan dan kesabaran buat ngga berhenti mencoba. Untuk yang penasaran gimana caranya aku bisa ngilangin jerawat dan brand apa aja yang aku pake buat perawatan wajah jangan lupa untuk cek postingan tips menghilangkan jerawat setelah postingan ini ya. 

Akhir kata, makasih yang mau mampir disini. Untuk yang masih struggle sama jerawat, semangat ya. jangan nyerah, kalian pasti bisa!







No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...