Friday 2 November 2012

Lets Talk About Fanfiction [Part 3]


Alohaaa~
Setelah sekian lama aku ngga nongol, sekarang aku pengen ngelanjutin postingan yang sebelumnya udah nyampe part 2. Postingan ini sebenernya ga musti ada lanjutannya sih, namanya aja opini. Tapi karena lagi pengen ngebahas sesuatu jadi yaa ga ada salahnya kan dilanjutin. Ehehehe



Ini bukan kritik, bukan saran, bukan juga nasihat apalagi FF -_-. Tapi hanya sekedar opini. Just for share aja ya~

Nah di part 1 kan kita udah ngomongin tema cerita sampe prosesbikin FF, terus di part 2 kita udah ngomongin ending, sekarang ngga ada salahnya kita ngebahas soal judul. Ekekeke


Judul itu udah pasti ditulis diatas (?) alias jadi headline sebuah cerita. Judul ini sedikit banyak bisa nentuin gimana respon pembaca terhadap FF kita loh. Soalnya, sebelum baca udah pasti itu judul diliat dulu. Kalo udah judul, palingan terus liat siapa castnya. *kalo aku biasanya nyari castnya yang shinee. Haha #gadayangnanya :p

Pemilihan judul udah pasti berdasarkan cerita yang ada didalamnya. Ga lucu kan kalo judulnya tentang ketimun tapi isi ceritanya kentang?? *apa pula ini. Wkwk pokoknya judul yang dipilih musti setema dengan isinya. Kenapa? Karena judul itu mewakili isi dari cerita yang kita buat.

Tapi ada yang musti kita cermati, meski judul yang kita pilih udah nyambung, terkadang itu juga masih terlalu umum dan belum bisa ngewakilin sepenuhnya. Contoh nih, aku sering nemuin judul FF You and I (untuk author yang ngerasa punya ini judul, maap yak! namanya juga contoh :p), nah Judul You and I itu ga jelek, bagus banget malahan. Tapi sayangnya terlalu umum (maksud umum disini bukan pasaran ya?). jadi begini, kalo dipikir2, semua FF bisa aja loh dikasih judul You and I, soalnya You and I yang berarti aku dan kamu kurang bisa mewakili cerita apa yang ingin diungkapkan. Itu kenapa aku bilang terlalu umum kurang khusus (?)

Biar ga bingung, aku contohin ya gimana judul yang khusus. Banyak kog, kaya Meosjin Hospital (misalnya). Kebayang kan ini ceritanya tentang apa? Yap tentang suasana rumah sakit, jadi disitu member shinee diceritain jadi dokter di bagian yang berbeda-beda. Contoh lain: I Found You. Ini bercerita tentang cewe jepang yang nemuin namja ganteng sedunia(?) yang bernama Key. Pertemuan mereka begitu misterius. Endingnya pun ngga kalah misterius. Kekeke.

Itu tadi beberapa contoh judul yang bisa sedikit menggambarkan isi ceritanya. Ada juga loh judul lain yang sebenernya udah tepat Cuma rada pasaran(?) *sory to say, tapi ini beneran -_-v* pertama kaya (kita ambil dari Ffku sendiri aja deh), I Wanna Be with You. Ini bercerita tentang cewe yang ga mau ditinggalin tokoh cowonya (pengen ditemenin teruss wkwkwk). Terus ada juga judul yang kaya We Got Married, Wrong Married dan bla bla bla Married (?), pokoknya tentang pernikahan. Ga jarang sih ceritanya bagus, sayang judulnya udah banyak yang make. #jleb. Selain itu aku juga sering nemuin judul Saranghaeyo Oppa, ato Saranghaeyo Noona. Dan bisa ditebak itu ceritanya tentang menyukai seseorang yang lebih tua. Judul lain yang aku sering liat itu (*ini belum tentu jelek lohh. Inget ya belum tentu jelek) kaya judul-judul lagu: Love Like Oxygen, ato The Name I Love, atau Lucifer. Ini ga jelek kog, aku malahan sering nemu ceritanya bagus banget, sayang judulnya banyak yang make (walau terkadang emang sangat nyambung ama ceritanya dan ga ada pilihan lain .-.v)

Kalo aku bikin judul mah tergantung selera #plak! Jadi dulu pernah pas suka sama judul yang panjang2, terus aku jadi bikin FF yang judulnya The Piece Of Love at New Year Night dan Remember Me When Valentine Has Come. Wkwkwk. Terus karena bosen, aku suka judul yang pake 2 kata kaya Beautiful Destiny, Fool Again, Angel Key, Eternal Dreams, dan Love Rainbow. Hahaha *gaje.

Nah sekarang kita bahas beberapa judul yang singkat, bermakna, nyambung ama ceritanya, unlimited(?) dan tentu aja bikin readers penasaran. Judul yang punya filosofi(?) kaya gini nih yang sebaiknya dipilih wkwkwk. Contoh pertama kaya clandestine (*kayanya aku dah sering nyebut FF ini, tapi emang beneran keren). Clandestine awalnya aku kira kata2 apaaaa gitu, ternyata itu bahasa inggris. Artinya sesuatu yang tersembunyi. Ceritanya pas banget tentang lima cowok yang sering diam2 ‘merusak’ kota sampe akhirnya justru dapet misi tersembunyi. Ceritanya abis2an lah pokoknya.

Kedua ada juga adante. Ini malah udah dibukuin. Adante itu emang judul lagu suju, tapi ini paaas banget ama ceritanya. Jadi FF ini bergenre fantasy dengan Kyuhyun yang jadi cast utamanya. Adante sendiri sebuah istilah dalam musik yang berirama pelan, secara harafiah berarti sesuatu yang berjalan lambat. Tapi emang bener, ini FF berjalan perlahan dan penuh teka-teki. Bahasanya keren banget pula. Daebak lah pokoknya.

Contoh lain yang sebenernya ga wajib dicontohin (tapi boleh aja dicontoh (?)), yaitu fucshia. Wekekekek. Fucshia itu gabungan dua warna: pink dan ungu. Ceritanya tentang dua sahabat yang berbeda karakter kaya ungu dan pink. Tapi mereka bisa bersatu layaknya fucshia. Eehehe *paragraf ini boleh diabaikan :p

Jadi pemilihan judul itu penting, kita ga wajib kog nyari2 istilah asing yang ribet dan bikin pusing (tapi kalo udah ketemu ada baiknya dipake :p). Judul ngga harus panjang yang penting bermakna. Jangan muluk2(?), asal nyambung ama ceritanya dan gak pasaran pasti bakalan menarik.

Kayaknya udah cukup ya aku cuap2 ga jelas dari tadi. Wkwk. Mian buat author yang mungkin tersinggung ama postingan gaje ini, yang penting ini untuk kepentingan kita bersama #apadah. Saya ngga bermaksud SOK TAHU, tapi sekali lagi ini Cuma OPINI. Jadi bisa aja salah. Hoho

So~ annyeong yeorobun, sampe ketemu di part berikutnya (kalo ada :p). dadahhh




2 comments:

  1. eonni,boleh tau ega yg andante sama clandestine itu di blog mana?aku googling ganemu nemu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang clandestine di FFindo.wp say. kalo adante udah ga ada kayanya, soalnya mau dibikin buku.

      Delete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...