Sunday, 11 January 2015

Lets Talk About Winner



 Kekeke maafkan blogger yang random ini karena selalu memaksakan(?) apa yang lagi aku suka ke readers, namanya blog pribadi jadi isinya Cuma hal2 yang aku suka. #bow.  Tapi semoga ini jadi membuka mata readers(?) ke beberapa hal lain (selain SHINee) yang pernah aku share disini. Sebenernya bukan maksain juga sih ya, Cuma pengen share aja. Tapi readers jadi terpaksa baca juga deh gara2 ga ada postingan lain hihihi. eh, pada ngga terpaksa kaan? #aegyo

Sebelumnya aku pernah ngebahas tentang B1A4, terus B2ST, sempet juga EXO dan beberapa actor ganteng yang jadi biasku. Nah kali ini (untuk yang pertamakalinya) aku ngebahas boyband asal YG entertainment, Winner. Pertanyaannya kenapa aku jadi bias suka winner? Jawabannya panjang kkk tapi aku mau njelasin dulu yaa, walau aku sering ngebahas boyband aneh2 tapi tetep aja bias utamaku SHINee. Sayangnya SHINee lagi ngga kombek, jadinya aku nyambi bentar kkk. Tapi soal fandom, aku Cuma punya satu kog sampai sekarang :)

Oke balik ke topic awal. Kenapa aku jadi tiba-tiba ngebahas WINNER? Jadi dulu acara WIN : Who Is Next sempet booming banget kan? Tiap hari di koreanindo adaaaaa aja artikel tentang itu. Jadi aku ngikutin deh. Waktu pertamaaaa kali muncul nama Team A dan Team B di berbagai artikel, aku langsung kepincut(?) sama Team A. soalnya di profil mereka ada Kang Seungyoon yang 4 besar Superstar K2 dan Seunghoon yang juga 4 besar KPOPSTAR. Hal pertama yang aku pikirin tentang mereka adalah neomu seda (sangat kuat), maksutnya mereka udah punya nama di industry sana yang aku pikir disanapun bakalan popular dan kesempatan buat menang pun bakalan lebih besar. Membaca profil lebih lanjut, ternyata dari segi umur juga Team A jauh lebih tua(?) ketimbang Team B. aku ngga bilang ‘siapa yang lebih tua bakalan lebih bagus ya’, Cuma karena umurku lebih deket ke Team A, jadi aku menaruh harapan pada mereka.


Habis nonton WIN aku ngga ngikutin mereka lagi sampai akhirnya
mereka debut, diluar dugaan hamper semua lagu mereka aku suka. Jujur setelah album taeyang rise yang semua lagunya super gila keren abis(?) aku ngga nemuin playlist baru sampe akhirnya winner debut dan lagunya ngga kalah gila. Mungkin karena seleraku yang suka ballad kali ya, jadinya aku suka dengerin lagu ballad. ngga mandang siapa yang nyanyiin, kalo bagus ya dengerin. Beberapa bulan berselang terus mereka nongol di weekly idol. Nah dari ini aku ngerti kepribadian mereka yang asli. Waktu di WIN, mereka keliatan serius banget wkwk. Ternyata aslinya koplak abis. Udah deh dari itu nonton Winner TV dan mulai suka mereka. Bisa dibilang belum lama.

Balik lagi, Setelah aku nonton beberapa episode dari WIN aku baru nyadar ternyata system trainee di YG sangat mengerikan. Karena aku SM Stand, jadi jujur aku ngga ngerti apa2 soal YG. Tapi di WIN semuanya diliatin secara real. Mungkin SM Entertainment bakalan ngasih traineenya mentor yang bagus, disiapin lagu dan koreo kemudian mereka melakukan semuanya sesuai dengan yang disiapkan. Tapi YG engga, trainee musti nyiapin semuanya sendirian. Mereka bakalan dapat mentor dan semua alat yang mereka butuhkan, tapi untuk mengembangkan bakat, mereka musti ‘mencarinya’ sendiri. Itulah kenapa artis YG pernah bilang kalo kamu udah masuk ke YG kamu seperti berada di alam liar.

Diliat dari segi performance dan kekompakan, Team B jauh lebih unggul. Bahkan di evaluasi trainee I, evaluasi trainee II dan battle I, Team B unggul dari Team A. Formasi dance mereka kuat, mereka sangat solid, kompak dan memiliki dua trainee yang outstanding kaya B.I dan Bobby. Tapi kenapa Team B bisa kalah?

Semua yang aku tulis di bawah pure berdasarkan pendapatku yaa. Mungkin ngga semuanya bener. Kalo ada yang salah ya mohon dibenarkan, tapi aku menemukannya berdasarkan pengamatan dan anggapanku kenapa akhirnya Team A bisa menang daripada Team B setelah begitu banyak kekalahan yang mereka dapatkan. Cekidot:


1.       Inki alias famous alias popular.
Orang akan menilai dari kesan pertama, (mungkin) sama seperti saya yang melihat Team A memiliki Seunghoon dan Seungyoon yang lebih dulu punya ‘nama’ di industry music korea, saya jadi menaruh pilihan dari mereka. Apalagi seungyoon udah mulai debut solo, ngga salah kalo dia udah punya penggemar setia yang bakalan milih Team A.
Sedangkan Team B memiliki B.I yang pernah berduet dengan MC Mong. B.I emang bakatnya ngga diraguin lagi deh. Pas tahu dia 96 line aku langsung nganga lebar, gimana anak yang umurnya beda 5 tahun dari aku punya kemampuan gila banget gitu yaaa? *yaiyalah emang kamu siapa cha? Wkwk* pantes banget dia dapet julukan the next G-Dragon gara2 kemampuannya diatas rata2. Tanpa mikir panjang, CEO YG pun memilih B.I sebagai leader. Sedangkan Song Mino yang menjadi leader Team A sebelum akhirnya digantikan Seungyoon.

Sedikit membahas pergantian leader di Team A, dari awal aku liat song mino emang kurang cocok jadi leader ya. Soalnya mino itu tipe yang kalo kamu ngga setuju sesuatu kamu musti nyari penyelesaian menurut pendapatmu, dengan nada yang menyudutkan. Disaat genting, hal kaya itu justru bikin team jadi makin panas. Beda sama seungyoon yang dari awal meski dia bukan leader, dia terus nyemangatin team nya, selalu bilang kalian udah ngelakuin yang terbaik dll. Oleh karena itu setelah pergantian leader, team a jadi dapet feel dan mendapatkan kemenangan.

2.       Caracter
Kalo boleh aku bilang, karakter masing2 member team A lebih kuat ketimbang team B. team B itu kompak, mereka udah punya jati diri(?) dalam music yaitu hip hop, tapi karakter mereka ngga se random(?) team A. jadi Team B itu punya pusat otak(?) B.I. B.I yang ngehandle koreo sampe aransemen lagu, dengan bantuan Bobby. Dan yang lain sangat kompak bisa ngewujud in idenya B.I. bahkan kalo lagi latihan koreo, B.I udah kaya mentor yang marah2in membernya kkk
Lain dengan Team B, Team A punya tugasnya masing2. Kang Seungyoon bikin melody, Taehyun bantuin aransemen, Mino nulis lirik, seunghoon bikin koreo sama konsep. Kadang juga Seungyoon bikin lagu, yang lain bantuin bikin lirik dan blab la bla. Dari segi sifat pun keliatan banget ya, kaya Jinwoo yang paling tua tapi sebenernya childish(?), taehyun yang diem2 cengeng, seunghoon yang keliatan diem (kalo lagi serius sih diem, tapi kalo lagi becanda ternyata….) sama mino yang super koplak.
Team B juga punya karakter yang macem2, sayangnya di WIN ngga terlalu keliatan. Mereka terlihat bersenang2 semuanya(?) dan 3 member baru team B ngikutin 3 member terdahulu jadi semua terkonsep dengan cepat. Belakangan di Mix and Match baru keliatan banget. Yang paling menonjol sih si Junhoe yang sangar(?), sama Jinhwan yang melankolis. Kalo bobby sama yunhyeong beneran jadi moodmaker xD, B.i Super galak, Chanwoo sama dongdong(?) penurut, dan dua lainnya saya nokomen ._.
(Kalo dari pengamatan saya) dalam variety, Team A lebih keliatan dramatis, sedangkan Team B lebih keliatan natural. Itulah kenapa di acara WIN, Team A sering diliatin sibuk berdiskusi sedangkan Team B lebih sering diperlihatkan sedang sibuk latihan. Dalam hal latihan, Team B lebih keliatan menarik. Sedangkan dalam hal obrolan, Team A yang lebih entertaining. Ini juga bisa jadi factor mereka menang, soalnya penonton cenderung mengenali team yang punya karakter lebih kuat dan lebih entertaining. Menurut saya lho yaa.

3.       Self Composed Song
Ada yang bilang Team A unggul dalam kategori sing, Team B unggul  kategori dance. Tapi kenyataannya team A sering kalah dalam hal keduanya. Menurutku sih bukan karena team A nyanyi sama ngedance nya jelek ya, Cuma mereka ngga sekompak team B aja. Apalagi team B udah jelas hip hop, sedangkan team A lebih luas jadi lebih bervariatif dalam ngangkat tema.
Tapi dalam hal membuat lagu, Team A lebih unggul. Lagu yang dibikin kang seungyoon selama di WIN lebih easy listening. Kalo kata juri sih, liriknya entertaining dan komposisi lagunya pas dari awal sampe klimaks. Sampe CEO YG bilang mau masukin lagu itu di album, dan akhirnya dimasukin beneran (smile again). Lagu kedua mereka yang dibawain pas final stage juga dapet respon bagus, bahkan tablo bilang langsung pengen download itu lagu wkwk
Tapi ngga bohong, waktu pertama kali denger dulu aku langsung geleng2 dengernya. Lagunya easy listening banget. Apalagi liriknya bisa bikin kita mood kita naik. Ngga salah sih akhirnya mereka menang.
Ngomongin Tim B, lagu yang mereka bikin hip hop abis dan juga menyentuh. Tapi untuk acara WIN mungkin belum bisa mengambil hati penonton. Itulah kenapa setelah WIN berakhir kemudian mereka belajar lebih banyak dan bikin lagu yang super swaaaggg sampai akhirnya jadi lagu title di album WINNER dan mendapatkan all kill di berbagai chart. Daebak!

4.       Kalah berulang kali
Terus menerus kalah juga bisa jadi keuntungan wkwkw. Selain membuat mereka bekerja lebih keras, juga jadi bikin pendukungnya lebih on fire(?) buat ngasih dukungan. Soalnya dari penilaian expert, team B selalu unggul. Karena itulah penggemar team A semakin ingin membuat idolanya menang kemudian balas dendam wkwkwk.
Setiap kali dilakukan voting, team A selalu unggul. Ini juga ngga terlepas dari poin pertama tadi yaa, tapi kekalahan mereka juga bisa jadi alasan xD

Naaah itulah beberapa alas an yang menurutku akhirnya membuat team A menang sebagai winner. Melihat bagaimana respon CEO YG, sejujurnya aku beranggapan kalau seandainya Team B yang menang sebagai WINNER, mungkin sekarang ngga bakalan ada iKON. Yakin wes. Dari awal udah keliatan YG pribadi lebih memilih team B (walau dia melakukan semuanya secara adil) karena Team B memiliki kemampuan yang jauh ketimbang team A. tapi balik lagi ke pasaran, semuanya pemirsa yang milih jadi selera pemirsa yang menentukan. Kalo waktu itu Team A yang kalah, mungkin mereka bakalan bubar sekarang, ngga bertahan. Seungyoon bahkan bilang team A akan 100% bubar, dan Jinwoo bakalan mencukur rambutnya (pergi wamil) kalau mereka kalah. Lagian Team B lebih kompak juga kan? Mehehe


Jadi debut Team A adalah sebuah takdir yang terbaik bagi keduanya (buat Team B juga), soalnya cepat atau lambat udah ketauan Team B juga pasti bakalan debut (dalam formasi yang sama bahkan) mhehe. Cuma nambah 1 formasi, si unyu chanwoo kkk. Bener kata Daesung, debut team A maupun tim B itu Cuma masalah waktu. Seperti bunga tertentu yang mekar di musim semi atau di musim lainnya. Lagian waktu setahun bagi tim B menerima kekalahan bisa bikin kemajuan yang pesat banget buat mereka.


Udah ah, banyak banget saya ngebahas winner. Semuanya totally opini saya ya, boleh setuju boleh tidak Buat readers yang pengen ngersepon, silakan tinggalkan di kolom komentar. Makasih udah mau baca. Ppyong!


Originally posted by icha ichez
Shared By: ichaichez.blogspot.com Dont Forget to Full
Credit if You Wanna Respost!

6 comments:

  1. mostly setuju sama kak icha^^ bersyukur banget dengan semua hasil yang ada :D
    dan akhirnya semua penantian pun tercapai hingga iKON bakal debut :') *lonjak lonjak*

    ReplyDelete
  2. Hai, salam kenal :) Seneng nih ketemu Shawol yang kepincut Winner, jd pengen share.
    Btw saya Shawol juga. Ngelirik Winner karena Lee Seunghoon yg sekilas mirip sama ultimate bias Kim Kibum!!! :D
    Mungkin faktor utamanya Inki.Tapi buat saya yg pertama liat mereka di Final Battle dan ga tau kepopuleran Seungyoon Seunghoon, saya tetep tertarik sm team A. Karena mereka punya warna sendiri, terutama pas sesi dance di Final battle, bener2 warnanya 'Winner'. Team B emang Hiphopnya kuat banget, rapnya double B paling top, tapi sekarang banyak banget rookie yg debut dg konsep Hiphop. Itu kenapa Team A itu beda. Karakter tiap member team A jg beda, buat performance, mereka punya ‘tempat ‘ masing2, jd tiap member keliatan. Dan mungkin karena di team B hampir semua dihandle B.I Bobby, jd yg ‘keliatan’ cuma mereka doang ditambah Jinhwan.
    Team A lebih dramatis dari team B? LOL, bener! Butuh waktu yg panjang buat team A nemuin warna yg cocok buat mereka, sedangkan team B udah perfect dari awal. Kaya kata GD ‘Because they’re so perfect, there’s nothing exciting about them. For team A, they’re flawed but they’re able to move people. They’re a little more interesting.’
    Tapi kurang setuju sama ini ‘Team B memiliki kemampuan yg jauh dibanding team A’. Team A is full of talented person. Dari 5 orang, 4 orang bisa nulis lagu. Lagu seungyoon sm Namtae yg easy listening, sama lagu mino yg unik. Apalagi team A punya si Idea bank Lee seunghoon, yg dapet julukan Artist dr JYP, Smart Kid dr BoA, dan Genius dr YG. Seunghoon bener2 ciptain choreography nya sendiri , choreographynya di final battle sampe dipuji penyanyi aslinya 
    Tapi akhirnya Happy Ending karena IKON jg debut *yeay*. Dan melalui mix and match jg tiap membernya jd lebih dikenal .

    ReplyDelete
  3. gileee...luar biasa analisisnya Cha :) keren.. niat bnget buat ngulas winner :)
    anwy,,,makasih bnyak ulasannya :)... kmu sdah bkrja kras. hehe

    ReplyDelete
  4. Telat kaya'nya,aku baru baca post kakak. aku aja yg YG stand belum bisa ngereview ampe sedetail2nya kayak gitu. Daebak!! :D

    ReplyDelete
  5. numpang coment,,,,emg btw aq cm liat win episode 4 sma 10,,hoho,,itupun baru aja liat hahahahah,,,
    pertama cuma pengen download video trus nemu battle YG vs JYP di episode 4,,jadilah browsing tentang win hingga akhirnya mutusin download episode 10,,,,
    btw krna aq g nonton episode lainnya (makhlum sya bkan YG stand atopun yg lainnya,sya hanya ska bbrapa boy and girl group scra random) jd g tau tentang kalah2nya team A,,,
    untuk kedua team..wow mereka hebat,,amazing,,itu yg trlintas prtama kali,,,sya jg g dukung team manapun,,,cma pnasaran sma kmampuan mereka,,hahaha,,,
    klo menurutq pribadi,,,dn ini cm brdasarkan final battle,,jdi jgn benci sya klo qt g sependapat,,,untuk aransemen lagu dn buat lagu sya lbih suka milik team A,,entah itu krena mreka tampil duluan atau apa,,pokoknya sekali denger dan liat mreka wktu nyanyi jdi ikut nyanyi dan joget2 smbil histeris, jgn dibayangin ya,,,wlopun aransemen tema B lbih dri kata bagus,,tpi masih ngena team A,,,untuk dance,,ceileh,,,mungkin team A pnya warna yg beda kali ya,,sperti pndapat kalian,,dancenya bagus,,tapi team B kompak bgt,,,gila bener,,yg liat itu loh gemes,,pngen ikut ngedance disana,,powerfull,,,energic bgt,,awesome lah ya,,,
    dan terakhir composing lagu,,,sya rasa seong yun bner bner brbakat lagunya ihwaw,,,bikin nganga,,ini bner bner lagu mreka,,,daebak,,,
    lagu team B g kalah keren...menyentuh bgt,,,tpi mungkin udh mainstream kli ya disana,,,g tau jg sih,,,
    bahkan stelah nonton final battlenya lngsung download deh single final battlenya,,dn entah knpa semua temen2 yg dnger mp3nya lbih suka lagu dan aransemen team A(disini mreka sma sekali g tau Team A dan Team B,scara mreka bkan k-popers kkkk),mgkin lbih easy listening atau gmn,,smua pda gyang gyang kaki dn ikut nyanyi klo sya puter mp3nya,,,jdi mnurut sya,,,alasan mreka menang bkan krna populernya aja ya,,ini brlaku bgi saya yg tdk tau apa2 tntang mreka yg prnah debut,,,sekali liat Team A dipanggung saya langsung liat si Tae Hyun emg brbkat buat tmpil di Stage,,gerakannya selalu enak diliat,body languagenya klo nyanyi itu lo udah kyak idol bneran hahaha,,ekspresinya pas,,wlopun personally sya krang suka sm dia(bkan benci ya,tpi bkan biasq,,abaikan),,Si Minho yg super keren bgt klo diatas panggung,,,sma seung yon yg suaranya bagus, seunghon yg lucu dan keren , dan jinwoo (ah yg stu ini sya g trlalu mrhatiin) mreka jadi paket khusus klo dipanggung,,,jadi klo mreka menang ya wajarlah,,,mgkin klo team B yg mnang sya juga blang wajar aja,,scara mreka kompaknya g ketulungan,,daebak,,mreka kaya sehati gtu diatas pnggung,,keren keren deh,,suaranya junhue jg bgus bgt,,suka wktu bagian dia nyanyi,,haha,,apalgi BI n Bobby,,,ah aq padamu,,,buat lagu mreka suka bgt,,tpi ada yg kurang pas,,entah dibagian mananya,,kyak kurang ngrasa klimaksnya,,,,tpi swear aq ikutan nangis dengernya,,pdahal tau artinya jg dikit,,mngkin baper kali ya,,suka bgt pas part jin hwan n junhue,,,
    jadi siapapun yg menang itu semua krena bakat mereka..,mreka semua hebat,,,sya dukung dua2nya,,,personally dr 11 org sya paling suka BI lalu Minho,,next Bobby,,,bru slanjutnya jin hwan,junhue n seungyon,,,,
    inget ini cm pndapat sya,,yg mngkin amatir dlm dunia k-popers,,,mohon jgn dimasukin kehati klo ada salah kata ataupun yg g sependapat,,,
    tetep GD n taeyang yg ngisi hati,,hoho

    ReplyDelete
  6. Boleh ikt comment? Tp maaf klo agk mnyudutkan salah satu...
    Tiap kali YG Ndebutin artisnya siapapun.. q psti lgsg suka.. termsk winner dan ikon.. blm bisa nentuin bias yg mna.. ikon debut kmrn jg lgsg suka.. trus cari2 info dan buka2 lg ttg WIN.. dri situ malah jdi suka bgt sama winner... walaupun d babak 1-3 team a selalu kalah,tp koq lagu2nya malah easy listening bgt ktimbang team b.. dan puncaknya.. pas final... dri choreo,self composing sma lupa arransment ulang keren bgt deh team a.. lgsg nempel di otak saya... makin ksini jg trnyata mereka itu serba bisa... Pun dalam masalah pembagian part di setiap lagu2 mereka,selalu seimbang... jadi harmonisasinya berasa bgt..
    Jujur bgt,beda sama ikon, pertama kali denger mereka di album baru ini,emang keren2... tp bagian untuk beberapa anggota lain (spt chanwoo) terlalu dikit.. g seimbang.. terlalu byk partnya bi klo mnrtq... smoga di lagu2 mndatang lebih seimbang... soalnya sayang bgt.. lagu bgs,suaranya pun bagus tp klo salah salah satu anggota cma kebagian di part na na na nya doank kan kasian... berasa g di anggep... pokoknya sukses buat k 2 team... hwaiting!!!

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...