Friday 9 September 2011

Lets Talk About Fanfiction



                Huwee. Lagi-lagi ketemu di postingan isengku yak. Kemaren sempet ngomongin awal2 kenapa aku bisa suka SHINee dan B1A4, terus sempet juga ngomongin all about me sampai bagi-bagi 10 tips buat para blogger.
                Ini bukan kritik, bukan saran, bukan juga nasihat. Tapi hanya sekedar opini. Just for share aja ya~
                Sekarang, fanfictions (ato yang disingkat Fanfict / FF) udah bisa ditemuin di mana aja. Mulai dari blog sampai notes FB. Begitu juga sama author2 FF. udah banyaaaakkkk banget bermunculan. Ada yang udah bertahun-tahun sampe yang baru berminggu-minggu jadi author. Tapi itu semua ngga mempengaruhi hasil karya mereka. Yang mempengaruhi adalah ketelitian, kesungguhan dan tingkat kreatifitas *ceilah. Nggak jarang kog aku nemuin ada author yang ngaku kalo dia baru pertama kali bikin FF, tapi ternyata ffnya itu DAEBAK!!
                Tapi yang perlu digarisbawahi adalah, bahwa semakin banyak author bermunculan. Maka semakin banyak pula tema cerita yang ditawarkan. Daaan gak jarang dari cerita itu ada yang serupa. Ini perlu dicermati. Sebuah cerita itu bisa menarik, kalo authornya bisa mengemasnya dengan baik. jadi sebenernya sah-sah aja sih kalo inti ceritanya nya sama. Asal kata-katanya itu bagus, maka readers pun ngga bakalan bosen buat baca. Contoh tema cerita yang sering aku temuin (mian sebelumnya kalo ada author yang juga pake tema cerita semacam ini): tentang 2 sahabat yang suka ama satu cowok tpi cowok itu Cuma suka salah satu dari mereka. Ato cerita tentang benci jadi cinta (biasanya salah satu/kedua tokoh utama itu tukang ngomel/sering berantem), ato cerita tentang perjodohan, banyak juga yang tentang seorang cowok yang diem-diem suka ama cewek atau sebaliknya.
                Ngerasa ngga pernah bikin cerita kaya diatas?
                Aku? Pernah! HAHAHAHA, tapi untungnya aku kolaborasiin ama kisah-kisah lain jadi ngga gitu keliatan.
                Terus, cerita kaya apa dong yang kreatif dan menarik?
                Yang pasti, beda dari yang lain. Rada susah emang. Tapi aku bisa ngasih contoh, kaya di FF fav aku berikut ini: LUCIFER, cerita tentang 2 gadis yang terjebak pertarungan melawan Lucifer yang ingin menguasai dunia bersama manusia berbakat lainnya (yang diperankan oleh member SHINee). Atau cerita tentang seorang trainee yang sengaja mengikuti training untuk menghancurkan agensi SM Ent yang terdapat dalam FF SM!! GAME OVER!! Bisa juga seperti cerita tnetang 5 dokter berbakat yang memiliki keahlian masing-masing dalam menangani pasien dalam FF Meosjin Hospital.
                Kita ngga selalu nemuin cerita dengan imajinasi ‘diluar batas’ kaya FF diatas kan? Ngga selalu bergenre Fantasy kog. Genre lain juga bisa. Nahh, sebenernya imajinasi ‘diluar batas’ itulah yang dibutuhin para author. Tapi sayangnya itu SUSAH!! *pengakuan :p
                Jadi (seperti yang aku bilang sebelumnya). Walau (mungkin) tema cerita yang kita ambil itu sederhana, yang penting kita bisa mengemasnya dengan baik. bisa dari segi bahasa, bisa juga dari segi pemilihan adegan. Author musti pinter-pinter ngejabarin setiap adegan, kalo sedih ya jadi sedih banget kalo bahagia ya jadi bahagia banget. Tergantung kreatifitas author masing-masing ^^. Jadi bisa aja kan ceritanya sederhana tapi setelah jadi, readers ampe nangis-nangis bacanya, ato mungkin jantungan saking bahagianya (?)
                Tapi udah ngebahas tentang cerita, sekarang ngebahas hal yang lain lagi. hehehe
                Aku sering nemuin ada author yang bilang “FF ini aku lembur selama 2 jam…” atau “Sebenernya FF ini belum aku edit, jadi bla bla bla…” dan banyak pengakuan lain yang serupa. Dan kalo ada author yang bilang kaya gitu, udah jelas itu author SUPER DUPER HEBAT. Kalo perlu aku pinjemin sepuluh jempol member SHINee buat diacungin. Aku ngga ngejek ato nyindir loh, ini beneran keluar dari hati nuraniku *halah. Karena (jujur) aku sendiri udah jelas ngga bisa bikin FF super-kilat-yang-sekali-jadi kaya gitu. Sekedar curcol, aku ini bisa dikategoriin sebagai author yang manual. Jadi proses bikin FF ala aku itu dimulai dari cari inspirasi, bikin sket adegan, ditulis di buku, diketik, terus di edit. Tahap yang paling lama adalah tahap peng editan. Soalnya biasanya kalo tiap habis ngetik itu, aku baca lagi. nah pas ngebaca itu pasti ada aja tambahan. Terus kalo udah nambah, dibaca lagi dari awal, terus nambah lagi. Baca ulang lagi, nambah lagi. begitu seterusnya sampe disatu titik dimana aku baca FF itu tepi udah ngga ada yang perlu ditambahin. Jadi dalam satu FF, aku bisa baca ampe 5-7 kali. Kalo lagi ngga konsen bacanya bisa ampe 10 kali.
                Makannya aku kalo bikin FF, LEMOT BANGET ._.v
                Tahap paling lama emang proses peng editan. Tapi tahap yang paling susah itu adalah pencarian inspirasi *ceilah bahasanya.
                Jadi aku kalo bikin FF itu biasanya dapet inspirasinya itu Cuma sepotong-sepotong cerita. Kadang Cuma pas endingnya, ato depannya doing. Nah, ‘nyusunnya’ itu yang susah. Makannya, bagiku membuat FF itu seperti menyusun potongan-potongan puzzle, semakin kecil dan semakin rumit potongan puzzle yang kita susun dengan benar, maka hasilnya pun akan semakin menarik.
                Tapi masih aku ngomong panjang lebar ampe berbusa kaya gini (?), semua juga tergantung sama author. Setiap author punya caranya masing-masing dalam bikin FF. dan hasilnya pun tergantung dari cara yang dipilih author itu sendiri.
                Sekali lagi postingan ini CUMA OPINI (yang dibumbui sedikit curcol xP). Jadi kalo ada yang setuju boleh, yang ngga setuju juga dipersilahkan. Yang penting aku ini istrinya Key. #eh? #ganyambung #ditabok lockets
                Akhir kata, annyeong~ *buru-buru kabur

6 comments:

  1. wahaaa, gomawo eonni :) ini cukup untuk menambah wawasan dan inspirasi :)

    eonni aku mau nanya. maksudnya PG atau Rating dalam FF itu apa? gomawo sebelumnya:)

    ReplyDelete
  2. cheonmaneyo saengi ^^
    pertanyaan itu bisa terjawab semua disini >>> http://ichaichez.blogspot.com/2011/07/about-fanfiction.html dibuka ya ^^ lengkap kog :)

    ReplyDelete
  3. alyaslaluloveshinee22 September 2011 at 21:04

    wahh bisa jadi saran nihh
    gomawo eonni ...
    aku bkal usahain bkin FF yg lebih bagus :D

    ReplyDelete
  4. wew, author juga suka shinee ma b1a4 ya? samaa /toss/ aku reader baru.. lagi mau baca2 ff author ini.. mohon dukungannya (?) kkk~

    ReplyDelete
  5. wah sama aku paling gampang dapet inspirasi tapi males nulis wehh :'v

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...