Tuesday 28 August 2012

Tips Bikin + Ngepost FF





Heihooo
Selamat datang di postingan iniii. *nyodorin roti+the

Perlu dihimbau sebelumnya, tips ini Cuma berupa OPINI. Jadi boleh setuju boleh engga. Yang penting jangan timpuk aku kalo aku salah. aku kan bukan emak nya FF (?)

Oke langsung aja yaaa ~


1.       Gaya Bahasa
Gaya bahasa yang aku maksud disini mulai dari pilihan kata, kalimat sampai cara penggambarannya (deskripsi). Ini jadi poin penting di FF. soalnya dengan gaya bahasa yang bagus, cerita se jelek apapun jadi tetep keliatan bagus. Berbanding terbalik dengan cerita yang bagus tapi gaya bahasanya jelek, itu cerita tetep keliatan jelek ._.
Gaya bahasa tiap author itu beda-beda. Ada yang suka kata-kata kiasan puitis, ada juga yang kata-katanya simple tapi tetep bisa ngegambarin detil kejadiannya (kaya FFku contohnya, hehe). Semua itu tergantung dari authornya. Sebenernya gaya bahasa itu bisa dipelajari kog, coba aja kamu baca FF yang kata-katanya BERAT, lama2 juga bisa ke influence(?). hehe
Sekedar tips, kalo missal ngga bisa bikin kata2 yang berat ato puitis, kamu bisa coba ngegambarin kejadian di FF itu sedetil detilnya. Missal adegan nangis nih, coba rasain apa yang terjadi kalo kamu lagi nangis. Contoh ni ya:
 “Akhirnya ia menangis tersendu-sendu teringat kejadian itu.”
Another example:
“Cairan hangat terasa semakin memenuhi kelopak matanya yang basah. Terasa penuh kemudian mengalir jatuh melewati pipi mungilnya.”
Adakah perbedaannya?
Yap itu dia maksud penjelasanku tadi.

2.       Tema cerita
Ini erat kaitannya dengan pemilihan adegan. Missal ya tema ceritanya LOVE TRIANGLE. Nah tema ini udah banyaaaaaaaaaaak banget diambil. Biasanya salah satu dari mereka itu sahabatan, dan sahabat ini mencintai satu orang yang sama. Dan orang yang sama itu Cuma mencintai salah satu dari mereka. BIASANYA, berakhir dengan happy alias happy ending -_-
Ngerasa familiar ga dengan cerita kaya diatas? Yap ff bertema love triangle emang banyak. Tapi itu bisa jadi menarik kalo pemilihan adegan dan (tentu saja) gaya bahasa yang seperti aku bilang di nomer 1. Ada juga kog yang temanya love triangle (dan bahkan sama persis kaya yang aku tulis diatas) tapi ceritanya tetep keren. Itu karena adegan2 yang terjadi extraodinari, dan penggambarannya bisa bikin penasaran.
Tapi ada juga tema yang bener2 extraordinary. Biasanya ber genre fantasy. Wuiihh FF fantasy2 ini beneran bikin pikiran kita outstanding, semcam baca novel twilight ato harry potter.
Jadi mau pilih tema apa aja boleh. Tapi musti inget, cari adegan yang terus-terusan bikin readers penasaran, biar ga bosen bacanya J
*sedikit saran: baca FF bertema love triangle judulnya NIMIC. Cast nya Luhan. Absolutely keren (menurutku).

3.      Judul
Makin asing itu judul (biasanya) makin bikin penasaran. Judul itu udah kaya nama, orang bakalan mengingat itu dan mengetahuinya lebih dulu.
Tentu aja judul juga menentukan. Coba aku tanya, pernah ga nemu judul ff yang ada married nya kaya we god married, wrong married dll. atau judul FF You and I. atau juga judulnya between bla, bla, and bla (?) *maap kalo ada yang punya judul FF kaya itu ._.V
Cari judul FF yang extraordinary, tapi juga mesti nyambung sama ceritanya. Missal kaya clandestine: sesuatu yang tersembunyi. Ceritanya tentang geng di korea yang diam2 sering merusak kota. Keren kan? Atau fuchsia (promo dikit boleh kan :p) : gabungan warna antara pink dan ungu. Ceritanya tentang dua sahabat yang beda kepribadian yang diibaratkan kaya pink dan ungu. Dan banyak segudang judul FF lain yang bisa jadi contoh.


4.       Cast
Meski ini soal selera, tapi sedikit bnyak ini juga berkaitan dengan peminat. Misalnya nih ya, FF dengan cast super junior pasti lebih banyak peminatnya ketimbang FF dengan cast B1A4. Ga usah jauh2 lah, kemaren aku kan sempet bikin FF B1A4, itu ga terlalu laris -_- ketimbang FF SHINee ku yang lain.
Jadi Cuma sekedar usul nih, missal kamu pengen bikin FF dengan cast Teen Top, selipin aja cast suju disitu walo Cuma jadi cameo alias nongol Cuma bentar. Tapi setidaknya ada sesuatu yang bikin orang penasaran sama castnya.

5.       Genre
Walau ini soal SELERA, tapi juga nentuin FF kita dibaca ato engga. Missal kalo kita bikin FF genre nya Cuma romace, biasanya dikit yang baca. Beda sama genre romance, friendship, family, atau bahkan comedy yang dijadiin satu.

6.       Cover
Ini juga salah satu point penting loh. Pembaca lebih tertarik sma FF yang ada covernya apalagi covernya itu bagus,. Bahkan dia bakal mengesampingkan 5 poin diatas kalo dia udah jatuh cinta sama itu cover. Tanpa basa basi pasti dia bakalan baca itu FF.
Cover bagus ngga harus bikin sendiri kog. Banyak juga author yang nyediain jasa bikin cover FF. malahan cover yang dia bikin biasanya bagus2 bangett. Nih aku kasih link req poster >> http://smtownhouseff.wordpress.com/featured/request-poster-ff-open/

7.       Posting secara berkala
Berani bikin FF series, berarti juga musti berani ngeposting sampai tamat dan secara berkala. Kenapa? FF series itu bersambung, otomatis musti ada sambungannya. Kalo terlalu lama kasian readers. Ini aku temuin di banyaaak banget author. Jadi dia seringnya ngepost suka2 aja, bahkan da yang ngepostnya satu bulan sekali. Bisa dimaklumin kalo author iru emng sibuk, karena terkadang readers juga musti ngerti kewajiban author ga Cuma bikin FF. tapi authornya juga musti tau diri, setiap ada waktu senggang musti diusahain bikin, biar readers pada ga kbur.
Itu sih masih mending. Banyak juga author yang sukanya bikin FF chapter belum selesai terus ganti sama FF lain. Akhirnya FF yang belum selesai dilupain gitu aja. Itu mah sama aja kaya makan tapi ga dihabisin. #jleb

8.       Ending
Tentu aja yang paling ditunggu readers dalam sebuh FF adalah endingnya.
Ending ini menentukan, apakah readers bakalan puas atau justru kecewa sama ceritanya. Kebanyakan yang aku liat sih, banyak readers yang lebih suka happy ending. Sayangnya, ending yang happy itu justru ending yang ketebak.
JUST MY OPINION : ending yang aku lebih suka itu ending yang ga ketebak. Ending yang ga ketebak itu ga harus ga hepi kog (?). tergantung penjelasan ceritanya gimana kan. Menurutku, ending yang ga ketebak itu justru bikin readers menerka2 dari awal gimana ntar akhirnya. Tapi musti ambil resiko, karena kadang ending-yang-ga-ketebak-itu justru bikin readers kecewa.

9.       Typo
Ini sering banget terjadi terutama buat author yang bikin FF sekali jadi, gapake diedit berulang2. Bahkan FF yang udah diedit berulang2 pun sering terjadi typo (kaya FFku -_-). Jadi, authornya musti teliti sebelum ngepost ya.

10.   Tempat ngepost
Ini udah berkaitan sama tips ngepost ya. Jadi pilih tempat posting yang banyak readersnya, missal FFINDO ato SF3SI dan banyak blog2 lain yang nerima FF untuk di posting. Tapi biasanya makin banyak readers disana, makin pending pula FF kita di post. Jadi musti ngantri lamaaa banget.
Kalo ngga di blog, bisa juga share di FP FB. Dan sedikit tips kalo yang punya blog sendiri, kasih kata kunci yang bisa ditemukan di situs pencarian (missal google). Jadi contohnya kaya FFku nih, di awal judul pasti aku kasih embel2 FF SHINee ato FF B1A4, biar kalo ada yang nyari FF SHINee di google, salah satu judul FFku bisa nongol.
Buat yang ada di FB, mungkin banyak yang menempuh cara mengetag notes sampai pnuh padahal pada ga minta. Jadi banyak banget author (terutama newbie) yang pengen ffnya dibaca banya orang jadi dia nge tag in banyak nama di FF nya biar yang baca banyak. Kaya gitu sih boleh2 aja tapi aku kurang setuju sih. Soalnya kasian yang di tag, kalo ngabaiin ga enak, tpi baca kadang juga males. Ya ga? ._.

nah itu dia tips dariku, boleh setuju boleh engga. hehe


Orriginaly posted By: ichaichez.blogspot.com Dont Forget to Full Credit if You Wanna Respost!

2 comments:

  1. TOTALLY AGREE!

    oh ya, pertama" qta kenalan dulu yah. Halo, Boram imnida.
    ak jg author loh, biarpun ffnya pada abal. dari pengalaman sih, emang kebanyakan reader yg suka dgn ending gak terduga dan diksi yg bagus, apalagi yg maknany puitis. emang sih, kebanyakan author ngalamin kasus posting secara berkala itu. nah mau diapain lagi, namanya aja udah stuck banget sama kesibukan pribadi.
    oh ya, makasih banget loh tipsnya, ak bakalan rajin mampir deh ke sini.
    pokony, salam kenal :)

    ReplyDelete
  2. Annyeong ! Nae deswita imnida .. salam kenal ^^ .. bagaimana carany meramaikan blog kita ??

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...