Sunday, 12 October 2014

What happen with SM Entertainment?


            Sebagai seorang sm stand, ngga bisa dipungkiri kalau kejadian yang menimpa sm entertainment akhir akhir ini sangat memprihatinkan. Meski saya bukan exo L maupun sone, tapi keluarnya beberapa member EXO dan SNSD cukup membuat saya merasa kecewa.
            Pertanyaannya adalah, apa yang sebenarnya terjadi dengan sm entertainment?
            Saya akan mulai menuliskan opini, tapi akan lebih baik jika readers memberikan tanggapan di kolom komentar. Boleh meralat, menambahkan atau mengungkapkan pendapat readers :)

            Mari kita mulai dari kasus
Kris. Alasan utama leader exo m ini meninggalkan SM entertainment karena masalah kesehatan. Belakangan diketahui kaalau kris menderita penyakit jantung yang mengakibatkan dia tidak sanggup beraktifitas banyak. Selain itu (tentu saja) karena masalah kontrak. Banyak yang beranggapan kalau terjadi diskriminasi antara exo m dan exo k terkait kegiatan individu mereka. Kris mendapatkan begitu banyak tawaran dari china namun sayangnya tak ada satupun yang lolos dari persetujuan SM. Mengakibatkan namja yang memiliki banyak talenta itu tidak bisa menyalurkan kemampuannya secara maksimal.


            Semenjak keluarnya kris, ada begitu banyak berita simpang siur dan akhirnya mengakibatkan saham sm entertainment menurun. Kemudian apakah yang SM lakukan? Maka ia akan membuat berita lain yang bisa mengalihkan perhatian media. Yaitu berita skandal. Apalagi kalau bukan skandal taeyeon dan baekhyun.


            Sesama member exo itu tertangkap basah tengah berpacaran dengan seniornya Taeyeon di sebuah mobil mewah di malam hari. Banyak yang bertanya tanya apakah ini hanya rumor? Tapi SM mengkorfirmasi kebenarannya. Membuat fans tidak jarang kemudian meninggalkan komentar buruk tentang taeyeon dan sedikit melupakan masalah yang sebelumnya mencuat mengenai kris.
            Tak sampai disitu, berita mengejutkan selanjutnya muncul dari anggota gb yang bahkan tengah comeback, Sulli f(x). Setelah sekian lama hiatus, fx akhirnya melakukan comeback namun harus berhenti di minggu ketiga dengan alasan sulli ingin istirahat dari dunia hiburan. Sulli memilih untuk hiatus sementara setelah skandalnya bersama choiza mencuat. Ia hiatus di tengah2 masa promosi fx dan di tengah masa promosi film terbarunya Fashion King. Keputusan sulli sangat mengejutkan. Banyak fans yang menjelek2 kan namanya karena kecewa.


            Berselang beberapa bulan kemudian, kembali muncul update an weibo jessica yang tak kalah mengejutkan. Bahwa ia mengaku ia dikeluarkan dari snsd. Apa yang terjadi sebenarnya?
            Dari beberapa artikel yang saya baca sebelumnya, saya menarik kesimpulan bahwa kejadian ini bukan sepenuhnya salah dari Jessica, bukan juga sepenuhnya kesalahan SM. Banyak yang menyebutkan bahwa sejak beberapa bulan sebelumnya jessica menyatakan diri ingin keluar dari SNSD. Alasannya karena ia ingin fokus pada karirnya sebagai pemilik sebuah brand yang bergerak di bidang fashion, BLANC (yang belakangan berubah nama jadi BLANC & ECLARE) dan ingin menikah. Tapi bulan-bulan terakhir, ia berkata ingin tetap berada di Girls Generation.


            Para member sempat terkejut saat jessica akhirnya meluncurkan brand nya secepat ini. namun mereka mendukung dan memberikan kesempatan sejauh itu tidak mengganggu kegiatannya di Girls Generation. Sayangnya setelah brand jessica meluncur, ia jadi super sibuk karena harus terbang Korea-Hongkong-New York untuk menjalani bisnisnya. Para member dan pihak SM kemudian meminta jessica untuk memilih mana yang ingin ia prioritaskan, apakah BLANC ataukah Girls generation. Jessica ingin keduanya. Ia berjanji ia akan tetap melakukan aktivitas bersama Girls Generation. Namun kenyataanya para member dan Pihak SM tidak merasa demikian. Jessica sering keteteran karena harus bolak balik luar negri dan kembali ke korea untuk menjalani kedua aktivitasnya.
Sebelumnya mereka telah melakukan beberapa kali diskusi, namun jessica terus saja tampak memprioritaskan aktivitasnya bersama BLANC. Dan puncaknya adalah saat Girls Generation ingin mengadakan fanmeet di shanghai, Jessica kembali ke korea tepat di pagi hari sebelum para member ingin berangkat. Padahal seharusnya mereka masih membutuhkan waktu untuk latihan dan persiapan. Akhirnya para member pun berangkat tanpa jessica.
Dan keputusanpun sudah dibuat, bahwa jessica resmi dikeluarkan dan fokus pada karirnya di bidang fashion. ‘Kutukan’ 5 tahun yang menimpa beberapa girlband ternyata juga dialami oleh Girls Generation. Sayangnya seperti sebuah jebakan, jessica sudah memperpanjang kontrak selama tiga tahun kedepan bersama SM entertainment. Dengan kata lain, ia bukan lagi member Girls Generation namun masih bernaung di bawah SM Entertainment.
            Sekitar kurang dari 2 minggu setelah kabar Jessica mengagetkan dunia hiburan, ada kabar lain yang tak kalah mengejutkan. Kali ini datang dari member china exo m, Luhan. Namun berbeda dari Kris yang kabarnya datang tiba-tiba, Luhan lebih dulu muncul dengan sebuah rumor jika ia ingin keluar dari SM Entertainment. Artikel mengatakan bahwa luhan akan memberikan SM kesempatan untuk mengungkapkan berita ini kepada media sampai tanggal 8, jika tidak ia akan mengungkapkannya sendiri. Dan akhirnya tepat tanggal 9 kabar itu benar-benar mencuat.


            Alasan keluarnya luhan sendiri hampir sama dengan kris karena masalah kesehatan. Seperti diketaui sebelumnya luhan sempat absen di konser the lost planet karena ia sakit akibat kelelahan. Luhan mengaku sulit tidur dan kepalanya terasa pusing. Meski demikian ia tetap tampil di konser shanghai dan media menyebutkan ia dipaksa tampil walau ia tidak ingin melakukannya. Dari beberapa bukti foto yang diambil selama konser, terlihat bahwa luhan memiliki gejala mata memerah, air mata yang tidak bisa dikendalikan dan mata yang bengkak. Hal ini menujukkan bahwa luhan sakit parah.
            Dan jalan terakhir yang luhan ambil adalah ia memilih untuk keluar dari SM entertainment. Ada kabar yang mengatakan kalau luhan keluar juga karena masalah pembagian pendapatan. Disebutkan bahwa artis yang debut kurang dari 3 tahun akan mendapat 40% dari seluruh pendapatan, setelah 3 tahun debut baru mendapat 50% dari seluruh pendapatan. Sisanya akan diberikan pada agency untuk biaya selama promosi atau bahkan trainee? Media menyebutkan pendapatan luhan sangat sedikit karena 40% yang didapat exo masih harus dibagi sejumlah member yang terbilang banyak. Ada pula yang menyebutkan (seperti kasus kris) terdapat diskriminasi antara exo k dan exo m. Exo k sudah menerima lebih dari 5 proyek yang bahkan exo m belum sama sekali.
            Namun disaat kris keluar, banyak yang menyebutnya penghianat, kali ini kepergian luhan tak sedikit mendapatkan dukungan. Tidak hanya dari fans, tapi juga sahabatnya Lay. Lay memberikan dukungan dari media sosial namun fans justru khawatir nantinya ia akan jadi member berikutnya yang akan keluar dari exo. Lets see.
            Dalam berita kris, sm menutupinya dengan skandal baekyeon. Sedangkan jessica dan luhan, sm akan menutupinya dengan apa? Maybe super junior dan kombeknya exo. Diketahui super junior akan mengeluarkan repackage album dan exo akan comeback di akhir bulan, mungkin juga untuk menyelamatkan saham sm yang tengah krisis?
            Dari semua berita satu persatu kepergian member, apa sebenarnya yang paling saya takutkan? Yaitu satu nama yang sampai sekarang belum pernah muncul (dan saya berharap tidak akan pernah muncul) yaitu SHINee.


            Jika dilihat dari awal, TVXQ keluar 3 member menyisakan 2 member, Super Junior keluar 1 member dan hiatus 1 member menyisakan 11 member, Girls Generation keluar 1 member menyisakan 8 member, fx hiatus 1 member menyisakan 4 member, exo keluar 2 member menyisakan 10 member. Kini tinggal SHINee yang bertahan. Jangan tanyakan tentang Red Velvet, mereka belum lama debut -_-
            Tapi sebenarnya SHINee sudah melewati masa-masa sulit itu. pernah mendengar rumor tentang Onew yang ingin keluar dari SHINee di saat mereka hiatus 1,5 tahun sebelum promosi sherlock? Kabar itu disebut-sebut benar adanya, namun sang leader memutuskan untuk bertahan meski pada kenyataanya ia sempat mengalami masa canggung dengan member lain. Diantara member SHINee, hanya Onew yang paling jarang menghabiskan waktu bersama. Bahkan member lain mengaku belum pernah pergi berbelanja bersama Onew. Hanya key yang pernah, itupun hanya dua kali selama mereka bersama bertahun-tahun. minho pernah mengajak onew menonton film, tapi onew mengatakan hal yang paling ia benci adalah menonton film. member lain mengatakan Onew sering menghabiskan waktu sendiri untuk menonton anime atau bermain video games.


            Mendengar semua itu langsung dari mulut member shinee rasanya sangat mengkhawatirkan. Tapi yang kita butuhkan hanya kepercayaan bahwa meskipun Onew tidak memiliki hubungan yang dekat dengan member lain, ia akan tetap bertahan. Bahkan sudah seharusnya kita berterimakasih karena sebagai leader, selama ini hanya onew yang sanggup mempertahankan para membernya utuh berlima sampai sekarang. Semua shawol pasti yakin Onew menyayangi para fansnya. Ini adalah mimpinya. Oleh karena itu ia akan bertahan. Tidak hanya Onew namun juga semua member lain.
            Kembali pada SM Entertainment, saya mendoakan yang terbaik untuk semuanya. Pada member yang meninggalkan, semoga nantinya akan mendapatkan jalan lain seperti yang ia inginkan. Untuk member yang ditinggalkan semoga semakin kokoh bersama. Dan untuk artis yang masih bertahan, semoga tetap bertahan sampai kapanpun.

            Forever OT5! Shinee saranghae!




Originally Posted By: ichaichez.blogspot.com
Dont Forget to Full Credit if You Wanna Respost!

6 comments:

  1. Aku shawol dan sangat mencintai shinee special lagi taemin,aku tidak ingin shinee berubah shinee harus tetap ber5 dan kalian akan terus bersinar karna cinta shawol menyinari shinee sangat banyak.

    ReplyDelete
  2. Hiii aku shawol... Baca ttg aku jd ikutan tkut. Jangan smpe trjdi ap2 sm shinee.. dr dlu shinee ga bnyk trjd masalah, dan mreka slalu solid ber5. Smg ga bkl trjd ap2 sm shinee... Meski ud 2 mmber solo career smg hal ini ga memecahkan keutuhan shinee.. shinee keep shining!! :))

    ReplyDelete
  3. I feel you author! as a Shawols I'm so understand how your feeling author!
    Forever OT5! Shinee Saranghae!
    they'll be always together with Shawols ;)

    ReplyDelete
  4. I'm very love shawol, apalagi minho 😄 semoga saja selalu bersama dan jangan sampai ada member yg out, wish luck amin

    ReplyDelete
  5. aku juga shawol, dan takut juga kalo SHINee bakal kayak artis sm lain, semoga aja mereka selalu ber 5 FOREVER OT5!

    ReplyDelete
  6. Gue doakan Shinee selalu berlima dan sukses dalam setiap album.. Dan semoga Taemin juga selalu sukses dengan solo albumnya,, Amin🙏🙏🙏

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...