Tuesday 7 June 2016

Siapa yang suka baca webtoon?



 



Ha… ha.. ha..
*boleh sambil diputer* 
 


Saya mau ketawa dulu. Udah sekian lama ngga nongol, hampir hilang di bawah bantal(?) disamping guling dan diatas kasur, tau2 sekarang malah tiba-tiba dateng dan mosting curcolan semacam beginian. Yah… anggap saja ini curcol. Lebih bagus lagi ini dianggap opini. Kalo ada yang mau diskusi sukur2, kalo ngga yaudah… yang penting ngga dianggap jadi bahan dasar teori bab II skripsi aja yaa hihihi


Eh mau cerita dulu ah.
Selama ini saya ngilang kenapa? Sibuk apa? Masih inget blog apa engga? Kenapa tiba-tiba nongol lagi? Hm… Yang jelas saya baik-baik aja. Terimakasih. Sekian xD haha, engga ding. Setahun belakangan saya sibuk kerja kawan-kawan. Karena saya adalah cewek berprinsip yang patuh pada dasa dharma pramuka(?), jadinya saya mengisi kesibukan saya dengan bekerja. Eh bukan ding, tapi bekerja penuh dengan kerja keras dan senyuman. Hihihi. Sudah jelas saya ngga akan ngelupain blog ini, karena bagaimanapun juga blog ini udah berjalan hampir 6 tahun. Udah ada 4 juta orang yang mampir kemari (sebenernya Cuma 2 visitor, tapi dia udah berkunjung selama 2 juta kali wkwkwkwk ngga ding!), Lagipula disaat jaman kejayaannya(?) blog ini sungguh sangat popular melebihi Ria Richis. Sayangnya ini blog. Bukan instagram hiks hiks, *nangis di pundak Ahn Jaehyun (ngga papa suami orang).

Udah, kembali ke lepp…top!
Nah kenapa tiba-tiba mau bahas webtoon? Karena disela-sela pekerjaan saya-yang-penuh-dengan-senyuman itu saya sering membaca webtoon. Hihi padahal dulu baca FF, sekarang bacaannya webtoon. Meskipun beda, tapi teteeep aja intinya ngayal ngga jelas wkwk. Cuman kalo webtoon lebih jelas khayalannya, pake gambar. Hehehe.
Eh buat yang belum tau webtoon itu apa dan gimana caranya kalo mau baca, boleh buka playstore (untuk yg hapenya android) dan app store (untuk yg pake ios) nanti cari aja Line Webtoon kemudian download. Dan untuk yang mau baca dari PC bisa buka di webtoon.com. simple kan?
Kalo ditanya kenapa bisa suka baca webtoon? Ehm… sebenernya aku bukan tipe yang suka baca manga atau kartun jepang atau apalah itu yang berbentuk kaya gitu(?). aslinya ngga sengaja, jadi awalnya iseng baca dari web, terus download aplikasi, eh… keterusan! Padahal dulu udah sempet download, tapi aku hapus soalnya belum terlalu tertarik. Tapi sekarang jadinya ketagihan hehe. Kalo boleh dijabarin kenapa harus suka webtoon, ada beberapa poin :
1.       Banyak cowok gantengnya (silakan saja kalian membayangkan bagaimana bentuk cowok-cowok webtoon yang rambutnya merah, biru, kuning atau bahkan hijau, bermata bulat, hidung mancung dan bibir yang cumin garis aja xD)
2.       Bikin imajinasi menjadi yang iya-iya (?) (entah itu dari cerita, karakter ataupun konflik, bisa dipastikan salah satunya akan membuat imajinasimu melayang tinggi)
3.       Bikin penasaran (udah pasti!)
4.       Visualisasi lebih nyata (kalo cumin baca biasanya kita akan punya persepsi masing-masing mengenai bentuk(?) seseorang, nah kalo ini karena ada gambarnya jadi persepsi pembaca akan sama. Belum lagi dengan efek latar dan warna yang macem-macem. Namanya aja dari gambar mah bebaaass!)
5.       Jalan cerita ngga kalah (bahkan karena emang dibantu sama visualisasi, jadi cerita yang kita mikirnya aneh jadi menarik.)


Di Line Webtoon ini ngga Cuma cerita dari webtoon terjemahan lho! Tapi banyak juga yang asli dibikin oleh orang Indonesia, dan kebanyakan justru webtoon local yang popular. Mungkin karena kerasa lebih ‘dekat’ dengan kita kali ya… Nah… di kesempatan kali ini aku mau ngejabarin bberapa perbedaan dari webtoon terjemahan dan webtoon local. Ini cumin dari sudut pandangku lho yaaa. Jadi cumin dari pengamatanku aja. Mungkin kalo ada yang  menemukan hal lain (dari apa yang udah aku tulis), boleh banget ngisi di kolom komen.

Oke, kita mulai dari webtoon local ya. Dari webtoon-webtoon yang udah aku baca, ada satu benang merah (ceilah benang merah, beli di pasar kali!) yang bisa ditarik (ini apaan lagi pake narik-narik). Jadi kalo menurutku ya, webtoon local itu kebanyakan ceritanya kaya novel remaja. Jadi mengangkat hal hal yang ada di sekitar kita, hal yang kita sukai, dan hal yang kita impikan (opo iki!). kebanyakan sih mengangkat tema percintaan dengan para cogan(cowok ganteng) yang masuk dalam dua kategori, yaitu Good boy atau bad boy haha. Good boy itu biasanya dia baik, perhatian, hangat, mau ngasih apa aja, dan romantic…impian cewek banget lah! Sedangkan bad boy nya ya yang dingin, tarik ulur(?) keliatan galak, tapi sebenernya dia selalu ada saat kita butuhin wkwkw. Tapi meskipun begitu, versi webtoon juga akan kerasa real karena manusia ngga ada yang sempurna, biasanya para cowok cowok tadi juga akan disertai kekurangan. Kaya Mas Adimas (MY Prewedding) yang takut kecoa, Elios yang ganteng tapi buta (Flawless), dan Eggy yang polos dan ngga tau apa-apa (Eggnoid). Karena karakter mereka yang bikin melting, kadang-kadang bikin kita jadi galau lebih milih yang mana. Bahkan di webtoon Alice ada tim Ben sama team Sam. Dua duanya sama-sama keren, sama-sama boyfriend material(?) hehe… 

 
Nah sekarang move ke webtoon terjemahan. Ini ngga semua sih yaaa, tapi cumin ngambil kebanyakan. Jadi, (kalo menurut saya lho ya) kalo webtoon terjemahan biasanya mengandung unsure fantasy atau unsure yang unik. Ngga usah jauh2 ya, kaya webtoon Dice, yang nyeritain tentang dadu yang bisa meningkatkan kemampuan seseorang. Emang ngga masuk akal sih. Tapi webtoon yang satu ini seru bangeet. Aku aja yang awalnya ngga suka genre fantasy, bisa baca webtoon ini semalem suntuk dari eps 1 sampe 80 an. Langsung dirapel wkwk. Webtoon yang lain ada juga Winter Woods yang ceritanya tentang mayat hidup(?) wkwk eh jangan salaah, disini mayat hidupnya ngga nakutin kog. Justru polos dan lucu banget kaya eggnoid. Yang lain ada juga kaya Orange Marmalade yang tentang vampire di kehidupan manusia. Ini lebih focus ke romance tapi tetep mengandung fantasy. Ada lagi juga Lookism yang diceritakan punya dua tubuh yang punya penampilan beda jauh.

 
Walaupun yang versi luar lebih banyak tema dan ide yang beyond emagination(?), ngga menutup kemungkinan Indonesia Cuma itu2 aja. Versi Indonesia juga ada yang fantasi kog, kaya eggnoid, sirent lament, nano list dll. Ceritanya juga ngga kalah keren dan seru. Malahan lebih easy reading(?) karena terasa lebih ‘dekat’. Yang webtoon terjemahan juga ngga semuanya fantasy, ada kaya Cheese In The Trap, dan Lucky Romance. Itupun ceritanya juga seru-seru semua.  Ya… karena setiap webtoon beda-beda Negara. Kebanyakan punya cirri khas dari masing2 negara pula. Ini nih yang bikin menarik. Yang dari Indonesia banyak hal-hal yang familiar. Yang dari luar negri pun jadi bikin kita nambah ‘ilmu’ hehe


Itu diaa sedikit ulasan dari saya. Kalo ngga sesuai dengan apa yang dipikirin readers bisa tulis di kolom komentar. Hihi see you…

1 comment:

  1. baca Noblesse juga kak
    dijamin bakal ketagihan ngalahin webtoon-webtoon lain hehe

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...