Sunday, 28 August 2011

10 Tips Buat Para Blogger



Syalalalala (?) ketemu lagi di postingan special (?) hari ini dalam rangka  1st anniversary blogkuu~ yeayy~ *tepuk tangaann (?)
Udah aku sampein sebelumnya kan kalo sekarang aku pengen share sedikit tips buat temen-temen yang mungkin juga punya blog (entah itu blogspot atau wordpress). Dan tips ini aku susun sendiri berdasarkan pengalamanku *ceilah pengalaman #plak!
Aku juga ngga bermaksud sok tau ato apa ya, Cuma pengen share kali aja postingan ini berguna buat temen-temen semua~
ready??

- 10 Tips Buat Para Blogger -



1.       Buatlah Postingan Yang Menarik
Ini penting banget. Karena isi dari sebuah blog itu tentu aja postingannya. Blogger musti tahu apa aja yang lagi ‘happening’ dan tema itu juga harus menarik. Misalnya kaya tema-tema postingan tentang korea yang saat ini lagi disukai banyak orang. Atau kalo mau nyelipin pengalaman pribadi juga boleh, tapi dengan kata-kata yang menarik serta inspiratif biar yang baca juga ngga bosen.
Dan postingan itu juga ngga Cuma berupa tulisan lho, bisa juga ngepost gambar-gambar lucu yang mungkin juga lagi dicari-cari sama orang J

2.       Cantumin Judul Blog yang Kreatif
Ibarat cerita, selain baca isinya, orang pasti juga bakal baca dulu judulnya. Jadi judul ngga kalah penting. Cari judul blog yang mungkin ngga terlalu banyak dipake orang (biar blog kita punya ciri sendiri). Mungkin sekedar contoh (maap sebelumnya kalo ada yang pake judul blog kaya gini), banyak blogger yang ngasih judul blog nya jadi (misalnya) “icha’s blog” atau “my world”. Itu sama sekali ngga jelek. Tapi mungkin karena udah banyak yang pake, jadi kurang menarik dan ngga bisa ngasih ciri tersendiri buat blog kita. Jadi cari judul2 lain yang mungkin ngga terlalu banyak yang pake tapi gampang diinget.

3.       Cari Kata Kunci (Keyword) yang Tepat
Yang ini berperan banget agar orang-orang bisa menemukan blog kita. Jadi dalam membuat judul postingan itu sangat berpengaruh bagaimana ia bisa muncul di search engine (cont: google, yahoo). Misalnya kaya judul postingan “Profil SHINee” maka akan lebih banyak dicari daripada “Biodata Para Anggota SHINee”.  Atau contoh lain kaya FF yang aku posting di blog ku ini. Didepan judul pasti aku kasih embel2 jadi “FF SHINee : The Sweet Summer” atau “FF B1A4 : Victory”. Nah itu berpengaruh banget. Kalo ngga percaya, coba deh search di google dengan pencarian “FF SHINee” maka ntar bakal keluar judul FF yang ada di blogku. Ini salah satu cara agar FF itu banyak yang menemukannya. Jadi musti pinter-pinter cari kata yang kemungkinan bakal dibaca orang yah.

4.    Update Blog Secara Rutin (*kaya mau minum obat aja :P)
Sering aku temuin, banyak banget blogger yang Cuma kadang-kadang ngepost ato bahkan jaraaang banget ngepostnya. Walhasil blog itu juga jadi jarang dikunjungi orang, karena tentu aja orang-orang bakalan bosen kalo harus nemuin postingan yang sama setiap kali membuka blog itu. Jadi sebisa mungkin blogger musti rajin-rajin ngupdate postingan biar visitors ngga pada bosen dan selalu nemuin hal yang baru.

5.       Sering Promosi di Situs Jejaring Sosial
Lewat jejaring social kaya facebook ato twitter, orang-orang jadi bisa tahu kalo si blogger abis ngepost sesuatu dan tentu aja bikin mereka tertarik buat nemuin ‘sesuatu’ itu. Jadi sasaran pembaca ngga Cuma followers blog ato pencari di google aja, tapi juga temen-temen kita di FB atau twitter.

6.       Pasang Template yang Menarik
Dengan memasang template yang menarik, visitors jadi betah berlama-lama di blog itu. soalnya semua dimulai dari kesan pertama. Walau mungkin postingannya bagus tapi backgroundnya item doang kan juga ngga terlalu menarik. Akan lebih baik lagi kalo template blog itu sesuai dengan tema blog dan senantiasa di update.

7.       Bikin Postingan Yang Original
Ketimbang ngopy, orang-orang pastu juga lebih ‘menghargai’ postingan yang dibikin blogger itu sendiri. Contoh kaya facts yang aku share di blog ku, semuanya hasil susunanku sendiri (bukan bermaksud untuk sombong atau gimana ya). Meski mungkin orang2 udah banyak ditemuin facts-facs di blog lain, tentu aja mereka juga bakalan milih facts yang baru, dan belum banyak diketahui orang.
Dan ngga jarang postingan original kita itu justru dijadiin bahan buat orang lain (dengan kata lain di share ulang). Tapi catatannya adalah, kalo mau ngeshare ulang apapun, jangan sampe lupa sertain credits. Karena bikin suatu postingan itu ngga gampang.

8.       Share Info, Jangan News
Emang gak jauh beda ya antara Info dan News. Tapi News itu bisa berubah kapan aja dan selalu update. Sedangkan Info (yang aku maksud disini) kaya info-info menarik tentang sesuatu (contoh di blog ku kaya info tentang korea). Sebenernya sih sah-sah aja kalo mau ngepost news, tapi news itu akan jadi berita kemarin kalo dibaca satu hari-hari berikutnya, dan akan jadi berita setahun lalu kalo dibaca setahun berikutnya. (*kaya kata-kata Hye Mi gak sih? Wkwkwk). Dengan catatan kalo mau nge share news harus terus menerus, jangan setengah-setengah. Nah kalo info akan selalu menarik dibaca kapan aja, jadi lebih mudah ^^

9.       Share Contact Person
Ini gak harus nomer HP loh, cukup situs jejaring social yang kita punya (kaya FB, twitter, hello dll). Cantumin alamat jejaring social di blog kita. Lewat situ, visitors jadi lebih bisa dekat dan mengenal sosok blogger itu aslinya kaya apa lewat jejaring social mereka. (*kalo aku aslinya kaya apa yaa?? *kedip-kedip mata #plak!)

10.   Beri “icon-icon” Lucu
Aku bingung musti nyebutnya apa. “Icon” yang aku maksud itu  gadjet yang contohnya ada disebelah kanan blog ini. Kaya tulisan welcome, jam, gambar-gambar, polling dll. ngga jarang orang tertarik dengan icon-icon lucu yang kaya gitu ^^


Nah itu dia 10 tips buat para blogger versiku. Gimana? Pada setuju gak? Hehehe
So far~ selama ini aku udah coba buat nerapin semuanya. Dan hasilnya blogku jadi rame kaya sekarang. Ahihihihi ^^v
Dan buat semua blogger, selamat mencoba ya~

23 comments:

  1. annyeong eonnie~
    aku mau tanya cara dapetin gadget lucu itu dari mana ya? sama gimana caranya biar kolom beranda dll nya ada banyak? soalnya aku cuman punya kolom beranda aja kekeke~ gomawo~ :)

    ReplyDelete
  2. kolom diatas? itu di posting > edit laman.
    kalo ikon2nya, klik aja yang kamu mau, ntar pasti masuk ke web nya :)

    ReplyDelete
  3. sipsip ;)
    gomawoo~ :D

    ReplyDelete
  4. keren blognya,, inspiratif bgt,, mampir2 ke blog q juga ya, http://seputar-perempuan.blogspot.com/

    ReplyDelete
  5. anyeong chingu...
    Bagi iLmu'a Yaaa...

    Gmana cara'a,,, KoQ bSa Msuk_n Poto2 Shinee jd BackGround...
    Ajariiiiiiiinnnnnnn... T_T

    ReplyDelete
  6. Wahhh... Chingu DAEBAK!!! Cara ganti background gimana sih, aku pernah coba tapi susah banget...

    Untuk ilmunya Jeongmal Gamsha hamnida~ ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih ^^
      coba buka di sedikit tips ya. disana lengkap kog :)

      Delete
  7. Eon,gomawo buat infonya.
    Tolong tambah lagi dong tipsnya.Misalnya,cara mengelompokkan isi blog.Kayak yang eon punya diatas itu [Beranda,Fanfic,dll]
    Sama tips menambahkan widget di blog.Aku lupa sih eon.Kamsa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cheonmaneyo ^^
      liat di sedikit tips ya. semuanya lengkap kog :)

      Delete
  8. Annyeong..
    aaa asli blog ini keren bgt, envy .-.

    blog sy udah dibikin lama bgt, tp ga keurus. gatau caranya gimana >.<
    chingu bantuin sy bikin blog sekeren ini dong ^^
    rame ga nya blog sy sih sy ga terlalu peduliin yg penting sy puas liat tampilan blog saya..

    kalau sempet kunjungi blog sy dulu nurulhikmahpratiwi.blogspot.com
    trus kasi saran yaa! Jebal ^^
    blog sy dibawah standar soalnya..
    Gomawo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih :D
      semua itu butuh proses juga kog. setelah kurang lebih setahun jadi blogger, blog ini baru bisa berkembang.
      pokoknya lakuin semua tips diatas yaa
      selamat mencoba :)

      Delete
  9. KAK,MAKASIH YACH BUAT INFORMASInya
    dan juga salam kenal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. masama say :)
      salam kenal juga ^^

      Delete
  10. eonni , aku iseng" lagi nyari nyari tentang B1A4 , eh ketemu blog eonni .. aku mau tanya eonni , cara bikin Cursor dii blog supaya tulisan Hangul gimana eonni ? aku mau bangett >_< .. gumawo eonni , and , bangapseumnida ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya kah? kebetulan :D
      kalo kursornya aku cari di cursors4u. ntar disana ada code, terus codenya di copas di blog :)

      Delete
  11. annyeong unnie, kalo nyari template yang macam kayak template ini di mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh template ini bawaan dari blog kog., cuma bacgroundnya aku bikin sendiri. cara ganti backgtoundnya ada di sedikit tips ya :)

      Delete
  12. eonni,
    ini kan ceritanya aku udah masuk soundcloud, terus nyari kodenya gimana ya eon? dan dimasukin dimananya?

    btw, info blognya sangat membantu sekali;)

    big gamsa^^

    ReplyDelete
  13. Waah gomawo atas tipsnya ya eonni^^.lumayan,buat nambah-nambah ilmu untuk blogger baru kayak aku,wkwkwk

    ReplyDelete
  14. eonni,
    gomawo info nya, sangat membantu hehehe maklum blogger baru..
    mau numpang nanya, blog ini pake template apa ya?

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...