Saturday 26 March 2022

Self Love vs Insecurity


Hello from me. Long time ngga ngisi blog ini lagi. 

Kalo dipikir2 memang aku selalu dateng kesini kalo pas lagi engga sehat secara mental ya hahahha. Makannya tujuan aku kesini buat ngingetin diri aku biar aku bisa fokus sama diri aku sendiri dan ngga terlalu overthinking sama suatu masalah. Lalu aku akan melakukan hal yang aku sukain buat menyibukkan diri. Yaitu menulis.

TMI hari ini adalah aku lagi me time buat driving sendiri seharian terus mampir ke cafe sendiri dan nulis ini. Ahey

Ngomongin soal insekyur, kayanya udah jadi hal yang 'wajar' ya dimiliki semua orang. Setiap orang pasti adaaa aja insekyurnya. Itu akan menjadi hal yang baik kalo kamu jadiin motivasi buat berkembang jadi yang lebih baik, tapi kalo engga... yuk kita belajar buat self love...

Akhir-akhir ini aku lagi berusaha banget nih buat belajar buat mencintai diri sendiri alias self love, belajar punya pikiran positiv buat ngurangin kecemasan aku yang terkadang mulai mengganggu. Jadi gimana sih caranya kita biar bisa self love?


a. Bersyukur
    Emang kalo orang itu insekyur berarti dia ngga bersyukur? Ngga gitu bestie... Bersyukur dalam hal apa dulu nih. Bersyukur yang aku maksud disini adalah kita merasa cukup dengan apa yang udah Tuhan kasih ke kita. Tuhan itu nyiptain manusia dengan tubuh penuh 'kesempurnaan' lho, tetapi tingkat kemampuan orang berbeda-beda. Semua diciptakan sesuai dengan porsinya masing masing. Tergantung dari sisi mana kita melihatnya.
    Contohnya aku nih ya wkwk aku punya tubuh kurus, tinggi, item, jerawatan. Sebelumnya semua yang ada didalam diri aku tuh aku complainin wkwkwk. Tapi kemudian aku sadar bahwa ada lho orang-orang disekitar aku yang pengen punya tubuh tinggi kaya aku, ada lho yang pengen unya tubuh kurus kaya aku. Untuk item dan jerawatan ini kemudian aku terima dan aku anggap sebagai sebuah keunikan dalam diri aku.
    Karena terkadang semua itu cuman ada dalam diri kita aja. Kita ngerasa bagian tubuh kita itu meruakan sebuah kekurangan. Padahal orang lain melihatnya bukan sebagai sebuah kekurangan loh.

b. Berhenti Membandingkan Diri Kamu Dengan Orang Lain
    Masih nyambung dengan poin pertama, jangan membandingkan diri kamu dengan orang lain. Yakin deh... ngga akan ada habisnya. Karena kamu pasti bakalan dengan mudah nemuin kelebihan di diri mereka yang kamu engga punya. Akan selalu begitu sampai kamu engga bisa mengendalikannya dan stress sendiri dengan keadaan itu.
    Coba deh fokus sama diri sendiri. Kenali diri kamu dengan baik. Apa yang kamu suka dan engga. dan hal apa yang kamu mau dan engga. Kalo misal kamu nemuin kelebihan di diri temen kamu, justru bisa jadi motivasi buat kamu lebih baik lagi. Tai inget, dengan standar kamu sendiri. Bukan berarti kamu harus jadi orang lain.



c. Belum Tentu Yang Kamu Lihat Seindah Kenyataanya
    Insecurity bukan hanya tentang fisik aja ya, terkadang juga pencapaian hidup atau bahkan kriteria pasangan. Kadang kan kamu nemu tuh statusnya temen kamu yang naik mobil, pake hape 'anggur kegigit', punya suami/pacar kaya raya, punya hidup bahagia. 
    No no no. Hei bangun... Ngga semua hal seindah kelihatannya bestie. Karena pasti mereka akan 'memamerkan' hal yang terlihat baik saja. Namanya aja pamer kan ya. Mana ada pamer hal yang susah2, gengsi dong wkwkwk
     Jadi inget, mereka pasti punya perjuangannya sendiri buat sampe ke titik itu. Hal-hal yang ngga diungkapkan dan kamu engga tahu. So, fokus aja ke diri kamu. Kalo kamu lihat status temen yang keliatan mewah yaudah batin aja 'mereka keliatan wah ya, tapi aku juga unya kebahagiaanku sendiri kog.'


d. Cari Tahu Kapasitasmu
    Terkadang ketika kita terlalu nge0ush diri kita untuk terlihat sem0urna, kita sampe lupa sama limit kita sendiri. Kita capek karena hal yang bahkan diluar kapasitas kita.
     Take a rest. Pelan-pelan. satu persatu ya. Kamu ngga harus selalu terlihat sempurna kog. Dan jangan berusaha buat baik-baik saja kalo hati kamu lagi terluka. akui semua itu. akui kalo kamu emang lagi capek, kalo kau memang lagi ngga kuat, kalo kamu emang lagi ngga baik-baik aja.
      Lebih baik kamu berhenti sebentar lalu mulai lagi, daripada kamu membohongi diri kamu dan membuat rasa sakit itu justru semakin besar.

e. Dahulukan diri kamu
    siapa sih yang paling penting didunia ini?
    siapa sih yang selalu ada buat kamu?
    siapa sih yang harus kamu tolong pertama kali saat kamu jatuh?
    Semua jawabannya adalah kamu sendiri. Jadi dahulukan diri kamu ya. Kamu nyaman engga. Kalo engga yaudah jangan dipaksa. oke? Karena kalo ada apa apa nanti kamu sendiri yang bakalan nanggung. Belum tentu orang lain bisa tolong. Tapi kamu bisa tolong diri kau sendiri.

f. Afirmasi diri kau sendiri
    Yuk coba ngobrol sama diri kamu. Seberapa enting dia, seberapa berharga dia dimatamu. Pikirkan hal yang membuat dia nyaman. dan katakan bahwa semuanya terasa cukup untuk kamu. Jangan lupa apresiasi semua usahanya untuk sampai di titik ini. Kamu luar biasa.



Oke... itu tadi beberaa tahapan untuk self love. Cintai diri kamu apa adanya ya. Kau berharga banget soalnya. Sampai ketemu di postingan lainnya. Bye...


No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...