Monday 16 January 2023

Tips Ampuh untuk Menghilangkan Jerawat di Wajah


Di postinganku sebelumnya aku pernah janji untuk nge share cara ampuh buat ngilangin jerawat di wajah beserta produk apa aja yang aku pakai, eh ternyata tau tau udah ganti tahun wkwkw 

Maaf baru bisa lanjut bikin postingan ini. Tapi semoga tetep bisa ngasih manfaat ya!

Jadi sebelum ke tips ampuh untuk menghilangkan jerawat di wajah, aku mau cerita sedikit ya. Dulu aku tuh setelah keluar dari dokter emang bertekad untuk cari skincare pengganti untuk perawatan aku selama di rumah tanpa harus pakai krim ataupun tindakan dari dokter. Dan ituuu sangat tidak mudah saudara-saudara~

Karena untuk tahu bahwa kita cocok sama suatu produk, mau ngga mau kita harus NYOBA produk itu kan. sedangkan kalau kita nyoba, itu beresiko menjadi jauh lebih baik atau buruk juga. Ngga jarang aku breakout karena habis nyoba suatu brand. Sering banget! dan harus ngulang lagi, stop semuanya lagi dan itu butuh waktu yang ngga sebentar.

Sebelumnya aku sempet bilang kalo aku ngga cocok semua brand yang mengandung NIACINAMIDE dan SALICILIC ACID. Aku baru inget aku juga ngga cocok sama brand aloe vera, padahl aloe vera itu bagus juga buat calming wajah yang lagi memerah.

Untuk daftar brand yang AKU NGGA COCOK :
  • Emina (bedak, cuci muka, toner, obat jerawat, sunscreen)
  • Wardah (cuci muka, toner, moisturizer) padahal sblum aku ke dokter aku pakenya wardah dari jaman kuliah, tapi entah kenapa skrg jadi ngga cocok.
  • Somethic (serum, cuci muka)
  • Acnes (cuci muka, scrub, moisturizer, obat jerawat)
  • Scarlett (serum warna ungu, kalo warna pink aku cocok)
  • Ponds (all variant karena emang dr SMA udh ngga cocok)
  • Harlette Beauty (moisturizer, obat jerawat)
  • Citra (moisturizer, aloe vera)
  • Some By me (Snail trucica)
  • Ordinary (Niacinamide serum)
  • Nature republic (aloe vera, cuci muka yang aloe vera)
  • Himalaya (masker, cuci muka) padahal ini dlu bener2 penolong aku lo, ngga tau kenapa sekarang ngga cocok
  • Dear me beauty (moisturizer)
Sebanyak itu saya mencoba brand2 yang cukup terkenal di indonesia. dan stiap ada yang lagi hype biasanya langsung aku cobain, tapi ujung2nya breakout dan ngga aku lanjutin. sebagian aku buang, sebagian lagi aku kasihin ke temen atau keluarga.

Terus sekarang pakenya apa?
Tenang... akan aku spill di akhir postingan yaa

Saatnya kita bahas dulu Tips ampuh buat ngilangin jerawat. Kalo kalian bener2 ngelakuin semua ini dan ngga ada yang bolong, aku yakin deh jerawat bisa berkurang. Langsung aja ya...

1. Kenali Tipe Wajahmu
    Sama kaya dokter yang harus tau diagnosa sebelum ngasih obat, kamu juga harus tahu dulu apa tipe wajah kulit kamu. FYI, acne prone itu bukanlah tipe kulit wajah ya. tapi itu adalah kondisi wajah kamu. Kalo tipe kulit wajah itu seperti normal, berminyak, kering, kombinasi. Tipe berminyak itu biasanya banyak berminyak di semua area wajah, kalo kombinasi biasanya di T -zone berminyak sedangkan bagian pipi justru kering atau normal, untuk yang kering biasanya sangat kering terutama di cuaca dingin atau ruangan ber AC dan yang normal tetap lembab dan tidak berminyak.
    Setiap tipe kulit punya penanganan yang berbeda-beda ya, makannya skincare juga diciptakan untuk fungsi yang berbeda pula. sedangkan acne prone itu bisa ada di tipe kulit mana saja. Tergantung jenis jerawatnya juga, apakah jerawat hormonal atau memang ada penyebab lain yang akan kita bahas disini.

2. Kurangi Asupan Gula, Dairy dan Makanan instan.
    Ini nih yang ngga banyak orang menyadari. Semakin sering kamu makan/minum yang manis2 akan semakin sering jerawat muncul di wajah kamu.Karena kadar gula yang tinggi bisa menyebabkan timbulnya jerawat guys!
    Percaya deh kalo kamu ngurangin asupan gula akan sangat mempengaruhi kondisi wajah. terutama coklat! Jadi batasannya seberapa banyak? Kalo di aku, aku ngebatasin sehari maksimal 1x konsumsi gula. jadi misal aku udah makan satu ice cream, yaudah aku ngga akan makan lagi yang manis2. Bahkan aku kalo di tempat makan selalu minumnya teh tawar wkwk sampe jadi bahan lelucon saa temen2 karena kaya nenek2 katanya. Soalnya udah kebiasaan sih ngurangin gula.
    Nah kalo diary itu apa, seperti susu, yogurt dan eskrim juga ya guys. di beberapa orang ini sangat ngaruh. Kalo aku yang paling ngaruh justru makanan instan kaya mie dan tepung2an (ini dari dokter yang bilang) karena kata beliau tippe jerawat aku emang disebabkan oleh itu.
    Apalagi kalo habis minum boba terus bikin mie instan, wah... bisa dipastikan besok paginya aku jerawatan haha. walau sekarang sih udah engga banget2 karena udh tahu takaran.

3. Kelola stress
    Duh... namanya juga stress, jadi susah ya. Makanya disini aku bilang bukan hindari stress tapi kelola stress. Karena ya namanya juga stress, gimana bisa dihindari iya kan wkwkwkw
    Soalnya kalo stress itu bawaannya badmood, pengennya makan yang manis manis dan... lanjut ke poin ke empat yaitu...

4. Jangan begadang
    Ini nih lanjutan dari stress. Udah combo banget kan haha
    Kalo begadang itu otomatis kurang istirahat, kulit pun jadi ikutan ngga istirahat. Aku sampe sekarang kalo malemnya begadang bisa dipastikan paginya bakalan ada jerawat. ASLI bikin kulit jadi jelek guys kalo kebanyakan begadang tuh. Pori2 jadi gede2, kulit kusam dan jerawatan!
    Tapi kalo kamu tidurnya cepet, at least maksimal jam 10 ya. Paginya auto glowing deh, soalnya kan sebelum tidur udh skincare rutin jadi penyerapannya maksimal.

5. Harus Punya basic skincare
    Basic skincare itu apa? Yaitu cuci muka, moizturizer dan sunscreen. At least kalian punya 3 produk yang cocok untuk itu. Jadi kalo terjadi breakout kalian punya back up nih dengan kembali ke basic skincare. Kalo aku dulu aku tambahin pake obat jerawat dan masker yang jelas ampuh dipake kalo2 lagi breakout. Ngga usah ganti2 brand deh kalo 3 basic skincare ini udah nemu yang cocok.

6. Jangan takut buat nyoba
    Kalo ngga nyoba kita ngga akan bisa tahu itu skincare bisa bekerja atau engga kan. Tapi nyoba jangan asal nyoba. ada triknya ya guys. Yang pertama, coba satu persatu untuk tahu reaksinya. Jangan langsung semuanya barengan nanti kita ngga tau mana yang cocok mana yang engga. Kedua, kasih jeda. Apalagi untuk produk eksfoliasi kita harus ekstra hati2 guys. Misal coba produk baru seminggu 3 kali dulu, kalo ngga ada masalah baru boleh ditambahin intensitasnya. selain itu kita pakai basic skincare aja. ketiga, kasih jeda. misalkan ngga cocok dan bikin breakout. langsung STOP dan tunggu seminggu sampai dua minggu untuk nyoba ke skincare lain. Lagi2 ke basic skincare ya guys, jangan ditambah2 produk baru lagi.

7. Catat Kandungan Skincare
    Disini kalian harus belajar dikit2 ya. Harus tahu apa itu arti eksfoliasi, AHA BHA sampai fungsi2 dari niacinamide, salicylic acid, retinol dll. Ini penting banget guys jadi kalian bisa tahu kulit kalian itu cocoknya di kandungan yang mana aja. Misalkan kalian udah ngga cocok di kandungan A, besok2 kalo kalian cari produk bisa lihat mana aja yang ngga ada kandungan tsb biar ngga breakout lagi. Semangat!

8. Konsisten dan sabar
    Ini adalah koentji wkwkwk part tersusah dari semuanya. Tapi beneran guys semuanya ngga instan *nangis* kalian bisa baca deh di bagian acne journey ku. aku berjuang 6 tahun untuk akhirnya bisa nemu produk yang bisa ngurangin jerawat di wajah aku huhuhu. Dan itu ngga mudah. Pelan2 aja. Aku aja bisa kalian pasti juga bisa!

Nah karena tipsnya udah selesai, saatnya aku spill produk yang jadi penyelamat aku dari jerawat. Ada yang sebagian masih aku pake, ada yang udah engga ya :

    FACEWASH
    Dulu selama aku perawatan di dokter aku selalu pakai Cetaphil. Soalnya waktu itu wajahku sensitif banget dan gampang jerawatan jadi aku milih produk yang jelas aman buat semua jenis kulit. Kalo sekarang aku pakai nature republic facewash yang peach.



    TONER
    Ngga neko neko aku cuman pake viva air mawar! hahaha karena aku belum nemu toner yang oke. dulu sempet pake himalaya toner tapi ngga tau kenapa kalo pake air mawar itu justru bikin penyerapan skincare yang ku pake setelahnya jauh lebih maksimal wkwkw


    SERUM
    Sekarang pakai one brand yang banyak aku pakai di jenis lain yaitu AVOSKIN. Untuk serumnya aku pakai yang warna ungu varian alpha arbutin dan grapseed. ini gila sih, bener2 bikin muka aku sembuh banget. langsung ga jerawatan. ngga kusem, pori2 mengecil dan makin cerah pula. highly recomend


    MOISTURIZER
    Masih pake brand kesayangan aku avoskin, aku pake varian yang ungu juga untuk pelembabnya. Kalo pake ini asli bikin bangun tidur wajah langsung kenyal, dan kerasa sehat gitu loh


    SUNSCREEN
    Dari semua brand, ini yang terlama aku pake yaitu Loreal suncreen yang varian hijau. Dari awal aku rajin pake sunscreen, aku udah pake ini. Asli aman banget ini dipake meski wajah lagi breakot parah2nya. dan akupun merekomendasikannya ke semua temen kantor serta keluargaku. akhirnya mereka semua pun pake.




    EXFOLIATOR
    Untuk produk eksfoliasi aku pake Retinol. Masih dari avoskin, miracoulus retinol toner yang aku pake 3 kali seminggu. karena selain eksfoliasi ringan, retinol juga bisa buat anti aging. Ini juga hasilnya nampol di aku. 




    MASKER WAJAH
    Untuk sekarang ini aku ngga pake, tapi untuk dulu aku pake himalayan neem mask dan brand lokal gitu namanya NAUTY. si nauty ini dari kunyit kalo ngga salah, dia ampuh banget dulu nolong pas lagi breakout. langsung bikin kempes dan kering. Tapi skrg udah ngga pake sih.




    OBAT JERAWAT
    Kalo ini bukan brand komersil ya, dulu dpt dari resep dokter yang aku lanjutin. Namanya Cinolon-n. ada yang bilang ini bukan obat jerawat, tapi karena cocok di aku jd aku lanjutin wkwkw. soalnya jerawatku itu tipenya merah2 dan besar. Nah ini ampuh buat ngempesin tanpa harus bikin jd putih2 gitu.

Udah deh. haha. akhirnya aku spill semuanya ya, semoga ini bisa bermanfaat buat kalian semua. Dan buat seluruh acne fighter semangat ya!


Dont Forget to Full Credit if You Wanna Respost!

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...