Monday, 24 June 2013

Bagaimana menurutmu SHAWOL?

Sebelumnya perlu diketahui kalo aku NGGA MAKSA kalian buat SETUJU dengan apa yang aku tulis disini. Semua yang aku katakana berupa OPINI. Jadi buat yang baca, aku akan sangat berterimakasih kalo kalian juga mau mengeluarkan OPINI kalian di kolom komentar. Dan postingan ini dibuat BUKAN untuk saling bashing antar fandom/fans, jadi tolong tetap berfikir positif. TERIMAKASIH ^^

Akhir2 ini mulai banyak ya bashing2 antar fandom yang ujung2 nya ngejelek2in fandom lain? Kalo buat kalian sendiri, tau bias kalian di bashing apa yang bakalan kalian lakukan? ini jadi pertanyaan dasar buat hal yang pengen aku bahas selanjutnya.

Jadi ada salah seorang temen dif b yang tiba2 update status mengenai hal diatas. Dan kali ini dia ngebahas exo fans : *buat exo fans, aku ngga bermaksud nyinggung ya~



Ada hal yang aku garis bawahi diatas. Soalnya inti dari status itu sebenernya ngajak para shawol buat ‘ga diem’ dengan cara belain SHINee kalo SHINee di bash sama fandom lain (contoh diatas: exo fans).
Sebenernya aku juga seriiiing banget nemuin fandom2 lain yang ngebash SHINee, dan aku juga udah seriiiiiing banget nemuin SHAWOL yang BELAIN SHINee gara2 SHINee dibash sama fandom lain. Ujung2nya jadi apa? Yap, fanwar.

Setiap kali aku nemu komentar negative tentang SHINee, aku bakalan diem aja. Mungkin malah ngakak2 karena apa yang mereka omongin biasanya ga bener. Tapi setiap kali aku nemu SHAWOL yang bikin status (semacam diatas) yang ngajakin shawol lain buat belain SHINee ato justru ikut2an ngebash fandom lain aku justru ga bisa diem. Karena bagiku shawol itu udah kaya keluarga, sedangkan fandom lain adalah temen. Aku bakalan lebih milih negur saudaraku sendiri daripada negur temen yang NOTABENE ADALAH ORANG LAIN.

Tapi pasti muncul pertanyaan, APA SALAHNYA MEMBELA BIAS SENDIRI?

Sebelum aku jawab, lanjut kita liat komen2 yang aku tulis di status itu.


Oke untuk kalimat terakhir aku ngaku SALAH karena nge judge orang lain seenak udel -_- tadinya aku ngira orang yang nulis ini masih ABG alias umur belasan, tapi ternyata dia udah 26 tahun sodara sodara~
Disitu aku Cuma mikir, sebenernya aku MAU AJA NGEBELAIN SHINEE tapi aku MIKIRIN GIMANA KONSEKUENSI YANG BAKALAN SHAWOL DAPET NANTINYA. Jadi kupikir jangan mematikan api dengan api(?).

Aku selalu inget gimana kedekatan hubungan artis2 SM termasuk EXO dan SHINee, mereka tuh akur banget. Bahkan KAI sama TAEMIN aja sahabatan, terus ngapain juga kita fansnya saling berantem? Kalo seandainya EXO FANS ngebash SHINee, sama aja mereka mempermalukan EXO sendiri kan? Karena bagaimanapun juga SEORANG ARTIS PASTI GA MAU FANSNYA SALING BASHING, apalagi ngebash artis yang udah deket sama mereka. Inget, SM Biased (di Indonesia) itu (entah kenapa jadi) fans yang paling susah akur, paling sering, bashing, paling sering fanwar. Dan Shawol? Udah sejak dulu dikenal fans antifanwar karena mereka selalu berkepala dingin dalam menanggapi masalah.
Kemudian orang itu bales komenku lagi (orang yang update status):


Aku GA BILANG apa yang dia tulis itu salah. tapi aku kurang setuju sama kata2 yang aku garis bawahi. Karena EXO dan EXO FANS itu BUKAN orang yang sama. Disaat EXO FANS berulah, itu yang melakukan EXO FANS, bukan EXO. Kenapa jadi shawol ga boleh suka ama EXO? Ini bukan berarti aku belain exo ato juga bukan karena aku jd suka ama exo ya, BUKAN. Tapi ini juga berlaku buat semuaaa fandom. Semisal itu suju ato snsd, aku juga bakalan membela mereka karena mereka itu bukan orang yang sepatutnya disalahin, tapi fans yang ngebash yang salah. Jadi kita ga bisa maksa2 orang lain buat ga suka sama satu bias. Karena itu hak masing2. Multifandom ato engga ya terserah, tapi kalo fandom2 yang mereka punya tiba2 fanwar yaa mereka sendiri kan yang ngerasain?
*catatan: fandomku cuma shawol yaa~

Terus aku nulis komen lagi :

*maaf buat elf sama sone, tapi ada SEBAGIAN yang emang aku temuin sering fanwar*

Seperti yang aku garisbawahi, diam bukan berarti kalah. Mereka boleh aja ngerasa mereka yang menang, ato boleh aja (seperti yang dia tadi bilang) mereka jadi ngelunjak. Tapi kalo kita ga memperpanjang masalah, pasti juga situasi ga akan rumit.

Semisal kita membela (seperti yang dipinginin orang yang update status ini), mungkin kata2nya bakalan kaya gini ya :


Ini aku dapet di kolom komentar, masih di update status-an orang yang sama, tapi yang nulis shawol2 lain. Ada yang bilang musti bikin mereka jera, ada juga yang bilang exo baru dapet award seupil -_- kemudian pertanyaannya adalah, setelah membaca ‘pembelaan’ yang seperti diatas apakah exo fans bakalan diem aja? Kemungkinan besar mereka juga bakalan MEMBELA bias mereka lagi dong? Kemudian shawol juga ga bakal ‘diem’ aja dan kembali membela. Membela lagi lalu lagi dan seterusnya dan seterusnya…. Ending2nya bakalan jadi perdebatan antar fandom dan saling mencari kesalahan bias masing2 (ato kata lainnya bashing). (sayangnya) Untuk fandom lain yang ngebaca, akan menyebut hal diatas dengan FANWAR.

Aku bisa bilang kaya gitu bukan karena sok tahu, tapi karena hal itu seriiiiinggg banget terjadi. Dimulai dengan salah satu fandom yang ngebashing fandom lain, fandom lain ga terima dan berlanjut hingga fanwar. Karena bagaimanapun juga sebuah fandom itu ga Cuma terdiri dari satu atau dua orang tapi BANYAK. Dan orang2 yang BANYAK itu juga punya BANYAK pendapat. Itulah kenapa fanwar bisa begitu cepat terjadi.


(membahas komen diatas) Sebenernya aku diam BUKAN KARENA AKU TIDAK PERNAH NGERASAIN APA YANG DIA RASAIN. Aku juga UDAH PERNAH ngerasain apa yang dia rasain tanpa menunggu dua bulan, tiga bulan, atau satu tahun lagi -_- aku juga kesel sekesel keselnya. Aku juga pengen bashing sana sini. Tapi semuanya ga pernah aku lakuin. alasannya? Seperti yang aku tulis di bawah komentar sang pemilik status.

Belajar dari SHINee yang bisa bertahan dari haters, kenapa shawol engga? SHINee pasti pernah menerima bashing yang (bahkan) lebih parah dari yang kita baca. Mereka tidak buta, mereka juga pasti menemukan komentar2 negatif entah yang ditulis lewat jejaring social, fancafe ato bahkan secara langsung. lagian bashing lebih sering mengarah ke artisnya ketimbang ke fansnya. Jadi pasti SHINee ngerasain kesel berkali2 lipat dari shawol kan? Tapi apa pernah kalian liat member SHINee ikutan bashing fans lain? Ato melakukan pembelaan?

Jika kalian mikir “Karena SHINee ga bisa melakukan pembelaan, harusnya kita sebagai fans justru belain dong.” Aku GA BILANG pernyataan itu salah, tapi aku PRIBADI KURANG SETUJU. Kenapa? Karena SHINee sendiri menyelesaikan masalah bukan dengan cara yang kaya gitu, melainkan mereka justru berlatih lebih keras dan meraih prestasi lebih banyak untuk membuktikan kalau yang dibilang orang lain itu salah. Dan kita sebagai fans bisa melakukan cara yang sama dengan membuat SHINee bangga. Dukung mereka supaya mereka bisa membuktikannya. Kupikir SHINee juga jauh lebih senang ngeliat fansnya mendukungnya dan ‘berteman’ dengan fans lain daripada harus memiliki hubungan yang ‘kurang nyaman’ dengan fans lain. Jika fans lain yang memulai, kita harus mengakhirinya lebih cepat dengan TIDAK MEMPERPANJANG MASALAH.

Kemudian si empunya status kembali menulis komen terakhirnya seperti dibawah.


Aku berkomentar yang berlawanan dengan ‘dia’ BUKAN BERARTI AKU NGGA NGERTI KENAPA DIA MARAH. Udah kubilang AKU JUGA NGERTI APA YANG DIA RASAIN KARENA AKU JUGA NGERASAIN, tapi aku memilih buat ngasih tanggapan yang berbeda (dengan cara diam). ITU AJA.



Sedikit kecewa sih pas dia bilang dia udah senang jadi shawol selama 4 tahun dan itu BERAKHIR sampai ‘mereka’ datang. Sayang banget kan? 4 tahun itu bukan waktu yang sebentar. tapi masa Cuma gara2 bashing yang ga bener, kebahagiaan jadi shawol musti BERAKHIR gitu aja?

Dan meski aku udah ngomong panjang lebar berlembar-lembar dan berbusa kaya gini, semuanya kembali lagi ke pemikiran kalian masing2. Seperti yang aku tulis di awal, aku GAK MAKSA KALIAN BUAT SETUJU dengan apa yang aku tulis. Aku justru lebih seneng kalo kalian mau nulis pemikiran kalian di kolom komentar. Setuju ato ngga setuju tetep aku tunggu ya komennya ^^

Thanks for reading!

15 comments:

  1. setuju banget sama pendapat kamu, cha.. *eh boleh kan aku manggil gini? hehehe*
    ngerasain kesel karena ada yg bash SHINee udah pasti, tapi lebih baik diem dan ga memperpanjang masalah. bahkan bisa dijadiin pelajaran buat bisa jauh lebih sabar..
    contohnya aja waktu kasus Onew-Jung ah. banyak yg ngebash Onew dan pasti ada shawol yg ngedukung. tapi ujung2nya fanwar. dan yg ga dipercaya, bahkan sampe ada shawol yg bilang udah ga gitu respect sama sang leader -_-
    menurut aku, umur atau berapa lamanya seseorang menjadi salah satu fans, ga jadi patokan dia udah 'dewasa'. aku pikir yg selama ini fanwar tuh yg masih 'muda', tp ternyata ga..
    ya balik lagi ke diri masing2 gimana menyikapi suatu masalah. dan gimana mereka memahami situasi. aku selalu liat komen yg bashing itu sebagai masukan aja (yah ga mungkirin aku jg kesel). but keep positive thinking, keep calm and love SHINee (^o^)9

    ReplyDelete
  2. Karena aku Shawol dan aku juga seorang anti suatu grup (anti yang sehat, bukan yang suka ngebash), banyak fans grup itu yang jelek jelekin SHINee di depan aku kalo mereka nanya aku suka grup itu atau nggak dan aku jawab jujur. Kesel sih, karena aku selalu nahan diri buat nggak ngebash atau bilang hal jelek yang gak bener tentang grup itu. Indeed, perasaan "pengen ngebela SHINee" pasti ada. Secara aku Shawol gitu. Tapi aku selalu mikir gimana kalo suatu hari member SHINee tau Shawol ngebash fandom lain. Sedih? Pasti. Kecewa? Banget.
    So, jangan bikin SHINee kecewa lah. Sekarang jaman udah maju. Ada yang bash? BLOCK. Masalah selesai. Orang itu gak akan muncul lagi dan kamu gak malu maluin fandom kamu. Kalo emang gak bisa di-block, biarin aja. Ntar kalo fandom lain liat juga dia malu sendiri.
    SHINee emang shining. Tapi jangan shining karena api amarah fandomnya dong. Tetep pertahanin "Shawol adalah fandom yang selalu berkepala dingin". Itu api dikepala matiin dulu. Jangan bash kalo gak mau dikenal sebagai basher.
    Just my honest opinion. Kalo gak setuju yaudah aku tetep happy kok~ ^^

    ReplyDelete
  3. Tugasnya seorang fan itu nge-support idolnya, ngedukung apapun yg dia lakukan bukan bikin jelek image seorang idol di mata fans lain. Kalo menurut gue, masalah macam gini malah bikin idol kita jelek di mata fandom lain. Kalo gue sih, lebih baik gue fokus sama diri gue dan idol gue dari pada ngurusin fandom orang. Banyak hal yg lebih bermanfaat yg bisa kita lakuin sebagai seorang fan.

    ReplyDelete
  4. hai kak, ini aku benernya udah follow blog kakak dr berbulan2 yg lalu, tp akunya gapernah buka blog jadiii... baru nemu aja postingan kakak :) sambut kedatanganku dgn baik ya kaaak...
    (oke mulai komentar) aku setuju sm apa yg kakak bilang, setuju banget malah. aku ini MULTIFANDOM loh :) ELF, exostan sm inspirit (dan nggatau lg kalau nambah =DD).. ya nggak nyalahin jugak sih kalau kakak bilang 'tp kalau tiba2 fandom yg mereka punya fanwar, siapa jg yg ngerasain?'... aku rasa emang state itu bener. tp lagi2 itu hak asasi kan? bismillah aku bisa nahan diri dr fanwar2 semacam itu =) lagian mereka punya skill yg bagus banget dan aku udah terlanjur jatuh hati. eeeeh SHINEE JUGA PUNYA SKILL BAGUS KOK KAK, aku jg suka shinee. tp kembali pd pribadi masing2 kan? hak asasi, aku tau ELF itu fandom yg sering banget fanwar-_- tp aku gasuka fanwar. SANGAT SANGAT NGGAK SUKA. makanya tiap kali ada yg kayak gitu (semacam fanwar) aku diem aja. bukan berniat untuk nggak belain, tp kalau kita ngebela, fandom lain jg pasti ikut ngebela dan ujung2nya terjadilah fanwar-_- aku menghargai grup lain dan jugak fandom lain kok, sangat sangat menghargai. dan aku BERHARAP mereka juga menghargai fandom kami... cukup itu aja. selama ini aku rasa aku support mereka, walaupun mgkn supportku msh kurang kalau dibanding sm fans lain yg lebih waaaah gitu yaaa.. (baca: beli all album, nnton konser kemanapun mereka konser)
    KITA TEMAN KAK. KITA TEMAN!! =)) ini opiniku kak =)) mgkn kalau ada yg kurang berkenan mohon dikoreksi kak.. yg jelas aku nggak suka fanwar. udahlah hidup tentram aja. sesama fandom ataupun enggak pokoknya keep supprot buat idola daaaaan jangan ngejelekin yg lain. saling menghargai aja lah =)) terimakasih

    ReplyDelete
  5. Hi Kak..Setuju banget dengan tulisan kakak nih.. Kita diam bukan berarti kita ngak perduli, Tapi karna kita ngak mau masalah jdi mkin besar. Intinya... Selesaikanlah masalah tanpa masalah.. xD

    ReplyDelete
  6. sebenarnya hatiku loncat sani sini mbak icha,,, di sisi lain, aku ngangguk buat komentar kakak shawol yg 26 tahun itu,, di sisi lain aku juga ngangguk2 sama komentar mbak icha,, mungkin boleh di bilang aku labil, tapi yaaahhh setelah di resapi,, ada kalanya bersuara itu perlu, ga selamanya diam itu emas,, klo aku menempatklan SHInee sebagai Kakak-kakak"ku yg bukan artis, contoh deh mereka pemain sepak bola PERSIB (karena aku orang bandung, but ini cuman contoh) hal ini ga jauh beda sama kyak viking/bobotoh yang ga akan akur sama the jack, padahal aslinya para pemain persib dan persija mungkin berteman baik., tapi fans'nya ga bisa berteman baik, kenapa? karena SELERA atau KESUKAAN atau lebih tepatnya IDOLA mereka berbeda,, karena setiap konflik hadir karena adanya perbedaan..
    jika aku berada di satu titik dimana aku melihat atau mendengar, kakak-kakak'ku di hina, di caci maki, di marahin sama orang yg ga suka sama mereka, tentu saja tandukku bakal keluar, tanpa fikir panjang aku bakal balik teriakin mereka dan bela kakak"ku habis_habisan sampai suaraku habis, sampai nangis meraung-raung ga jelas, sampai kuping orang itu panas, sampai aku puas sepuas-puasnya.. MESKIPUN pada kenyataannya adu pendapat tidak akan pernah ada hentinya. BUT seengganya aku udah merasa lega karena setidaknya, yaaahh dalam arti lain aku sudah membela kakakku.. walaupun kakak"ku ga minta, walaupun mungkin kakak"ku ga berharaf aku melakukan itu, tapi sebagai adik, masa iya aku diam aja? terima gitu aja? jujur aku bukan orang yang bisa duduk manis menahan emosi dan sakit hati.. setidaknya aku ingin orang itu tahu bahwa kakakku, memiliki adik yang akan siap membela mereka.. setiap orang memiliki hak untuk membela dan di bukan? tersangka aja yg udah di cap salah, masih punya hak untuk di bela...
    TAPIII.... itu jika aku dalam keaadaan BELUM BELAJAR DARI PENGALAMAN..
    mungkin jika suatu ketika kakak"ku di caci maki lagi, hal yg aku lakuin mungkin sebaliknya, cuman meletin lidah sambil buang muka :p biarin aja itu orang ngamuk-ngamuk kayak orang gila, soalnya klo aku balas, aku sama gilanya kayak orang ituu hahaha xD
    masalah memang ga bisa diselesaikan cuman dengan beradu pendapat, tapi dengan beradu pendapat seengganya kita bisa mengeluarkan pembelaan kita..
    aku bisa bilang kayak gini karna aku adalah shawol yang pernah ngalamin polemik dari kedua masalah di atas,, dan juga pernah ngelakuin keduanya..
    aku ga mungkin bisa setuju dengan salah satu klo aku belum pernah ngalamin kedua hal tersebut.. setelah aku ngalamin keduanya, baru aku bisa menyimpulkan sendiri mana jalan keluar yang baik, yang memberi manfaat bukan masalah.. aku mencintai SHINee tanpa paksaan, dan akupun mendukung SHINee tanpa paksaan.. cara dukungan kita mungkin berbeda-beda.. tapi yang kita cintai sama.. URI SHINEE :)
    diam ataupun beradu mulut, itu bukti karna kita mencitai SHINee.. mana yang akan kita pilih, tergantung apa yang menurut kita baik...
    mbak icha, terimakasih atas topiknya... aku tersedu-sedu sambil menggebu-gebu membacanaya... saranghae mbak icha... SHAWOL HWAITING...


    Metha Sun Shinee^^

    ReplyDelete
  7. SM STAND emang susah banget akur. Dan setahuku yg sering fanwar ya ELF dan yg paling kalem emang SHAWOL. (Sorry, aku bukan ELF bukan Shawol, tapi Yesung sama Key masuk 3 ultimate biasku)
    Aku sih senengnya fanwar sama twibi&twiboy HAHHAA tapi kalo fanwar fanwar di kpop world sih gapernah XD
    Dan aku emng gasuka banget sama yg ngerasa PURE FANDOM dan sering ga terima kalo member fandom itu suka sama grup lain HYAHAYAA
    Pengen komen panjang panjang..... Tapi yaaaa sudahlah ._.

    ReplyDelete
  8. waaaahh sebelumnya terimakasih banyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkk untuk semua yang membaca apalagi dengan sangat baik hati meninggalkan komentar.
    maap ga bisa bales satu2, tapi semuanya aku baca dengan seksama dan selengkap2nya.
    sekali lagi gomawo.
    setidaknya semua pendapat yang ditinggalkan disini menjawab postinganku ini.
    *hugs*

    ReplyDelete
  9. hahahahaha.... eonnie, iya banget eon! kadang suka gak ngerti ama orang yang kayak gitu.. terus maunya dia megang fandom tuh apa? cuman mau numpang nama ama bikin jelek nama fandom terus ninggalin tuh fandom? benci banget deh sama yang begitu...
    aku sih kalo ada fanwar (terutama kalo nyangkut syaini) aku diem aja, nontonin mereka. sebenernya kalo dibilang kesel pasti ada, cuman aku tuh kalo ada yang begituan mikirnya, "Ngapain ikutan begituan. ujung-ujungnya cuman dapet capek ama esmosi doang, dan gak akan berakhir dengan siapa yang menang dan siapa yang kalah."
    hahaha ya gak eon? fanwar tuh gak akan berakhir seperti pertempuran yang berakhir dengan kemenangan dan kekalahan. ngabis-ngabisin waktu. mending pengerling, liatin babang syaini. apalagi si dedek yang makin ganteng... hoho

    ReplyDelete
  10. menurut pendapat aku sih eon, diam itu emas, bener bgt itu kalo 'diam bukan berarti kalah' ya daripada nanggepin orang yang 'ngejelek-jelekin' trus ujung-ujungnya fanwar kan galucu~ yaa maunya sih fansnya akrab akrab aja sama kaya idlonya

    ReplyDelete
  11. setuju banget,ngebales api dengan api memang bukanlah suatu hal yang dewasa,namun balaslah dengan air,karna dimana-mana kelembutan jauh lebih baik dan disanjung daripada kekerasan,dan shawol pastinya adlah fandom yang lembut. ya kan kak.? ^_^

    ReplyDelete
  12. Exotics emank bikin malu exo.secara aku ini exotics.tapi aku gx pernah "nyerang" shawol.walau aku bukan shawol.kalo kai ama taemin aja bisa sahabatan kenapa exotics gak bisa !? Kalo exo tau semua ini gimana?? Bikin malu tau kalian semua EXOTICS!!

    ReplyDelete
  13. Setuju banget eon!!!

    Kalau kita nanggepin semua bash pake api, ya ga bakal padam apinya. Malah tambah besar dan akhirnya berkepanjangan. Ibaratnya kalau apinya udah besar, susah matiinnya.

    Lebih baik diam. Ntar yang ngebash juga capek sendiri haha :P Daripada berlarut-larut dan nanti masalahnya tambah rumit. Habis waktu habis tenaga, marah-marah, ntar nambah dosa, hehe

    Keep Calm and Love SHINee! SHINee Jjang :)

    ReplyDelete
  14. ehem.. saya baru lihat postingan ini :D dan untuk fenomena diatas aku setuju dengan pendapat kakak. Ya memang kadang kalo ada yang ngebash SHINee (terutama Key -- for me) rasanya itu gemes pengen lakban itu mulut yang ngebash -_- tapi ya kembali ke prinsip awal bahwa aku gak bakalan nyiram bensin diatas api -_- dan menurutku diam adalah satu2nya jalan paling damai :D

    Bahkan saya punya 11 teman dengan fandom yang berbeda-beda (kebanyakan sih exo fans dan yang shawol cuma saya sendiri :D ) dan kalo fanwar exo fans vs shawol kami lebih memilih diam dan gak bahas apapun soal fanwar , karena ya balik ke prinsip awal buat gak saling bashing .. karena seperti bineka tunggal ika :D berbeda-beda fandom tetapi tetap satu juga -- K-pop fans :D

    Oke thanks sudah di ijinkan ngebacot disini.. dan mungkin komennya gak nyambung sama sekali dengan topic nya :D salam kenal qaqa :D

    ReplyDelete
  15. yah emang gitu suka dukanya jadi shawol... kita itu nggak ngajak tapi kita kepancing.. dan demi apa kalo satu kepancing yang lain ikut nimbrug... ini yg bikin saya bingung... emang diem adalah solusi terbaik buat bikin mereka diem nggak berkutik karena merasa nggak ada yang perhatiin tapi banyak juga yang nggak paham arti diem itu sendiri...

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...