Monday 18 September 2017

[RANDOM] Curhat Pengalaman Jadi Kpopers


Annyeonghaseyo yeorobeun~ ketemu lagi di postingan blogku yang membosankan ini. Kali ini aku bakal ngeshare curhatan yang mungkin ngga bakalan kalah membosankan, yaitu tentang gimana pengalaman aku jadi kpopers selama kurang lebih 7 tahun ini.
Haha ngga penting ya? Iya-iya emang ga penting. Namanya aja curhat. Curhat di blog sendiri ngga papa kan? Hihi
Yang sama sekali engga penasaran, atau ngerasa postingan ini bakalan garing, aku saranin close tab sekarang juga xD. Aku ngga tanggung lho ya kalo nanti kalian terus jadi mual mual gara-gara curhatan blogger alay ini wkwkwk
Oke oke kita mulai.

Sejujurnya dulu aku pernah ngerasain yang namanya “ilfeel” sama kpopers atau pecinta korea dan semacamnya(?). Dulu kalo ada temen yang ngaku suka korea langsung pasang ekspresi ‘apaan sih suka korea, ngga jelas -_-‘. Wkwkw Ngga taunya sekarang kualat guysss.
MV korea pertama yang aku liat itu Sorry-sorrynya suju haha. Masih ilfeel sebenernya karena liriknya yg aneh tapi entah kenapa terngiang2 terus di kepala lol. Terus Lucifer nya SHINee dan Ring ding dong nya SHINee. Dulu kebetulan banget shine pas lagi kombek hello dan pas aku nonton teaser yang endingnya ada senyuman member satu persatu(?). Langsung falling in love at the first sight(?). Wkwk sumpah gajelas banget. Dr situ mulai nyari2 infonya mereka. Ngga taunya banyak yang seumuran hihi.
Bias pertama? Minho. Haha. Ya~ secara visual. Tapi begitu liat teasernya hello langsung pindah ke Key. Sumpeh senyumnya asdfghjkl…. (isilah titik-titik disamping dengan benar).


Dan petualanganku pun dimulai. Mulai kepo2in kegiatan mereka, nonton video2 dan variety. Pas itu paaasss banget SHINee dateng ke Indonesia buat KIFF. Dan itu pertamakalinya aku ngerasain yang namanya galau gara2 konser haha
Yang namanya kpopers, hal yang paling penting adalah internet kan? Nah dulu kebetulan pas kuliah ada warnet kampus tuh. Tarifnya cuman seribulimaratus buat mahasiswa (UNY), aku bisa nongkrong disana sampe 4 jam sehari lol Biasanya pas lagi nungguin sela-sela jam kuliah, ato pas lagi ngurus skripsi sambil nungguin jadwal dosen. Wkwk. Kalo dulu mendingan uang saku buat ngenet ketimbang makan siang. Kayanya nonton bias udah bisa bikin aku kenyang lololol
Aku juga ngalamin jaman-jaman alay pas jadi admin di salah satu fanbase SHINee Indonesia. Waktu itu rasanya jadi admin kaya ada bangga-bangganya gimana gitu lol (padahal ngga ngaruh sama sekali). aku juga mulai memperluas jaringan(?) dengan ikut komunitas-komunitas kpopers jogja, nonton Korean Day, ngumpul bareng Shawol Jogja, bikin gathering, ngerayain ultah member bareng-bareng… ya alay-alay gitu lah. #pengakuan
Di dunia per kpop an juga ngga asing kan yang namanya FF aka Fanfiction? Aku juga mulai kenal FF dengan baca-baca FF korea di blog. Banyak yang ceritanya keren dengan bahasa yang ga kalah sama novel. Dari situ aku mulai coba-coba bikin karena kebetulan dulu waktu SMA aku langganan yang ngisi rubric cerpen di majalah sekolah. Tapi kali ini castnya aku rubah jadi member boyben. Eaaaa
Kurang lebih 6 tahun jadi author, aku ngalamin pasang surut. Dulu FF pertama yang aku bikin tuh masih One Shoot dengan cast masing2 member. Ngga terlalu banyak yang baca haha. Pas coba bikin FF chapter pertama (judulnya The Sweet Summer), ternyata peminatnya banyak banget. Yang komen sampe ratusan di facebook, belum lagi di blog. Semuanya pada minta tag sampe akunya kewalahan dan dip rotes gara2 banyak yg lupa aku tag in lol.

*Covernya masih buluk banget. Maklum ini pertamakalinya bikin cover FF lol*

Dari situ mulai coba-coba ngirim ke lomba FF, dan untungnya dua kali ikut, dua kali juga juara satu lol. Padahal waktu itu cuman dikasih waktu 2 minggu, castnya ditentuin, partnya ditentuin, temanya ditentuin. Asli kalo sekarang disuruh bikin FF dengan cara kaya begitu, yakin deh ngabakalan bisa. Entah kenapa kalo dulu itu ide cerita bisa cepet muncul kaya mesin.
Tapi kemudian karena kesibukan, bikin skripsi, kerja dll aku jadi ngga rutin posting FF. kadang seminggu sekali, kadang sampe tiga bulan sekali. Peminat readers FF straight dengan cast OC pun udah berkurang. Sekarang-sekarang sih aku liat kebanyakan yang laris manis itu FF YAOI atau NC atau FF Imagine, fake chat atau apalah itu aku ngga ngerti.
Jujur, bacanya aja aku ngga bisa. Apalagi bikin. Karena sama sekali ngga bisa bayanginnya.
Walaupun udah ngga serame dulu, aku masih bikin FF sampe sekarang. Padahal tiap kali bikin FF tu aku selalu berfikiran “Kayanya ini yang terakhir deh. Ngga janji bisa bikin FF lagi.” Tapi entah kenapa pas FF itu mencapai ending, adaaaaaa aja ide bikin FF yang tiba-tiba muncul. Rasanya gatel kalau ngga di wujud in.
Gimanapun juga goal aku bikin FF itu bukan nyari banyak komen atau jumlah readers (karena banyak banget yang baca tanpa ninggalin jejak, keliatan lho jumlah readers per hari kalo di blog). Tapi aku pengen nuangin ide di kepala dan ngegambarinnya lewat kata-kata :) Emang ngga bagus. Aku masih banyak belajar ^^
Next, aku mau jujur sebenernya dulu aku adalah kpopers yang modal internet doang. Mau dukung bias palingan cuman lewat vote atau naikin views yutub. Dan akhir tahun kemaren aku baru sadar ahaha. Aku mulai nyicil beli album :) Yeah, ngga banyak kog. Sekarang baru punya enam biji lol. Itupun dikumpulinnya satu persatu. Walaupun yaaa ngga terlalu ngaruh karena emang udah telat dan ngga banyak, setidaknya sih buat koleksi aja lol
Jadi kpopers udah, jadi admin FP udah, gabung komunitas udah, jadi author udah, beli album udah. Dan pengalaman terakhir yang pengen aku share adalah… nonton konser bias.
Perlu kalian tahu(?), pertama kali aku nonton konser itu harga tiketnya 200.000 alias dua ratus ribu alias dua lembar uang seratus ribuan. Serius.


Jadi waktu itu Mubank 2013 kalo ngga salah, ngebuka section baru namanya friendly dengan tiket harga segitu. Aku yang awalnya ngga ada niatan nonton (meskipun udah nabung dikit2), langsung galau. Dan pas lanti bilang “Kamu harus nonton kak!”, aku ngga mikir dua kali dan langsung ngacir cari tiket. Padahal waktu itu announcenya H-5 gays! Dan itu pertama kalinya nonton, aku ngga ada temen buat nonton bareng,  ga tau gimana cara pesen tiket, ga tau harus naik apa ke Jakarta, ga tau harus ngehubungin siapa buat minta bantuan.
Tapi akhirnya aku jadi nonton beneran.


Kedua kalinya pas SWC III. Kalo ini udah lumayan lah karena lanti juga nonton. Kebetulan juga aku dapet temen dua lagi (murni dan kak nina) yang mau ntn bareng dari jogja. Dan kebetulan juga ada rombongan shawol jogja yang ngetrip bareng. Bisa dibilang persiapannya lancar ^^


Ketiga kalinya pas SWC V. Kali ini rada panic karena announce nya KURANG DARI SEBULAN. Well meskipun udh nabung dan prepare, tapi tetep yaa persiapan 3 minggu buat booking hotel, beli tiket, transport dan blab la bla itu mepeet banget.


Aku nonton konser dari section yang paling belakang banget pernah. Sampe ke section yang didepan panggung persis pun pernah. Semua udah aku jabanin guys, dan kesemuanya punya perjuangan masing-masing.
Well yang jelas aku ngga pernah minta duit ortu buat beli tiket konser. Ngga pernah sepeserpun. Semua itu hasil nabung. As you know, waktu jaman kuliah uang saku ku cuman 15 ribu gaaaeess, udah termasuk buat beli bensin, makan, ke warnet, fotokopi dll. Emang cukup? Ya ngga cukup lah! Tapi nyatanya aku masih bisa nabung buat beli tiket konser. Ajaib kan?
Dimana ada niat, pasti ada jalan.
Aku juga nabungnya ga sehari dua hari aja. Paling engga 6 bulanan. Etsss, bukan berarti 6 bulan sebelum konser itu aku udah tau bakalan ada konser lho ya. Tapi aku Cuma mikir, “Gapapa nabung, biar pas besok konser bisa nonton.” Jadi awalnya emang ngasal nabung aja, ntar 3 bulanan itu pasti kode2 mulai keluar kan. Nah itu lebih kenceng lagi nabungnya xD
Kaya pas SWC V kemaren aku berbulan bulan bawa bekal dari rumah, ngga jajan sama sekali. Gaji cuman buat beli bensin sama pulsa aja hahaha. Itupun nabungnya dr april, nontonnya November LOL.
Ada yang komen begini, “Kalo aku punya duit segitu ketimbang buat nonton konser, mending buat yang lain cha.” Ya…ya…ya… setiap pilihan orang kan emang beda2. Ada yang seneng ngabisin duitnya dengan belanja sesuatu, tapi ada pula yang buang-buang(?) duit cuman buat nonton 3 jam doang padahal perjuangannya berbulan-bulan xD
Emang dapetnya apa sih kalo nonton konser?
Ngga ada.
Emang ga ada. Dapetnya capek, duitnya juga abis. Haha
Tapi kepuasan yang kamu dapetin ngga akan bisa dinilai dengan apapun. Waktu nonton langsung, kamu bakalan sadar kalo orang yang selama ini kamu tonton di laptop, atau hp atau di poster yang kamu tempelin di kamar itu nyata. Beneran ada.
Dan aku jamin, meskipun kamu duduk di section paling belakang, kamu tetep bakalan bisa takjub dengan kenyataan itu. Walaupun selama ini foto atau poster atau video resolusinya gede atau editan jadi dazzling super atau apapun itu, ngga bakalan ada yang bisa nandingin aslinya. Serius. Kamu ngga akan bisa tau rasanya sampai kamu nonton langsung :)
Sorry kalo berlebihan, tapi aku cuman pengen ini bisa dijadiin motivasi buat yang masih mikir kalo “Aku ngga mungkin bisa nonton karena tiket konsernya mahal dan ngga ada temen.” Nyatanya dengan uang saku 15 ribu dan yang awalnya ngga tau apapun, keinginanku tetep bisa terwujud :)


Yang paling penting itu cuman satu, IJIN ORTU. Kalo buat ortu aku sih, as long as aku berusaha ngedapetin sesuatu dengan usahaku sendiri, mereka pasti ngijinin.
Udah deh gitu aja curhatan aku. Ga jelas ya? Haha. Iya tau kok, emang ga jelas. Pokoknya kalo postingan diawali dengan kata RANDOM, maka isinya bakalan beneran RANDOM hheheh

Makasih yang udah mau mampir! Sampai ketemu di postingan random lainnya!

5 comments:

  1. Ummm.Terharu bacanya kak. Kalo ada niat pasti ada jalan ya..

    ReplyDelete
  2. Ummm.Terharu bacanya kak. Kalo ada niat pasti ada jalan ya..

    ReplyDelete
  3. bagus ih.. aku mah apa atuh kak blm pernah nonton konser bayar. Tapi ajaibnya kuasa Allah, waktu countdown di Monas yang ngundang Taeyeon + Hyoyeon aku bisa dateng, dan itupun gratis.. Yaampuuuun beneran seneng aku kak.. ehehehe sekilas curhatanku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waw asik banget dapet gratis
      makasih udah share pengalaman :)

      Delete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...