Friday 26 June 2015

Keracunan Hiphop




                Maaf untuk judul yang absurd wkwk. Setelah lama tenggelam(?) dalam pemikiranku sendiri(?) kali ini aku mau ngebahas sesuatu yang sebelumnya sama sekali engga aku suka. Sebelumnya aku dah pernah ngepost tentang 10 list lagu kesukaan ya, sebagian besar lagu2 ballad. Well meski seleraku ngga berubah, tapi sekarang justru bertambah kekeke
                Jadi sebenernya
mau bikin postingan ini udah lamaaaaaaaa banget. Pas lagi jaman2nya unpretty rapstar itu aku lagi suka sukanyaaaaa banget. Pokoknya playlist ngga ada yang lagunya pop ballad. Semua hip hop. Beneran lagi addict2nya sama rapp. Pokoknya sukaaaaaa banget.
                Tapi sebelum aku nyeritain gimana awal aku bisa suka sama hiphop, aku mau nyeritain dulu kenapa dulu aku sempet ngga suka sama genre(?) yang satu ini. Ngga Cuma ‘ngga suka’, tapi tiap denger tuh bikin telinga sakit -_-v tapi namanya juga curcol, ini ngga wajib dibaca wkwk. Buat yang alergi sama postingan2 randomku semacam ini boleh close tab sekarang juga, atau kalau nantinya ditengah2 postingan merasakan sedikit mual, pusing dan gatal2 silakan datang ke apotik terdekat(?), bila sakit berlanjut hubungi dokter ._.
                Oke mulai.
                Kalau ditanya kenapa ngga suka hiphop… Jujur kukatakan, dulu aku berfikir lirik rapp itu susah didengerin, bikin pusing, ngga ada tone, dan kaya ngga ada nadanya. Karena itu juga aku kurang suka sama boyben2 beraliran Hiphop kaya Block B, BTS, bahkan Ikon. Dulu ya, dulu. Aku juga ngga bisa bedain mana orang yang ngga bisa ngerap, mana yang ngerappnya bagus. Bagiku kalo ngerappnya makin cepet itu berarti makin bagus wkwk padahal engga kan?
                Ngomongin boyben, sedikit banyak ini juga karena awalnya Cuma aku suka artis2 SM, jadi aku berfikir bahwa rapper-dalam-sebuah-boyband-itu-adalah-member-dengan-bakat-yang-paling-lemah. Oke aku klarifikasi ya. Ini dulu, DULU. Kenapa aku bisa berfikir seperti itu? Karena di SM (hampir) ngga ada member yang dipilih karena bakat Rapp, kebanyakan (hampir semuanya) member yang menjadi rapper memiliki bakat lain. Aku ngga bilang mereka ngga berbakat, tapi aku bilang mereka punya bakat lain. Bakat yang aku maksud disini adalah bakat waktu mereka pertama kali masuk pas audisi. Contoh, ngga jauh2 deh kaya Minho, dia dipilih karena visualnya. Atau Eunhyuk dan kai yang merupakan lead dancer. Chenyeol juga visual. Tapi aku sangat mengapresiasi Amber, bagiku rapper di SM yang paling keren Cuma dia. Itulah yang bikin aku berfikir bahwa boyben lain juga memiliki kasus yang sama. Padahal engga sama sekali.
                Dan kemudian semua berawal dari survival show (yang pernah aku bahas juga), yaitu mix and match. itu merupakan survival show dari team B yang memiliki aliran Hiphop. Mungkin karena itu juga ya waktu WIN aku lebih milih tim A karena aku belum suka sama aliran Hiphop yang dimiliki team B. musti sangaat diakui kalau Rapp yang dimiliki Bobby emang outstanding, terbukti dia menang show me the money. Nah di mix and match ada cuplikan show me the money kan? Terus aku lanjut nonton show me the money. Awalnya masih bingung dengan kata2 sensoran dan rapp ala rapper underground. Tapi tetep aku ikutin soalnya penasaran sama perjuangan bobby disana kekeke. Lanjut ke survival show selanjutnya yaitu no mercy, disana mereka ngeluarin beberapa lagu yang duet bareng beberapa rapper terkenal. Nah dari situ aku baru sadar kalo rapper yang duet bareng trainee no mercy kebanyakan jebolan show me the money.
                Rapper pertama yang paling aku suka adalah Giriboy. Mukanya imut, kalo ngerapp suaranya kaya bayi lagi belajar ngomong, pake kacamata, dandanan culun, jari tangan panjang banget, tapi badboy. Hahaha. Aku mulai dengerin semua lagu2nya giriboy. Semua lagu dalam playlist jadi mendadak lagunya giriboy wkwk. Lagu2nya tuh berasa soundtrack kalo lagi stress, kaya kamu lagi ada didalem ruangan, males ngapa2in  dan Cuma mau ngelakuin hal hal yang kamu suka. Nadanya sih begitu, tapi liriknya… hm…

                Nah dari situ nongollah kompetisi hiphop yang serunya ngelebihin runningman(?) wkwk. Jadi awalnya penasaran gara2 unpretty rapstar ini adalah kompetisi versi cewek dari show me the money. Terus ada artikel yang nyebutin kalo di episode 1 si Jimin AOA, satu2nya idol yang ikut di acara itu nangis karena merasa di remehkan. Udah kerasa banget tuh aura2 ekstrimnya(?) wkwk. Lanjut lanjut makin kesini makin seru. Ngga taunya di korea juga jadi booming banget. Bahkan ngalahin boomingnya show me the money dan KPOP STAR! Buktinya sih bisa diliat dr kepopuleran semua member yang ikut  di unpretty rapstar. Ngga Cuma itu, tapi juga lagu2 yang mereka rilis selalu berada di top chart. Begitu kelar banyak banget tawaran buat member2 unpretty rapstar, mulai dari ngeluarin single baru, jadi bintang iklan, dan muncul di acara2 gede kaya happy together, taxi, hello conselor dan bahkan runningman! Bener2 jangnan aniya~

                Tapi kenapa acara ini bisa booming banget? Soalnya ketegangannya itu ngga dibuat2. Mereka itu keren, SWAG wkwk bingung jelasinnya. Jadi kalo menurutku sih pemilihan membernya itu yang bikin acara ini jadi booming, entertaining. Mulai dari jessi si pembuat onar yang ngga peduli dengan siapapun dan selalu protes dengan banyak hal, Jimin AOA satu-satunya idol yang ikut tapi justru sering menang, Jolly V-Tymee yang udah saling nge diss sebelum mereka ikutan SMTM dan Yuk Jidam yang udah terkenal malu2in banget jaman SMTM. Pokoknya paaaasss banget. Ngga tau deh unpretty rapstar session 2 castnya bakalan se gila musim pertama apa engga.
                Jadi disana tuh beneran saling ngediss satu sama lain, mulai dari ujung rambut sampe ujung kaki, ngga pake nyindir-nyindiran, to the point, dan yang pastinya pake kata2 kasar kaya f*** b**** dan lain2. Ngga Cuma didepan panggung aja, tapi juga dibelakang panggung. Pokoknya keren lah wkwk.
                Dari semua lagu yang mereka keluarin aku paling suka sama lagunya jessi yang unpretty dreams, berasa kaya lagi dengerin lagu2 barat. Dan karena banyak bahasa inggrisnya juga, jadi bisa ngerti apa arti lagunya. Tapi kalo dari segi lirik, aku suka lirik lagunya jolly v yang gwenchanha sama cheetah yang ameudo moreuge. Gwenchana bercerita tentang problem yang sering dihadapin orang berumur 20 an yaitu tentang memilih tujuan hidup. Kemudian ada lirik its okay its okay, lakukan apapun yang kamu inginkan. Jadi lebih ke nasehat buat kita semua kalo kita boleh milih sesuatu yg kita suka meskipun itu ngga disukain orang lain. Kalo lagunya cheetah yang ameudo moreuge bercerita tentang kesulitan hidup, dimana kita sering bekerja keras dan terkadang menghadapi kegagalan. Kemudian kita akan menangis disaat tidak ada seorangpun yang tahu.
                Dari beberapa kompetisi dan survival show yang aku tonton (itu tadi), aku baru ngerti ternyata ngerapp itu juga bisa lebih keren ketimbang nyanyi. Lirik rapp itu bisa lebih luas, lebih bebas. Kita bisa ngungkapin kemarahan atau kesedihan juga lewat rapp. Dan bahkan aku pikir rapper di sebuah boyben/girlben justru selalu punya ‘waktu eksklusif’ dalam sebuah lagu. Mereka juga bisa bikin lagu itu jadi lebih menarik.
                Dulu waktu ntn SMTM aku pikir semua peserta itu ngerappnya bagus, tapi kadang bingung kenapa Cuma beberapa yang dipilih. Wkwkwk. Setelah ntn acara2 tadi diatas, aku baru bisa bedain mana yang ngerappnya bagus mana yang engga lol. Jadi ngerapp bagus itu ngga Cuma karena lebih cepet dari yang lain, ternyata rapp juga ada tone, dan ketukannya sama kaya lagi nyanyi wkwk. Maafkan aku yang pabo ini. Dan setelah menyadari hal tersebut, aku baru tahu kalo sebagian besar rapper SM pada ngga bisa ngerapp. Wkwk maapkan aku tapi benar adanya. 
Padahal banyak rapper idol yang berbakat, tapi boyben dengan rapper yang pas pasan justru lebih banyak yang populer. Oleh karena itu idol rapper selalu dipandang sebelah mata.
Kalo boleh kasih contoh, banyak rapper berbakat kaya Bobby ikon (ini mah udah terkenal), B.I Ikon, Zico Block B, Rap Monster, Junhyung BEAST, Mino dan seunghoon Winner, LE EXID, Jooheon Monsta X, Baro B1A4, Ilhoon BTOB dan masih banyak lagi. Kalo boleh dibilang, peran Bobby IKON itu besaaaar banget buat ngerubah image ini. Kemenangan dia di SMTM bener2 ngebuktiin kalo idol rapper itu juga punya bakat. Bahkan di SMTM ke 4, yang jadi jurinya rapper idol.
Mungkin juga karena kebanyak rapper itu berasal dari underground, sementara boyband kan upperground(?) wkwk popular maksudnya. Jadi yaaa begitulah. Dianggepnya menye menye(?). eh jangan salaaah, itu runner up SMTM3 dulunya juga hampir jadi member BTS lhooo!
Dan postingan ini ngga bermaksud buat jelek2 in rapper SM ya. Ngga sama sekali. Minho juga jago ngerapp kog, buktinya dia bisa nulis lirik rappnya sendiri. Tapi mungkin buat aku pribadi, karena dia dipilih bukan karena bakat rappnya, jadi hasilnya juga ngga se maksimal rapper lain yang udah hidup di dunia underground kaya zico, rapmon, ilhoon, dll. Padahal mereka sama2 idol rapper. Tapi lagian juga SHINee genrenya bukan HIPHOP kan. Wajar lah.
Setelah beberapa bulan sampe kerasa aneh kalo dengerin genre lagu selain hiphop, akhirnya selera saya kembali lagi haha. Tapi teteep suka hiphop jugaa, suka ballad juga, sekarang seimbang lah. Wekeke.
Pokoknya yang aku tulis disini Cuma pendapat aku yaaa. Jangan diambil ati apalagi dibawa pulang, ntar udah ngga anget lagi(?). Yang mau berbagi pendapat lain boleh juga di kolom komentar. Aku tunggu ya~ annyeong!

1 comment:

  1. Gue suka banget sama bang Giri , dan rapper" underground lainnya kayak olltii , madclown, dan gue suka banget nonton unpretty rapstar dari eps 1 udh tertarik sama Kisum,Jessi,Jimin AOA, dan klo Tymee emang ga usah diragukana dari awal stage name nya masih e.via gue suka tuh, dia kan salah satu rapper tercepat dan dia versinya ceweknya rapper outsider, btw SMTM 4 hikin gw greget soalnya ada Mino sama adeknya Zico namanya Taewoon , secara Mino udh lama deket sama Zico, dan jurinya masih ada tablo ama San E , gue suka bgt tu, tapi Jooheon eliminasi di eps 3..

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...