Thursday 19 March 2015

Curcol : Apa yang terjadi pada saya ketika stress?




Wkwwk mau ketawa dulu xD. 
Readers ikutan ketawa juga boleh mhaha, judulnya absurd amat -_- mian.
Maaf karena saya harus kembali bersama postingan random (yang sebenernya ngga pantes buat dibaca ini kkk). Disini aku mau ngeshare apa aja yang biasanya aku lakuin kalo lagi stress. Ngga sedikit tiap kali temen nemuin disaat yang genting mereka bakalan melihatku dengan aneh(?) karena disaat limit pun mereka tidak menemukan unsur-unsur ke stress an dalam diriku(?). banyak yang bilang, “hidupmu kaya ga ada masalah aja cha?”. Eyyuwww, saya juga manusia mas-mbak. Walo kerjaannya ngelakuin hal random kaya lari2an sambil meluk map ditengah hujan badai ga jelas, ato ngga bisa diem loncat2 sepanjang koridor meski usia sudah diatas 20 tahun(?), faktanya saya masih manusia -_-


Setiap kali ada hal yang ga beres, aku adalah orang yang bakalan ketawa terbahak2 karena unexpected thing yang miss(?) karena kebodohanku. #ngomongopoiki. Aku selalu mikir masih ada hari esok, kita bakalan diberi kesempatan. Maka kata-kata yang keluar dari bibirku(?) selain HA-HA-HA adalah ga pa-pa. Tapi disaat unexpected thing yang miss(?) karena kebodohanku itu datang, justru orang lain yang bakalan panic in the room dan bersimpati kkkk.

Ini aku lagi ngomongin apa sebenernya aku juga ngga ngerti. *apalagi readers?*

Okelah langsung capcus ke hal apa aja yang bakalan aku lakuin ketika stress atau hal buruk melanda pada diriku(?). eh tapi postingan ini jelas bukan tips ya -_-, 100% pure curcol kkk. Tapi siapa tahu readers ada yang ngelakuin hal yang sama. Lets see....
  1. 1.       Berfikir positif

Faktor stress itu buanyak banget yaa. Mulai dari stress dalam hal karir, ato kalo yang masih sekolah ya stress gara2 pe er, stress gara2 punya temen yang nyebelin sampe stress yang banyak dialamin para remaja galau(?) kkk
Karena aku sudah dewasa(?), aku bakalan ambil contoh stress yang sesuai dengan umurku(?). mhahaha apaaaa ini coba?
Misal kita lagi pengenin sesuatu, entah itu lagi nabung buat nonton konser (cie yang kpopers), ato pengen ndaftar ke suatu pekerjaan ato tempat kuliah kadang banyaaak banget cobaan yang dateng. Mulai dari hal yang simpel, kaya ban motor kita bocor pas mau ke tempat tujuan lah, banyak syarat yang susah dipenuhi lah, ato banyak kebutuhan mendadak yang lebih penting ketika kita lagi ditengah2nya nabung buat nonton konser (cie yang kpopers (lagi) :p). Kebanyakan orang bakalan ‘lelah’ dengan hal2 seperti itu. ngga Cuma satu cobaan, tapi buanyak. Berulang ulang. Terus menerus kadang bahkan dalam hal yang sama. Dalam menyikapinya (ceileh serius amat), kebanyak orang (lagi) bakalan mikir ‘kog banyak banget cobaan, apa ini pertanda kalo aku bakalan gagal ya?’. ini ngga Cuma satu-dua aku temuin ya, tapi buanyak banget orang yang berfikiran begini karena cobaan kadang diluar kemampuan kita. Kita sih mikirnya gitu, padahal engga mameeen.
Setiap kali hal kaya gitu terjadi, yang saya lakukan adalah tersenyum lebar hahaha. Waktu belum habis kawan. Masih ada waktu kenapa kita menyerah? Meski itu baru dalam pikiran, tanpa kita sadari tubuh kita akan mengikutinya, kemudian takdir akan jatuh padanya. Ada yang bilang, pikiran yang positif akan diikuti energi yang positif pula. Dan aku percaya itu.
Jadi tiap ada cobaan, kaya dulu pernah di cancel trip ke mubank jam 12 malem lah, mau ke bank hujan2 nan lah, ampe di bank di marahin pula. Pernah juga pas pahit2nya ngerjain skripsi nih, deadline mepet malah dosen susah ditemuin lah bla bla bla. Berangkat jam 7 pagi pulang jam 7 malem rasanya masih kurang dan bla bla bla. Namanya juga hidup, pasti bakalan ada cobaan.
Tapi yang ada dipikiranku adalah, “Yang aku butuhkan hanya melewatinya.” Tuhan akan memberikan jalan kepada mereka yang mau berusaha. Kalo kata minho sih “miracle is another name of effort” ceilah. Pokoknya aku ngomong panjang lebar diatas adalah, selalu mikir positif dan jangan mudah nyerah ngehadepin cobaan meski kita sedang stress. Oke kawan?

  1. 2.       Ngelakuin hal yang aku suka. Sendirian.

Entah kalian prefer hang out bareng temen sih ngga masalah. Tapi buat aku, menikmati waktu sendirian adalah yang terbaik. Aku tuh tipe orang yang introvert ya sebenernya. Walo aku hobi ngeshare berbagai macam pengalaman ke orang2 sekitar, tapi kalo masalah yang beneran akut(?) bakalan aku lerai(?) sendiri. Kalo itu udah beneran ga bisa aku tampung, baru aku cerita ke orang lain.
Aku tuh mikirnya gini ya, tiap orang punya masalah. Ntar kalo kita cerita ke temen jadi nambahin masalah ke dia dong ya? kasian wkwk.
Jadi aku tuh kalo lagi stress terus di tanyain “kamu gapapa kan? Lagi ada masalah ya? cerita dong…” itu ekpresiku bakalan -_____-. Aku ngerti itu adalah bentuk perhatian, Cuma seringnya aku males denger pertanyaan klasik kaya gitu (mian).
Tinggalin aku sendirian. Itu adalah yang terbaik.
Nah apa yang aku lakuin? Yaitu ngelakuin hal yang aku suka (itu tadi). Seringnya sih nonton video lucu ato drama yang bisa bikin aku nangis ndlewer2 wkwk. Normalnya kalo orang lagi stress, penat ato marah tapi ngga bisa diungkapin, mereka bakalan nangis kan? Nah sayangnya aku ngga bisa nangis -_- jadi aku bakalan nyari drama ato reality show yang bisa bikin nangis mhehehe.

Dulu tuh pernah ya (curcol dimulai) aku kena alergi. Aku punya alergi ama obat, kosmetik juga pernah. Dan obat yang pernah bikin aku alergi adalah parasetamol. Padahal disetiap obat penurun panas biasanya mengandung parasetamol.
Jadi dulu pernah mukaku merah gara2 alergi apa akuu ngga tau -_-, badanku juga panas. Nah dibawa ke rumah sakit kan? Dikasih obat anti alergi sama parasetamol. Dor, alergi di mukanya sembuh tapi jadi alergi sekujur tubuh(?) merah semua. Dan keadaan itu diperparah dengan cuaca yang supergila. Waktu itu hujan abu gunung kelud mameen. Kebayang debunya kaya apa. Sedangkan aku lagii alergi dan supersensitif sama debu sedikit aja. Kamarku ampe aku tutup rapat terus aku pel 3x sehari pake tissue basah. Udah minum susu steril ampe obat macem2, aku ngga sembuh. Mau dibawa ke dokter kulit tapi aku takut -_- dan akhirnya aku sembuhnya pake apa? RUNNINGMAN! Serius, ternyata pikiran yang negatif itu bisa memperparah alergi. Kata kakakku yang kebetulan perawat disuruh makan makanan yang paling aku suka, minum minuman favorit sama nonton apapun yang aku suka. Akhirnya aku nonton runningman seharian penuh dan ternyata dalam 2 hari aku sembuh mamen. Wkwkwk

Another story yang lebih parah (curcol lagi), pernah aku stress sama suatu hal (yang ngga bisa aku ungkapin disini). Pola tidurku jadi berantakan, seharian jarang makan, ngelakuin semua kegiatan dengan mode menbung, aku beneran jadi kaya zombie berjalan. Dan saat itu juga tiba-tiba pas bangun tidur aku ngerasain setengah tubuhku mati rasa! Tangan sebelah kiri sampe susah buat ngambil sesuatu, dan kaki sebelah kiri susah buat jalan. Rasanya berat. Terus aku cari tahu dengan baca2, ternyata itu bisa ditimbulkan karena jantung yang ngga maksimal dan salah satunya disebabkan oleh stress. ‘Cuma’ karena stress. Semakin aku cari tahu semakin aku takut, semakin aku takut, semakin aku stress. Jadi itu justru memperparah. Aku sampe ngga bisa tidur semalaman. Akhirnya aku keinget sama ‘obat alergi’ yang aku certain di paragraph sebelum ini. Meski itu taangan kiri ngga bisa megang stang motor, aku tetep kabur ke warnet. Dan ternyata saudara2, pulang dari warnet smuanya hilang dan kembali seperti semula wkwk. Semua Cuma gara2 aku nonton morning call nya kihyun yang versi cruch oppa. Hahaha.
Eh jangan diremehin, ini logis juga. Karena perasaan bahagia bisa menghasilkan hormone tertentu yang membuatmu nyaman. Belum lagi otot yang bekerja karena tertawa wkwk. Asli ini beneran terjadi pada diriku(?).

Intinya jangan terlalu tenggelam sama hal buruk yang kamu hadepin, buang jauh2 dan cari hal yang bisa bikin kamu seneng.

  1. 3.       Cari quotes dan lagu dengan lirik penyemangat

Lagi2 ngga ada yang bisa kita andalkan kapanpun kita mau selain diri kita sendiri. kadang  temenku bisa ngasih pesan “fighting!” ato “kamu pasti bisa” bla bla bla, tapi sejujurnya Cuma kamu sendiri yang tahu gimana perasaanmu kan?
Mencapai sebuah pikiran positif itu ngga mudah, banyak pikiran lain yang musti kita singkirkan meski kita tahu hal itu jauh lebih mungkin terjadi ketimbang hal positif yang kita inginkan. Nah ketika aku ngga bisa mencapai itu, aku bakal cari sesuatu yang bisa membantuku. Balik lagi kita ngga bisa ngandalin temen terus2an, tapi kita bisa mencarinya sendiri.
Cari quotes yang bisa bikin kamu berfikir itu menjadi mungkin, misal:






Selain quotes, aku juga sering cari lagu2 yang mengandung lirik penyemangat. Karena kalo kita lagi masalah kadang kita justru cenderung nyari lagu2 sedih dengan lirik yang bisa mendukung masalh yang kita hadapi. Istilahnya nyari soundtrack lah. Kaya lagi putus cinta terus dengerin lagu putus cinta, terus lagi males dengerinya lazy song wkwk.
Aku justru sebaliknya, sering nyari lagu yang bisa bikin aku buang jauh2 pikiran itu. bisa bikin move on. Kaya contoh lucu nih, aku tuh paliiiingggg susaaah bangun pagi kan ya. susah banget. Kalaupun udah bangun tuh susah buat berdiri dan memulai aktivitas wkwk. Walopun ada niat, tapi prakteknya susah mamen. Nah kalo udah kaya gitu, ada lagu yang selalu aku puter, yaitu Green Rain – SHINee. Entah kenapa setiap kali denger suara onew di awal tau2 ntar aku udah jalan sendiri ke kamar mandi, secara otomatis, walo aku lagi maleesss banget. Kkk
Soalnya lagu ini selalu bikin aku inget drama queens classroom tentang anak sekolah. Liriknya juga paaaasss banget, “Ketika aku bangun di pagi hari, semua terasa sama” gitu2 lah. Jadinya otomatis deh.
Beda lagi kalau lagi terpuruk(?), aku bakalan dengerin lagu Go Up dari team A (winner) yang juga liriknya pas banget. Yeah will go up! Biar mood juga ikutan naik. Kalo dulu dengerinya wake up OST Shut Up Flower Boy Band. Soalnya beatnya asik banget. Kalo akhir2 ini sih lagu smile again biar bisa tetep tersenyum. Atau lagunya eric nam yang “its oke” biar bisa berfikir kalau emang semua akan baik-baik saja meski hari-hari terasa berat. Ceilah...

  1. 4.       Hang Out Bareng Temen Atau Keluarga

Setelah kita berusaha mengurai semua masalah dan kekhawatiran dengan berfikir positif, saatnya kita merefresh otak bersama orang2 terdekat. Walau lagi stress kita nyelesain masalahnya sendirian, tapi kita juga butuh ngabisin waktu bareng temen atau keluarga biar pikiran ga terus-terusan larut sama kesedihan. Setidaknya kita udah coba mengatasi tanpa bantuan mereka, tanpa bikin mereka ngira kita lagi stress dan seterusnya.
Kalo aku biasanya sih kalo ngga jalan bareng ya karaokean menggila(?). mhehehe

  1. 5.       Kembali Ke awal Lagi

Ini bukan berarti kembali jadi stress lagi yaa. Tapi kembali ke tanggung jawab yang musti kita kerjaan. Namanya orang lagi stress pasti bawaannya pengen break dulu kan? Nah pas lagi break oke2 aja ngelakuin hal diatas, kalo udah semua terlewat inilah saatnya buat kembali ngelakuin aktivitas yang tertunda. Missal mulai belajar lagi buat Try Out, atau mulai mengetik skripsi lagi wkwk

Nah itu dia yang biasanya aku lakuin lagi stress. Yaitu ngerandom(?) sendirian. Aku harap sih readers ngga sering mengalami ke stress an kaya aku ya wkwk. Tapi kalo ada yang lg punya masalah ngga ada salahnya dicoba hahaha
Makasih sudah mau dengerin curhatku. #pyyong!


No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...