Thursday 26 June 2014

Sepenggal Cerita Shinee World Concert Jakarta (SWC3JKT)

Annyeonghaseo shawol yang berbahagia dimanapun kalian beradaaa~

Kembali lagi di postingan random favorite saya, setelah sebelumnya menelorkan sepenggal cerita music bank jakarta, sama sepenggal cerita shooting barefoot friends, akhirnya nongol juga sepenggal cerita shinee  world concert jakarta. Akhirnya.
Postingan ini mungkin bakalan superpanjang ngelebihin kajian teori di bab II skripsi(?), jadi buat yang  mau baca jangan lupa siapin siapin kopi sama popcorn biar makin sip. Kalo ngga ada, gorengan atau mendoan  juga boleh(?) #krik
 
Sebelumnya, aku inget banget duluu ada salah satu temen di twitter (yang maaf sekali aku lupa  unamenya) pernah ngomongin soal postingan ini. Waktu itu swc belum konfirmed, masih kode2, bahkan aku  belum nabung banyak. masih sangat jauh buat kata ‘AKU PASTI BAKALAN NONTON’. Jadi temen twitterku itu nanyain, unnie mau ntn swc engga? Aku bilang, ‘liat besok deh ya. kalo kamu mau ntn ga?’. Dia jawab: ‘Engga. Aku nontonnya di postingan ‘Sepenggal cerita swc’ di blog unnie aja besok. hehe’
Waktu itu satusatunya yang aku punya Cuma rencana. Belum minta ijin segala macem. Masih jauuuhhhh banget.  Tapi akhirnya postingan ini nongol juga. Aku berusaha nulis sedetil mungkin ya (seingetku juga -_-v), buat yang samasama nonton dan ngerasa ada salah, aku akan sangat berterimakasih kalo mau meninggalkan ralat di kolom komentar. Terimakasih :)

Oke kita mulai(?)


Udah dari 4 tahun lalu, shawol indonesia selalu berharap swc bisa diadain di jakarta. Mulai dari swc 1  yang udah jelas-jelas ngga masuk list. Swc 2 yang ternyata ngga masuk list juga. Kemudian swc 3 yang dikiranya bakalan ada  tahun 2013, sampai akhirnya nongol kode kalo swc 3  bakalan diadain tahun 2014 dan indonesia adalah salah  satu negara yang masuk list.
Awaaal banget tuh yang ngetwit si azis adminnya @smtown_jkt kan ya? dia bilang ada salah satu  promotor yang nanya ke dia gimana animo shawol indo kalo swc diadain di jkt. Waktu itu belum terlalu heboh  sih, mulai panasnya disusul kode-kode dari om budiono darsono. Dan puncaknya adalah ketika swc jkt di konfirmasi langsung oleh member  shinee di press con SWC seoul bahkan disaat belum ketahuan siapa promotor yang bakalan bawa mereka.  SHINee bilang sendiri bakalan diadain tanggal 22 Juni 2014. Dari disitulah para shawol di indo udah pada ngga nyante dan mulai nabung.
Sekitar bulan maret aku dah ngantongin ijin. Sampe akhirnya bulan mei awal pricelistnya keluar. Jauh  banget dari perkiraan. Untungnya punya abang yang paling ganteng yang siap diandalkan(?) haha. Dari situ,  aku sama lanti udah nyusun rencana. Mulai dari mekanisme pembelian tiket konser sampai pembayaran trip.  Untuk tiket, mungkin karena kami engga sabar dan takut sold out akhirnya mutusin buat beli di fangirlthing  yang waktu itu buka P.O. Sempet takut sih trusted atau engga, tapi ternyata tiket bisa sampai di tangan dengan  jasa pengiriman JNE. 
Dulu banget tuh, masih sekitar tahun 2012, aku sama lanti sering ngomongin soal swc. Iseng2 bikin  rencana gini gitu terus bilang “Kita ngomongin kaya gini seakan2 konsernya besok pagi ya lan?” wkwk. Ngga  taunya kesampaian nonton berdua beneran :*
Tepat tanggal 21 mei tiket konser nyampe rumah. 23 april trip lunas. Dan tinggal nunggu tanggal 22  Juni mendekat. Kurang lebih sebulan ya, itu kerasanya lamaaaa banget. Aku sempet bikin bando nama bias  yang lumayan banyak sampe tangan tremor buat cari kesibukan. Tapi tetep aja kerasanya lamaaaa banget.
Mendekati hari H, shawol dibikin uring2 an sama announce mengenai lucky draw. Ada fanmeet, poster bertanda tangan sama sound check party. Banyak banget yang protes ke promotor soalnya undian berdasarkan nama, padahal banyak yang nitip kan? Me: pasrah aja dah. Dikasih kelancaraan nonton aja udah seneng banget.
Dan ketika tinggal hitungan hari. Disaat Shawol udah banyak yang prepare, bahkan ngga sedikit shawol yang udah mulai perjalanan menuju jakarta, D-2 harus ada berita mengejutkan.
Bahwa Onew ngga bisa dateng karena sakit.
Pertamakali tahu waktu ditelpon lanti, cek timeline promotor terus baca announce dari SM ent tuh rasanya langsung lemes. Meweeek tak berujung(?). Terus semua bayangan(?), rencana dan ekspetasi yang sbelumnya udah berputar2 di otak langsung ilang. Menbung, asli. Blank banget. Engga tahu besok musti ngapain,  disana bakalan terjadi apa aja, terus apa persiapan yang musti dilakuin. Sama sekali ilang.
Kabar tentang Onew yang habis operasi emang udah kedengeran dari awal juni ya. sampe dia absen  dari mubank di brazil kemaren. Tapi shawol berharapnya udah sembuh, jadi bisa ikut tampil di swc. Dan  ternyata...
Bukan Cuma kecewa karena member shinee berkurang 1, tapi jadi kepikiran... separah itukah?  Keadaan Onew gimana sebenernya sampai harus absen hampir satu bulan? Dan sebagai fans ngga bisa ngapa2in  selain mendoakan kan? Promotor kembali dihujani banyak pertanyaan serta kekecewaan dari shawol. Ngga  sedikit yang berharap tetep bisa liat Onew meski dia ngga ngapa2ain, Cuma nongol doaang. Tapi... namanya  sakit mau diapain lagi. Ini smua buat kebaikan onew juga kan?
And show must go on(?), tepat tanggal 21 Juni kemaren rombongan dari Jogja berangkat kurang lebih  jam 2 siang. Setelah ngelewatin jalan super parah yang tak berunjung(?) juga lintasan ekstrim berliku yang  mirip roaler coaster, akhirnya pukul setengah 5 pagi sampe jakarta. Kita prepare dulu, sarapan, mandi dll terus  jam 8 langsung cus meis. 

*suasana di dalam bus*

*bareng roomate(?) di penginapan setelah mandi sebelum cus meis*

Sampai meis sekitar jam 9 nan. Itu disana udah banyak yang antri men. Dari kejauhan udah keliatan  banyak banget yang pake baju serba pearl aqua yang super cantik(?) dan beberapa pearl aqua yang dipaksakan(?). kkkk. Setelah foto2 di poster super gedenya SWC, akhirnya kita ikutan ngantri ddepan meis. Hari itu kebetulan aku nonton bareng Lanti si anak bolang yang punya petualangan panjang menuju SWC, Murni yang  superimut dan sangat mencintai Taemin, sama Kak Nina yang sangat baik hati dan berbaju merah(?).

*suasana antrian*

Awalnya sempet bingung sih ya mau antri disana apa di pinggir pantai yang superpanas. Soalnya  promotor menghimbau(?) supaya antri di deket tangga batu (yang juga di pinggir pantai superpanas) itu.  Setelah nanya2, akhirnya kita mutusin buat tetep stay disana sambil nunggu pintu dibuka jam 12.

*sama murni waktu antri nyempetin narsis hihi*

Selama 3 jam nunggu, lanti sama murni sempet berjelajah nyari fanbase yang bagiin banner gratis, dan Kak nina berjelajah lebih lama buat nyari partner nontonnya. Aku? Cuma duduk2 kaya orang ilang nungguin  antrian kkk.
Seperti yang udah dijanjiin promotor, sekitar jam 12 lebih akhirnya pintu dibuka. Dan namanya juga  fangirl panik, antrian yang semula berjajar panjang langsung buyaar berlarian ke arah pintu. Alhasil jadi desek-desekan, ricuh dan keliatan kaya mahasiswa imut berbaju serba pearl aqua yang mau demo BBM. Banyak  banget yang teriak bukabuka dan pada marah2 sendiri ke petugas garagara ga juga bukain pintu. Aku sama  yang lain Cuma liatliatan karena ngga mau buang energi buat teriak-teriak diluar. 

*desek2an*

Dan pas pintu mulai dibuka, makin ancur dah. Penonton bagian belakang mulai dorong-dorong. Sementara bagian depan keliatan pasrah karena tak kuasa(?) menahan dorongan dari belakang. Lama kelamaan bergerak maju, itu udah keliatan banyak banget shawol yang udah masuk mulai lari-larian di eskalator menuju lantai atas. Mulai cemas deh, soalnya apapun yang terjadi(?) pengen dapet urutan  depan secara kita silver -_-
Setelah berdesek-desek ria, dan menyelusup diantara desakan para fangirl yang berapi-api(?) akhirnya pintu terpampang juga didepan mata. Aku udah lolos ngelewatin petugas, tapi lanti ama murni   masih belum bisa lewat. Seketika panik, tapi akhirnya mutusin buat meluncur sendirian ke atas. Ngga mau nyia2in kesempatan. Lari sekenceng2nya dengan random ke arah antrian section. Banyak yang beda2 arah soalnya  silver-gold-vip sama festival beda antrian. Untung sih banyak petugas yang bisa ditanyain. Jadi bisa langsung capcus lari  ke antrian section.
Pas udah nyampe sana (di lantai 2), ternyata udah panjang banget men antriannya. Langsung cari posisi dan berdiri dengan kaki yang dibuka selebarlebarnya sambil terus terusan bilang “sorry, buat tiga orang ya”.  Yang lain udah mulai duduk, aku masih berdiri ngacung2in kipas buat nyari dua anakku yang hilang(?).  berasanya lamaaa banget, kaya nungguin HP lagi di cash terus ngga penuhpenuh tau ga(?). Pas udah nongol  lega deh. Baru bisa ikutan duduk dan kembali mengantri chapter kedua.

*antrian didepan udah sepanjang ini*

*dibelakang juga banyak*

Bisa dibilang kita dapet antrian di tengah2, ngga didepan banget ngga dibelakang banget juga. Kayaknya susah nih dapet tempat duduk di depan. Jadinya pasrah menunggu keajaiban(?) -_-
Jam menunjukkan pukul 2, sedangkan gate dibuka pukul 5. Aku sempet ke toilet terus nganterin lanti  beli ofc marchandise (yang ternyata juga antri) sebelum akhirnya balik ke antrian dan gabung ke  rombongannya  metha yang sangat baik hati :)

*with lanti sama metha

Sekitar pukul 3 kurang, foto2 para pemenang lucky draw mulai berterbangan di dunia maya. Banyak  yang heboh kaya baru aja liat kodok bisa terbang(?) di hape mereka, aku sama lanti nyoba tutup telinga. I dont care anymore abt lucky draw. Itupun aku masih dalam mode menbung dan ngga bisaa bayangin apa2 akibat  berita Onew yang ngga bisa dateng. Padahal didepan udah mau pengecekan tiket dan aku masih blank.
Sekitar pukul setengah 4, petugas udah mulai mengambil formasi. Antrian diminta untuk sebagian  berdiri buat pengecekan tiket, tas dan makanan yang dari sini udah ngga boleh masuk. Eh, namanya juga suka menyelusup, ada petugas yang bilang ‘disini bisa mbak.’ Padahal itu didepanku masih lumayan banyak, terus  aku pindah ke pengecekan sebelah yang kosong melompong. Lumayan bisa jadi shortcut untuk motong antrian. Padahal metha tadinya didepan, tapi jadi aku duluan. Mianhe metha ^^v
Habis di cek aku langsung meluncur ke lantai 3. Dan lagilagi sempet terpisah dengan dua anakku(?)di  antrian chapter ke 3. Wes lah, yang penting cari tempat duluan sebelum kesempatan ilang. Nah di lantai 3 ini  antrian yang dateng pertama disuruh duduk mengitari ruangan (mepet ke tembok), antrian berikutnya didepannya, dan seterusnya dan seterusnya. Itu udah mulai feeling ga enak. Karena walau aku di line pertama yang  mepet ke tembok, tetep aja aku jauh banget dari gate masuk. Pasrah aja, semoga keadilan bisa ditegakkan dan korupsi tidak lagi merajalela di kepemimpinan presiden tahun 2014. #apaini #modepasrahuntukyangkesekiankalinya

*panjang banget kaaan*

Sambil nunggu, lagilagi cari toilet kkk. Dan toiletnya ngantri parah OMG. Disitu karena udah satu lantai sama meis jadi kedengeran sound checknya. Nah baru deh aku sadar kalo aku mau ketemu shinee, mau nonton swc dan sebentar lagi mau masuk ke dalam area tribun. *plis udah berangkat dari kemarin baru sadarnya  sekarang -_-* kan udah kubilang tadinya menbung gara2 ga ada Onew, hiks. Harap maklum yaaa.
Menunggu sampai jam 5 sore rasanya lamaaaaa banget. Jantung udah mulai ga karuan. Perut sampe  sakit saking degdeg annya. Rasarasanya lebih degdeg an ketimbang nunggu kepastian lulus UN atau engga.  Shawol sama shinee Cuma terhalang pintu doang meen. #lebainya kumat.
Kurang lebih pukul 5, lagi2 para penjaga mulai berkeliaran di antrian. Bikin penonton jadi resah dan  gelisah(?). Dan pas gate beneran dibuka ternyata sangat amat disayangkan feeling ga enakku terjadi beneran. Urutan masuknya bukan berdasarkan yang antri duluan, tapi berdasarkan siapa yang paling deket pintu duluan. Pasrah (lagi) deh ya. Udah bilang ke petugas minta yang mepet tembok duluan tapi ngga di dengerin -_- *nasib fangirl bermuka bukan fangirl(?)* #opoiki. 
Inti dari antrian hari ini adalah, GAK ADA GUNANYA DATENG DULUAN DAN ATRI PAGI-PAGI KARENA URUTAN MASUK BUKAN BERDASARKAN KEDATANGAN MELAINKAN  BERDASARKAN TAKDIR. T-A-K-D-I-R(?)
Pas aku masuk ke venue, sekali lagi harus aku bilang kalo kedua anakku (murni dan lanti) kembali hilang. Padahal mereka selalu antri dibelakangku dan bahkan kita selalu bergandengan tangan kaya kepompong(?)  tapi entah kenapa kita selalu berpisah saat menuju ke tempat persinggahan baru(?) #plak. Karena udah yang  ketiga kalinya kepisah, aku jadinya ngga mau ribet. Setelah masuk venue aku langsung lari kenceng menuju  tangga, lari lagi naikin tangga, dan kembali lari di area tempat duduk. Petugasnya bolak balik bilang, gausah lari mbak. Tapi namanya free seating ya begini. Entah udah berapa kali aku menyelusup ngelewatin fangirl lain, aku ngga ngitungin -_-. Yang penting dapet view yang enak dan paling depan di section silver.
Stelah berjelajah akhirnya dapet tempat duduk juga. Kedua anakku masih ondewei dan aku kembali  panik soalnya banyak yang nyerobot pengen duduk disebelahku. Musti ngomong “Sorry buat 3 orang, sorry  buat 3 orang” terus sampe mereka berdua nongol. Pas udah ngumpul bertiga, aku kurang puas sama viewnya. di pinggir kiri dan rada atas. Jadi aku mutusin buat nyari lagi ke bagian kanan dan aku minta mereka berdua  buat jagain tempat.
Kembali berjelajah, menyelusup menyelusup, naik turun tangga diantara tempat duduk, akhirnya dapet  tempat kedua, sekitar baris ke lima dari gold. Aku teriak2 ke arah murni ama lanti buat gabung sambil berulang kali bilang “Sorry buat 3 orang, sorry buat 3 orang” lagi.Pas mereka berdua udah nyampe. Aku nengok ke arah tribun kanan ternyata masih banyak banget yang kosong. Soalnya gini, kan penonton itu munculnya dari arah kiri, jadi yang penuh daerah kiritengah sampe ke atas. Padahal kanantengah sampe ke atas tuh kosong banyak.  Aku ngga mau buang kesempatan dan kembali mencari tempat duduk ketiga diantara area section silver. 

*view tempat duduk pertama*

Kembali berjelajah, menyelusup menyelusup, naik turun tangga diantara tempat duduk, ternyata ada  view yang enak banget. Baris ke tiga dari gold, viewnya oke, dan ditengah pula. Padahal disamping2 aku masih banyak yang belum ke isi, tapi di area kiri sampe atas udah penuh. Akhirnya mutusin buat duduk di sana dan  kembali harus manggil kedua anakku yang super imut buat gabung. 
Lumayan jauh ya dari tempat keduaku duduk, aku teriak2 ke arah mereka berdua dan keduanya ga  denger. Aku mau ninggalin tempat gabisa, masih harus berulang kali bilang “Sorry buat 3 orang, sorry buat 3  orang” , musti dudukin 3 kursi sekaligus, dan kedua anakku(?) yang dari tadi aku panggilpanggil sampe suaraku habis malah lagi foto-foto. FOTO-FOTO. Pie perasaanmu? wkwk
Disaat genting itupun ada mbakmbak yang minta tolong jagain tempat duduk di belakangku, buat tiga  orang juga. Which is aku musti jagain tempat duduk buat 6 orang sementara dua rekanku belum juga gabung.  Hiks. Pie perasaanmu? (lagi) wkwk
Untungnya murni nengok dan segera bergabung. Untuk kali ini aku dah puas sama view nya dan udah ngga ada niat lagi buat cari tempat duduk. Udah capek. Kbetulan kita disamping ‘jalan’ diantara tempat duduk. Dan tempat duduk didepanku kosong. Akhirnya lanti duduk disana dan murni duduk disampingku. Sekitar baris ke 3 dari gold.


*ama murni*

*ama lanti*

Sempet fotofoto sebentar. Cari toilet. Terus balik lagi. Kebetulan sambil diputerin lagu2 yang ngga  masuk list swc. Lumayan lah buat ngilangin bosen untuk membunuh waktu. Karena lagi2, jam 7 tuh kerasa  lamaaaa banget. Sambil nunggu, kita baca-baca project yang musti dilakuin di beberapa lagu shinee nanti.

Tarik nafas dulu. Siap kembali meneruskan cerita? 
Oke.

Jam 7 lebih sedikit akhirnya lampu mulai padam. Lightstick pearl aqua satu persatu dinyalakan dan  lampu di panggung meredup. Suara penonton dari semua section pun terdengar riuh.
Merinding, sumpeh. Ngeliat lautan pearl aqua dan jadi bagian dari itu rasanya merinding. Dan pas vcr diputer, deretan angka mulai keliatan. 2014-06-22. Waktu itu aku dah mewek parah -_- Apalagi pas disebutin namanya satu persatu,udah ngga bisa deh nahan air mata yang bergulir di pipiku  #halah. Coba tanya deh ke lanti, betapa memalukannya diriku saat mewek -_-


Dan panggung bagian tengah pun naik, dengan cepat muncul namja yang berdiri tegak menggunakan  setelan jas bercorak emas. Jonghyun. Setelah nyanyi part pertama, disusul kemunculan member lain di  belakang. Rasanya kaya mimpi. walaupun ini kedua kali nonton mereka secara langsung, tapi tetep aja lemes. Swc meen. Siapa shawol yang ngga punya mimpi bisa berdiri disana?




Taemin muncul dengan wajah serius dan rambut belah tengah wkwk. Maap magnae, tapi aku lebih  suka rambutmu yang ponian. Jonghyun masih dengan senyum sok misteriusnakal(?) tapi bikin geregetan.Minho super ganteng, walaupun mereka pose serius tapi dia masih ganteng. Berdiri diem aja ganteng. Ngeliatin tajem ke arah penoton tetep keliatan ganteng. Dia pake poni jadi makin ganteng. *oke silakan hitung sudah berapa kali saya menyebutkan kata ganteng* Dan key, asdfghjkl. Saking speechlessnya saya ngga bisa  menggambarkannya dengan kata-kata.
Lagu pertama yang dibawain spoiler. Suara shawol udah beneran pecah! Bahkan di area tribun banyak yang loncatloncat gila saking excitednya. Termasuk saya. Kkk. Tapi tetep aja ada perasaan janggal disana.  Bahwa mereka Cuma berempat, ada satu tempat yang kosong. Dan itu sang leader. Kitakita jadi nantiin, siapa aja yang bakalan nggantiin partnya lider waktu nyanyi. Dan Minho sama Key banyak ambil bagian.
Lagu berikutnya evil. Pas evil mereka tutup mata kan? Itu aja kompak bangeet. Apalagi taemin yang  superkeren , omg apakah dia benarbenar magnae? Dan Key, Sumpeeehh pas banget sama sebutanya Keymera, setiap kali kamera ngarah ke dia, dianya langsung bisa nangkep. Yang paling aku ga bisa lupa, pas dia nggantiin partnya Onew, Key senyum nakal sambil wink gitu ke arah kamera. Keliatan banget di giant screen. Gila-gila. Langsung meleleh ndlewer-ndlewer(?) dah.
Kemudian nightmare, rada ngerock ya. Disini Jonghyun yang super cetar. Diimbangi sama suara member lain yang ngga kalah stabil. Dan lagi2 key menggoda penonton, bukan Cuma dengan tatapan nakalnya tapi dia bolak balik nurunin jas di bagian lengan. Belaga mau buka baju. Wkwk, padahal kalo mau dibuka juga isinya  ga ada apa-apanya -_- (?) #plak


Nightmare kelar, saatnya speakspeak. Hihi. Para member mengenalkan diri satu persatu, mulai dari  Taemin sampe Key. Dan waktu giliran Minho, penonton berubah jadi suporter sepak bola. Kkk. Sumpeh  kenceng banget teriakannya. Ketauan deh paling banyak fansnya si abang Minho. Inti dari obrolan mereka hari itu tuh mereka menyesal (minta maaf) atas ketidakhadiran Onew. Apalagi Jonghyun yang berulang kali minta maaf gara2 Onew ga dateng, mungkin karena dia yang paling tua kali yaa jadinya semacam bertanggung jawab(?). mereka berjanji walau ngga ada Onew, malam ini ngga akan ngecewain semua shawol yang sudah datang. Mereka juga bilang tolong nantikan penampilan kami malam ini. 
Oiya disini juga ada project pertama yaitu ngangkat tulisan get well soon Onew yang sebenernya aku ga ikutan soalnya ngga dapet kertasnya, lagian bagian vipgoldsilver ga ada yg ikutan, tapi ngga taunya festival  ngelakuin project dan ketangkep kamera mereka. Senengnyaaa :* 


Dan untuk lagu selanjutnya, lumayan jadul(?). Juliette. Meskipun jadul(?), mereka aransemen dikit di  bagian tengahakhir. Ada part yang nyanyi gantian sambil formasi muter gitu kan? Nah itu yang nggantiin  partnya Onew si Minho lhooo. Abang yang satu ini suaranya ngga kalah kereennn. Karena lagunya familiar,  penonton juga ikutan nyanyi.
Disusul dengan lucifer. Fanchantnya paling gampang ya kan? Jadi untuk lagu ini fanchantnya lumayan  sukses. Di part pertamaaaa kali yang harusnya dinyanyiin Onew, diganti ama Jonghyun yang ga kalah keren.  Lagu ini juga di remix habishabisan(?). sumfeh jadi kaya lagu baru lagi(?) dan yang pasti bikin penonton makin panaaasss!!
Speak lagi, tapi gantian. Awalnya Jongho masuk, tinggal Minkey. Terus gantian Jongho keluar, Minkey yang masuk. Setelah ganti baju, dilanjutin like a fire.

*speak sebelum like a fire*

Like A Fire lumayan ringan(?) ya lagunya. Mereka juga ngdance dengan santai. Pas banget lagu berakhir, stand mic udah nongol aja dari bawah. Saatnya dream girl.
Untuk yang satu ini keliatan bedaaaaaaa banget. Soalnya tau sendiri dream girl tuh formasinya emang  cocok buat 5 orang, ketika berkurang 1 langsung deh ngurangin keindahannya(?). Bahkan banyak yang pada  salah gerakan. Taemin salah arah, dia awalnya menghadap kiri langsung balik kanan sambil bawa stand mic.  Jonghyun juga sempet ‘kehilangan’ stand micnya, terus balik lagi ke belakang buat nyusun formasi. Yang  paling janggal banget tuh pas klimaksnya, kan ada Jonghyun yang falset terus dikelilingin yang lain sambil muter. Biasanya dikelilingin 4 orang, ini Cuma 3 jadinya... tapi namanya juga SHINee, walau berkurang 1 personil  mereka tetep bisa all out nyanyiinnya :)



Next performance, hichicking. Disini ligtingnya main banget. Dan karena lagunya ngebeat, mereka gila banget ngdancenyaaa. Dan aku melongo liat lighting yang keren bingits(?)
Disusul vcr, setiap kali vcr kami manfaatin buat duduk. pas udah selesai, SHINee kembali nongol dengan latar pertokoan disudut kota New York. Queen Of New York. Ini adalah satu2nya lagu yang pake properti.  Jadi ada tempat duduk, lampu dll. Mereka muncul pake coat(?) warna coklat dan ngdance pake payung bareng penari latar. Yang lain warna payungnya item, sedangkan shinee pearl aqua-putih dengan lambang swc 3 :) 


Next song, ballad judulnya aside. Mereka terus ngelepas coat dan pake jas warna hitam-putih. Sumpeh ya Aside salah satu perform fav aku soalnya performancenya ngena banget. Ngalir. Kaya ngga ada hari esok deh(?). Padahal ngga pake dance (namanya juga ballad), mereka Cuma nyanyi sana sini terus  berdiri di panggung bundar bagian tengah yang bisa naik ke atas sambil muter. Keren banget dah! Super  romantiiiissss. Apalagi jas yang dipake itu bikin syuper ganteng >,<



Kembali ballad, sleepless night. Yang ini bukan romantis, tapi lagunya saking slownya jadi bikin sedih. Mereka nyanyi sambil duduk :)



And then (kalo kata Kak nina) creepy song, Orgel. Mereka berdiri dibelakang, tepat didepan layar  utama berlatarkan gambar kotak musik. Lagu ini satusatunya lagu yang bisa bikin penoton di bagian goldsilver duduk. Untuk lagu lain, kami semua berdiri. Bukan berdiri di lantai, tapi diatas kursi. Bahkan buat lagu2 yang  super gila, kami semua berdiri diatas kursi ssambil loncat2.Untuk yang satu ini panggung yang dimainin dibagian belakang. Jadi bagian belakang panggung bisa naik turun buat tangga, dan mereka berdiri disana sambil  nyanyi. Siapa yang kebagian part nyanyi, tangganya naik. Pokoknya keren. Tapiiiiiii, harusnya kan ada 5 tangga, karena Onew ngga ada jadi hanya 4 yang naik. Apakah kalian juga bisa melihat kekosongan itu? 


Kembali vcr. Namanya vcr kan diliatin semua member, pas partnya Onew nongol lagi2 semua penonton hebooh. 
Dan saatnya bersenangsenang! Di lagu Real mereka langsung bikin suasana jadi super menyenangkan. Member SHINee mondar mandir sambil lambailambai dan senyum2 ke arah penonton. Well mungkin moment  ini ya yang paling gila, semua gara2 Minho(?) haha. Abang ganteng yang satu ini fanservice nya emang paling  jempol. Jadi dia yang pertama kali turun dari panggung menuju ke arah festival dan shake hand ke penonton  yang ada disanaa. Kyaaa!!! Section lain langsung teriak ga iklas wkwk. heboh banget sumfeh. Disusul member lain yang mulai turun dan ngambil beberapa camera polaroid punya penonton. Kebanyakan Jonghyun yang   foto2. Kalo Taemin malah ngambil HP salah satu fans, nyium itu HP, terus dia pake buat selca. Pie  perasaanmu nek ngono kui? Haaa? wkwk




Masih dengan satu lagu ceria lagi, areumdawooooo aka beautiful. Aku suka disini mereka dancenya lucu2. Kaya enjoy banget. Ga kalah sama lagu sebelum dan sesudahnya(?)
Disusul lagu yang gak kalah gembira, 321. Disini penonton lagi2 ikutan nyanyi. Walau ada dancenya, mereka kebanyakan ngdance randomgembira(?). di awal2 lagu bahkan mereka pada ngedance gaya ngeringin punggung pake handuk bareng semua penari latar. dan yang paling bikin gila, JONGKEY MOMENT!!!!  Sumpeh mereka berdua backhug masa >////< apalagi itu di tengah2 panggung bundar yang naik dua tingkat.  Terus ngdance streeptease. Mhahaha. Ini beneran moment yang paling gila selama konser yang tentu aja bikin penonton ga kalah gilaaa.. disini juga ada jongho moment >////<



Vcr lagi, kali ini agak serius vcrnya(?) jadi bisa dipastiin penampilan berikutnya juga kembali serius(?) wkwk.
Destination. Salah satu penampilan yang bisa bikin mangap selama lagu berlangsung. Full dengan  lighting yang superkeren dan permainan laser. Serius keren buanget. Untung dapet tempat duduk ditengah, jadi bisa nikmatin laser show dengan sangat nyaman. Dulu tuh padahal sempet kecewa kenapa ‘password’ ngga masuk list padahal lasernya oke banget. Eh ternyata terbayar dengan destination.


Balik ke lagu jadul, Ring Ding Dong. Tapi jangan salah, Ring Ding Dong adalah performance kedua  fav aku setelah everybody. Namanya juga di aransemen, jadi lagunya kedengeran bedaaa banget. Masih  dengan dance pinggulnya, disini ada penampilan spesial yaitu... Taemin Solo Dance! Pas Taemin tibatiba  ngilang, aku dah ngomong ke murni nih “Taemin ilang! Taemin ilang!” wkwk kirain dia bakalan muncul dengan terbang pake tali diatas panggung apa gimana, eh ternyata dia naik ke panggung belakang terus ngedance solo yang kompak banget sama video yang diputer di giant screen. Itu sumpah kereeennnn banget. Aku jadi mikir,  yaampun apakah ini anak benerbener magnae? Sejauh apa dia bekerja keras sampai akhirnya bisa jadi keren  kaya gini? Haha Kemana Taemin yang suka aegyo? Wkwk. Tapi apapun itu, Taemin panteesss bangeeettt  disebut dance machine. Aakkk Taeminaah, tolong terima cinta nunamu ini nak!!!

#krik

Lupakan, mari kita lanjut. Masih kuat? Wkwk

Penampilan selanjutnya (yang ternyata lebih panas) adalah amigo rock version. Untuk yang satu ini  hanya ada 1 kata yang bisa menggambarkannya, HOT. Ah engga, tapi SUPER HOT. Tapi mentang2 hot,  jangan bayangin performance Jonghyun buka baju kaya internet war ya...di Amigo mereka ngerock abis. Gila2an. dan di giant screen berlatarkan tulisan AMIGO dengan efek api2. Panas meen. Belum lagi ada petasan air mancur(?) yang nyala berurutan sepanjang panggung. Keren lah pokoke!
Dan akhirnya tiba di lagu promosi korea terbaru mereka, lagu puncak yang paling keren sedunia akhirat(?), everybody. Untuk di lagu ini part dancenya Onew digantiin sama masmas sebut saja BUNGA, atau  MELATI(?) yang bertopi serta kacamata hitam. Untuk part nyanyi masih digantiin sama suami saya (sebut  saja Key atau Kibum :p) sama temen sekelas saya (sebut saja Minho atau MINHO) kkk. Untuk dance jangan ditanya deh, kereen buanget! Mereka nyanyinya juga polpolan. Lagian namanya juga everybody, klimaksnya  kerasa banget kan? Itu ditambah sama permainan laser + lighting yang gila banget! Asdfghjkl ga bisa digambarin sama kata2. Tonton aja deh di yutub(?), asli keren. Jauh lebih keren dari penampilan di inkigayo ato music  core ._. pokoknya kereen. The best!


Kelar everybody, mereka speak2 bentar. Key sempet bilang, “Apa kalian bahagia malam ini?” penonton langsung teriak Neeee!
Ternyata lagu selanjutnya adalah Selen mame(?), alias Selene (diikuti 3 dijit angka yang aku ngga hapal sampe sekarang.Ini adalah lagu pertama untuk project, jadi semua shawol langsung panik nyari banner  bertuliskan Yeongwonhi Hamkkehaeyo (mari kita bersama selamanya) buat diangkat bareng2. Untungnya  kompak yaa. Semua shawol ngangkat banner sambil diayunin pelan kekanankiri. Suasana jadi supermellow  dengan iringan lagu selene mame(?) yang menghanyutkan. Disitu sempet takut sih, kira2 kebaca ngga ya  soalnya kan gelap. Eh ga taunya ditangkep giant screen jadinya keliatan jelas. Di akhir lagu mereka balik ke  atas, terus mengilang ke bawah sambil bilang makasih seakan2 ini penampilan terakhir. 


            Penonton langsung teriak we want more! We want more! Dan saat itu apa yang aku lakukan? Ribet buka tas, nyobek plastik, terus matahin glowstick buat project di lagu colorful (encore).
            Dan seperti yang diduga, selen mame(?) bukanlah lagu terakhir. Lagi2 nongol vcr yang hampir sama  dengan di awal konser, tapi bertuliskan CLUENOTE. Mereka nongol lagi dengan formasi sherlock. Well well, tapi sherlock adalah lagu yang paling sangtae dan bikin malu bagi shawol sebenernya hahaha. Jadi di awal lagu kan ada “SHINee’s Back! SHINee’s Back!” nah itu shawol udah nyanyi duluan, salah masuknya(?). pas udah back! Back! Back! Gataunya si minho baru bilang “SHINee’s Back! SHINee’s Back!” mhahaha. Ngakak  men. Untung member SHINee tetep fokus ya, soalnya teriakan shawol kenceng banget.
             And then lagu yang paling aku tunggu dari duluu diantara semua lagu SHINee yang masuk list, Why So Serious?. Penasaran ama kegilaan mereka teriak2 sampe dance zombie yang unik. Untungnya lagu ini dibawain beneran kkk. Dan sama seperti ekspetasi, mereka super keren. Partnya Onew diganti Jonghyun, dan  beberapa part lain diganti Key sama Minho. Mungkin karena dulu kombeknya Cuma berempat juga, jadi ngga  terlalu ganjil sih liatnya ._.
             Balik lagi di lagu ceria, colorful, lagu kedua yang berisi project. Project kedua kali ini yaitu ngangkat glowstick warna warni. Sempet takut juga ngga sukses, tapi ternyata lumayanlah. Di bagian gold sama silver  langsung berubah jadi lautan pelangi(?), sayangnya gold left ngga nyalain glowstick, jadi Cuma pearl aqua.  Festival juga Cuma dikit. Tapi its ok lah, udah keliatan juga kaan? :))

*lightingnya juga ikutan warna warni :)*

Kelar penampilan, ngga taunya ada dancer yang tibatiba bawa kue ke tengah panggung. Sumfeh untuk yang satu ini jauh dari perkiraan soalnya ngga tau kalo ini juga bagian dari project. Kereen banget dah. Kue  tartnya bertuliskan happy 6th anniversary dengan 5 boneka shinee everybody di bagian atas. Tapi namanya  juga SHINee, apa sih yang ngga mereka bikin mainan? wkwk. Itu Key langsung nyomot tangan bonekanya dia terus mau dimakan wkwk. Jonghyun langsung bilang, “Aku kog ngga ada?” padahal bonekanya udah jelas2  paling tengah xD Key juga nyomot emotikon(?) bulet2 dibagian bawah terus dipasang lagi. Dan yang paling  lucu adalah pas Minho ngambil boneka Onew terus diinterview bareng Jonghyun. Mahahaha. Minho juga niruin suara kaya anak kecil (ngedubbing boneka) bilang: “Gamsahamnida.” Kiyowo bangeet >///<


*nterview sama onew xD*


SHINee sempet speak lagi ngucapin makasih. Key juga bilang Chemiseosoyo? (apakah menyenangkan?) penonton jawab, Neeee~ dianya langsung bingung kog penonton pada bisa bahasa korea xD. Sebelum  perform lagu selanjutnya mereka sempet bilang, sesuai dengan warna yang kalian perlihatkan malam ini, hijau, kami akan menyanyikan lagu selanjutnya, chorok bi (green rain).
Mulai deh sendu lagi. Padahal ini lagunya lagu menyenangkan yang menggambarkan tentang  persahabatan, bahwa ‘aku akan selalu ada untukmu disaat kamu merasa kesulitan’. Mereka bawainnya  dengan perasaan senang, lambailambai ke penonton, senyam senyum, dan key sempet sedikit2 dance ngikutin  dance aslinya yang dibawain di mv ost queen classroom ini. Sama kaya judulnya, lagu ini bikin adeem banget  tapi juga sekaligus bikin kita sadar bahwa konser sudah berakhir.
Sekali lagi mereka ngucapin makasih, bow, kemudian mengilang nglewatin tangga di tengah panggung. Rasanya tuh ngga pengen ini berakhirr. Penonton udah sebagian nentengin tas, aku mulai duduk lagi, tapi  anehnya lampu masih padam. Jadinya ngira kalo sebenernya masih ada penampilan lagi padahal di song list tuh Green Rain udah lagu terakhir. 
Dan saat itu juga, tibatiba muncul sosok namja dengan senyum hangat di giant screen. Teriakan  penonton seketika pecah. Aku langsung nangis menjadijadi(?) garagara ngeliat Onew dengan wajah yang  pucet, make up tipis, badan yang lesu, memegang kertas bertuliskan “Walah~ Kalian terkejut? saya adalah SHINEE ONEW”. 


Gimana ngga nangis coba, Onew yang dari kemaren bikin Shawol supergalau gara2 ngga bisa dateng  tibatiba muncul di akhir konser hanya dengan memegang tulisan gara2 dia belum bisa ngomong (sakit pita  suara/polip). Nyesek men T.T apalagi ini adalah ‘penampilan’ Onew untuk yang pertama kalinya setelah dia  operasi. Dan ternyata dia keliatan benar-benar sakit u.u
Kertas yang Onew pegang satu persatu ia lepas, dan disana keliatan jelas apa aja yang sebenernya  pengen dia sampaikan. 
“bagaimana konser hari ini?”
“Mohon maaf saya tidak datang di konser itu.”
“Konser berikutnya harus pergi ke jakarta, Janji!”
“Sangat saya kepada kalian, kemudian terimakasih banyak. Mengerti perasaanku?”
“Dan untuk para member kita akan memberikan hadiah spesial. Bersiaplah. Nantikanlah~”
*dengan backsong lagu honesty part nya Onew :’((*
Setelah video Onew selesai ditampilin, terdengar intro singkat lagu stand by me. Ternyata untuk yang  kedua kalinya SHINee balik lagi ke panggung buat ngasih penampilan kejutan di akhir konser. Tapi ngga Cuma itu yang menyejutkan(?), tapi justru penampilan Minho yang gantiin part nyanyinya Onew di awal lagu. O-M-G. Suaranya bagus buanget! Padahal Minho daritadi udah gantiin Onew ya, tapi biasanya tuh masih kedengeran ‘back vocal’nya Onew. pas di stand by me, jelaaasss banget suaranya Minho. Udah gitu lagunya ballad dan  partnya lumayan panjang. Joss buanget daah.
Disini mereka juga mainan air dari botol minum. Mhahaha. Pertama Jonghyun nyemprot ke arah Key. Minho nyemprot ke arah Jonghyun. Dibelakang Minho, Taemin juga nyemprot ke arah Minho. Akhirnya karena Cuma Taemin yang belum basah, Minho sama Jonghyun kompakan nyerang Taemin. Key buru-buru kabur. wakakaka

Embedded image permalink

Karena ini beneran penampilan terakhir, jadi mereka ngasih wave banyak banget ke pentonton dari  berbagai sudut. Bahkan minho juga sering bikin Love sign pake kedua tangannya, terus dibales sama semua  shawol. Tapi ngga Cuma itu, di akhir lagu Minho juga kiss bye ke penonton yang bikin lanti mendadak pingsan didepan saya mhahaha
Setelah lagu selesai, mereka kembali speak2. Bilang ini adalah konser terakhir swc. Mereka juga  ngucapin terimakasih buat semua shawol. Mereka bilang berjanji mereka akan kembali ke sini bersama Onew. Mhaha pas ini nih yang lucu. Jadi mereka bilang mereka bakalan balik sama Onew Oppa kan? Nah itu tuh di  translete in sama translatornya, terus dengan sangaat kiyowo Key langsung niruin pake bahasa indonesia : “Kami akan datang kembali bersama kak Onew.” LOL. Penonton spontan ngakak semua.


Pas di akhir, mereka juga sempet ngomong sendiri2. Disini nih member ternyata pada nangis. Key . Untuk Taemin, aku sempet liat di giant screen ekspresinya berubah pas dia udah selesai  ngomong. Ekspresi yang sama kaya pas SHINee menang di Melon Music award. Seorang Taemin...



Akhirnya konser di malam itu benarbenar berakhir. Satu persatu member SHINee menuruni tangga  untuk meninggalkan panggung. Lagi-lagi namja dengan fanservice yang daebak masuk paling akhir. Dia sempet bikin love sign, lambai lambai tangan terus turun kebawah, mengakhiri serangkaian konser yang sangat spektakuler selama kurang lebih 3 jam  malam itu.
Lampu tribun kembali menyala. Banyak yang langsung cabut, tapi ngga jarang masih ada yang  menbung kaya saya(?).
Kerasanya cepeet banget. Padahal hari ini berlangsung sangat lama, tapi pas penampilan cuman berasa 2 detik. Masih bertanyatanya, apa aku beneran baru aja nonton SWC? Apa itu tadi beneran Jonghyun, Key, Minho, Taemin? Kkk


Mungkin kalo kita ntn video di laptop, satu lagu aja kerasa lama dengan angle kamera yang berpindah-pindah. Tapi kalo nonton langsung kita bakalan sibuk ngeliatin mereka di atas panggung dan itupun masih kerasa kurang karena bakalan banyak moment yang ngga pengen kita lewatkan. Bahkan dengan jujur kukatakan, swc jauh kerasa lebih singkat daripada mubank yang disana shinee Cuma bawain 4 lagu. Serius -_-
Kalo ditanya puas ato engga, puas banget. Tapi pengen lagi ._.
Jonghyun dengan suara emasnya berhasil membius semua penonton walo dia ngga jarang nunjukkin  senyum nakal yang bikin geregetan. ngga sedikit yang akhirnya terhipnotis karena ternyata namja ini jauh lebih lebih charming dalam kehidupan nyata(?) kkk. Walo paling tua(?) tapi tetep ya kelakuannya kaya anak kecil,  suka jailin member lain diatas panggung hehe


Minho yang punya fanservice terbaik mungkin jadi member yang paling diinget semua penonton dengan shakehand(?)nya, waving, love sign sampe kiss bye ke semua arah. Ngga salah deh dia yang paling banyak  punya fans disana soalnya emang Minho yang paling ganteng! Sorry Jonghyun tapi itu kenyataan. Ngga Cuma senyumnya yang supermanis, Minho ternyata juga punya suara yang sangaaatttttt baguuusss. Beruntung swc3jkt memberikan dia lebih banyak kesempatan ^^


Taemin yang sebelumnya dikenal sebagai magnae yang imut, berubah jadi member dengan skill dance  sekaligus memiliki suara yang luar biasaaa. Selain Minho, perform Taemin adalah yang paling ngga bisa  dilupakan. Terutama dance solonya. Dan setiap kali wajah seriusnya muncul di layar waktu nyanyi, langsung  meleleeeeh. Super ganteng! Sama kaya impian Taemin sejak dulu, dia sekarang sudah berubah menjadi  member yang manly (tapi tetap berwajah imut!). 

Embedded image permalink

Key. Apa yang musti aku gambarin soal biasku yang satu ini? Dia sangaaat emejing! Luar biasa!  Outstanding! Wkwk mungkin suara key ngga secetar Jonghyun, dancenya ngga sekeren Taemin, fanservice  nya ngga sebanyak Minho, tapi Key punya semuanya. #halah. Mungkin karena aku keseringan fokus di Key  jadi otakku penuh dengan wajahnya.Satu hal yang paling aku tangkap dan kemudian membuat persepsiku(?)  jadi berbeda setelah malam ini adalah bahwa mungkin sebelumnya aku ngeliat Key sebagai bias yang  multitalent, fashionista, umma di SHINee yang cerewet, golongan darah B yang spontan, member yang sering banget nangis, dan idol yang punya banyak temen cewe. Tapi malam itu setelah 3 jam ngeliat sosok Key yang  emejing, semuanya berubah menjadi sangat sederhana, bahwa sekarang aku melihat Key sebagai sosok  NAMJA. In personally(?). semoga aku ngga patah hati berlebihan kalo besok Key terlibat skandal -_-


Embedded image permalink

Dan tentu saja tidak ada yang melupakan Onew. Leader SHINee super sangtae yang ngga pernah lupa untuk tersenyum ini walau dia ngga ada disana, tapi tetep aja masih ada satu tempat untuknya diantara para  member selama konser. Aku tahu shawol bisa melihatnya. Gomawo lider sudah menyempatkan diri bikin video greeting, cepet sembuh yaa! Shawol mencintaimuu!

                 

Akhir kata, gomawo buat ortu yang udah ngasih ijin + bayarin trip, makasih juga buat abang saya yang baik hati. Kekeke. Buat Lanti si bolang yang hanya bisa melihat Minho(?), Murni yang senantiasa terpesona  dengan Taemin(?), dan Kak nina si unstoppable noona yang tidak bisa berpaling dari si Magnae, MAKASIH  BANYAAAKKKK. Makasih karena udah bikin hari-hari petualangan selama konser jadi sangat menyenangkan! Swc4 nonton bareng lagi yaa~ smooch2 :* :*
Makasih juga buat tetangga saya(?) Suchy yang mau nganterin, vita yang bersedia menjemput,  fangirlthing yang jual tiket, myeolcy ol yang nyediain trip, promotor yang ngadain konser, juga kak may  (sok akrab) yang bawa shinee kesini. Terakhir, makasih buat yang udah mau baca cerita saya yang ternyata  ngga Cuma lebih panjang dari halaman kajian teori skripsi, tapi malah lebih panjang dari FF Lucid Dream.  #eeaaa #kemudianpromo

Semoga pengalaman ini bukan yang terakhir! Sampai ketemu di SWC 4!! Annyeong!

*Credit photos: to the owner ._.

11 comments:

  1. GILA! Aarrgh MAKASIH EONNI! Jadi berasa liat secara langsunggg.
    Bacanya sambil ketawa², hampir netesin air mata juga dan ga lupa ENVY jugaa-…-
    Sekali lagi makasiih eon:) ditunggu swc4 nya yaaaa :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha samasamaaa. makasi juga ya udah baca :) siaap. amin!

      Delete
  2. daebak, reviewnya total banget cha! *o* ini sih panjangnya lebih dari jembatan suramadu waks;; banyak yang pengen aku komentarin sebenernya xD tapi intinya dua setengah jam itu terlalu singkat!! pokoknya SWC4INA harus ada dan wajib dateng! #amiin sayangnya MEIS malah tutup hiks </3 semoga venue selanjutnya jauh lebih keren lagi ya :3 special thanks buat para syaini woldeu yang super sekali (kalo kata pak mario) atas memori yang tak terlupakan, I'll miss you guys huhu *nangis gentle(?) ala minho*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya un, wakakak suramadu? LOL
      iya beneerrr. singkat bangeett
      amin amin. nonton lagi ya un!
      syaini woldeu xD xD xD

      miss u toooo

      Delete
  3. ini jadi ceritanya kakk icha bikin fanacc yang berlembar-lembar halaman kek gini tuhh bikin saya menghasilkan/?/ berbagai macam bentuk feel..
    envy (pasti), seneng karna berasa kek nonton langsung, dan terakhir bikin hati nyesekkk... "kenapa aku nggak bisa juga kayak kakk icha ya?? yg ngelive, yang bisa lihat SHINee secara langsung, yang bisa jadi bagian dr pearl aqua, dan cuma bisa ngelive liwat teel twitter?? TT.TT"
    but, it's okey.. buat next SWC janji bakal ambil bagian di dalamnya.. bakal lebih berusaha keras lagi buat nabung demi OT5..
    thanks kakk udah cerita2 pengalaman pas disana.. sumvehh, nggak boong di bagian kakk icha cerita lampu diredupkan dan LS pearl aqua menghiasi meis.. saya udah nangis deleweran.. T^T
    dan nyampe nangis sesenggukan bagian VCR Onew-nya muncul... T^T
    Lee Jinki, my ultimate bias nggak dateng ituh rasanya sakiiitt bangett.. kosong.. jadi pas ngelive di twitter ya rasanya biasa aja.. tapi pas ternyata ada pesan2 dari dia ituuu saya langsung nangis.. terharu sekaligus sedihh.. dy lagi sakit tapi masih mau kasih senyumannya itu..
    beneran kakk rasanya emang ada yg kurang kalo ot5 nggak lengkap.. tapi, nggak papa mereka udahh berusaha buat menampilkan yang terbaik buat shawol indo..

    thanks for sharing kakk..
    maap kepanjangan dan berasa kekk lagi curhat.. tapi emang bener lagi curhatt.. XD
    btw, kakk icha tau saya kahh?? saya yg uname twitternya @Eka_Vidivici, yang sering ngalay di teel kakk.. hahaha

    sekali lagi makasihh kakk icha~ Saranghaeyo~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah iya yaa
      tapi pasti nanti dapet kesempatan juga kog :)
      samaaa22
      makasih juga ya udah baca + komen superpanjang beginii

      iya sedih banget cum a berempat
      semoga besok bisa ot5

      ne. nado saranghae^^

      Delete
  4. Kerennnnn! reviewnya bagus dan niat banget looooh.... meski ak bkn shawol tapi ak suka baca nya... moga moga kesampean ya ak bisa liat konser exo di indo amin...

    ReplyDelete
  5. waahhhhhhh,,, keren konser shine di indonesia :)
    meski q g bisa nonton, tapi bisa terobati dengan tulisan kakak,, terima kasih banyak ya.....
    tapi tetep ja da yang kurang, karena Onew ga ada :)

    Terima kasih atas tulisannya .. :) semoga di konser selanjutnya aku bisa Lihat Amin,,,,
    Heni Purnama Sari

    ReplyDelete
  6. di section festival semuanyah nyalain lightcolour ko.. mungkin klo liat dr atas gk gitu jelas..

    ReplyDelete
  7. konsernya kapan lagi? kalo ada pengumumannya, tolong kasih tau ya :)
    email aja ke saraharitonang01@gmail.com.

    ReplyDelete
  8. eonniiiiii baru gabut lalu keinget akan blog mu.. hmm udh brp lama ya aku galiat blognya, ternyata namanya masih sama hehehe. this posting makes my memories abt the concert came like in flashes, feel so unreal yaampun eonn :') gatau kenapa ya aku nyesel ga sempet take picture/video/else grgr aku mikirnya udh bayar mahal2 tp ttp aja ngerekam and I regret it now. thank you so much for your posting, I had a memory abt the concert eventho it's from your point of view. semoga shinee bisa konser di sini lagi yaa eon, and hope we can meet soon. live well!^^~

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...