Tuesday 2 January 2018

You did well, Oppa!

Beberapa minggu terlewat, akhirnya baru bisa nulis postingan ini.

Aku pertama kali bikin blog ini karena SHINee. Hampir seluruh isinya tentang SHINee. SHINee adalah grup pertama yang mengenalkanku tentang korea. Yang kemudian memotivasiku sampai akhirnya aku bisa ketemu mereka secara langsung.

Semua karena SHINee.

Dan sekarang, aku harus mengatakan bahwa salah satu dari membernya telah pergi.
Untuk selamanya.


*sigh*


Ini bener-bener diluar dugaan semua orang. Bahkan kalo kataku, ini diluar akal sehat. Ketika tiba-tiba salah satu member boyband korea yang terkenal solid, ngga pernah ada konflik internal, punya fans loyal dan bahkan digadang-gadangkan bakal jadi satu-satunya boyband dari SM yang memecahkan kutukan 7 tahun… ternyata…

Pertamaa kali banget denger itu justru dari grup wa. Pas liat, aku beneran ngga percaya. Itu dititik dimana aku mikir “Berita apaan sih?”. Kan sering banget ada rumor2 ngga jelas gitu. Jadi aku cuman baca dan aku cuekin. Aku malah lanjut ntn variety show sambil ngakak2.

Tapi pas Lanti mulai ngechat “Jonghyun…” (cuman 1 kata doang) di grup shawol (berisi 4 shawol yang udah kaya keluarga), aku udah langsung feeling ga enak. Aku bales, “Itu beneran?”. Seketika meluncur ke instagram dan yang aku temuin adalah artikel “Jonghyun SHINee ditemukan tewas.”

Saking shocknya waktu itu sampe ngga bisa nangis. Sama sekali. Tapi justru susah nafas, sesek. Aku masih mau ngingkarin dengan cari2 berita lain yang kala itu semakin lama semakin simpang siur. Banyak yang bilang kalo Jjong Cuma pingsan, ada yang bilang dia masih di operasi, ada yang bilang dia udah meninggal dalam perjalanan…

Bahkan disaat polisi dan keluarga udah mengkonfirmasi, aku masih belum mau percaya. Rasanya tuh… kaya ngga nyata :’(

Tapi kemudian rasa sakit itu perlahan-lahan muncul di permukaan. Banyak foto shawol yang sedang nungguin di depan rumah sakit, kabar para member yang mulai berdatangan. Sementara waktu itu Key masih di Portugal.

Dan yang paling bikin nyesek adalah disaat, nunanya Jonghyun membenarkan kalau Jonghyun meninggal karena bunuh diri.

God…

Sakitnya ngga bisa digambarkan. Bahkan nangis pun tuh ngga bisa jadi tempat untuk melampiaskan rasa sakit yang tiba-tiba aja nusuk di dalem dada. 

Seakan-akan apa yang terjadi selama ini ngga ada gunanya :’(

Hey, seorang Jonghyun SHINee. Yang dikenal masyarakat luas karena karyanya yang hebat, member dari boyband tersolid yang pernah ada, artis dengan fans tersetia tanpa catatan buruk, bahkan dia selalu aktif memberikan lagunya untuk penyanyi lain. Dia tidak pernah dilupakan. Tidak akan pernah.

So… why?

Itu adalah pertanyaan terbesar.

Kita tau dia bahkan baru seminggu yang lalu (semenjak kematiannya) mengadakan konser. Awal tahun depan dia comeback. Bahkan juga hampir muncul di variety setelah sekian lama. Dia ngga pernah absen nyapa fansnya di media social. Sebelumnya juga pernah menjadi DJ radio yang mengudara setiap minggunya. Secara finansial dia ngga ada masalah. Orang-orang disekitarnya pun menyayanginya. Kita (fans) justru lebih mengkhawatirkan Onew ketimbang member lain karena baru saja terlibat kasus.

So… wae? WAE??

Sejujurnya aku nulis kaya begini bukan karena menyalahkan Jonghyun. Tapi kupikir itu sangat disayangkan.

Dan malam itupun akhirnya mencapai puncak. Disaat semua orang masih tidak bersedia percaya sebelum SM Entertainment konfirmasi,ternyata… kabar itu datang juga.

Yang paling nyakitin disitu adalah kalimat “pemakaman akan dilakukan secara…”. Kata-kata pemakaman yang semua orang tahu tidak akan mungkin akan bisa dibantah lagi.

Hm…

Aku udah janji sama diri sendiri kalau ngga akan nangis, tapi postingan ini semacam recall suasana malam yang paling mencekam saat itu.

Dan ternyata aku nangis lagi :’)


Aku masih inget waktu itu air mata udah ngga bisa dikendaliin. Udah netes teruuuus aja kaya air terjun. Rasanya sakit. Sakit banget. Sesek. Seakan-akan dunia ini runtuh ketika kamu udah ngga bisa menyangkal bahwa..

Satu dari bintang yang selalu kamu pandangi…
Bintang yang selalu memberikanmu harapan…
Bintang tidak pernah berhenti menyemangatimu…
Bintang yang selalu kamu jaga… 
Bintang yang selama bertahun tahun mendampingimu…
Bintang yang memotivasi hidupmu… 
Bintang yang selalu tersenyum padamu…
Dan bintang yang tidak pernah berhenti berkata,
“Kamu sudah melakukan yang terbaik.”

Sudah hilang.
Dia tidak lagi bisa memancarkan cahayanya.

Uh…
Maaf, aku ngga tau bakalan se emosional ini.

Hal yang paling aku sayangkan disini adalah… bahwa LIMA yang selalu kita perjuangkan. Tidak akan bisa utuh seperti semula.
Meski demikian, aku yakin di hati semua Shawol. LIMA akan tetap menjadi LIMA. Selalu. Dan selamanya.



Sejujurnya, banyak penyesalan yang timbul kemudian. Kita kemana aja pas Jonghyun butuhin kita? Dia menderita. Dia kesakitan. Dia udah berusaha untuk berteriak, tapi tak ada yang mau mendengarkan…

Disaat semua lagu-lagunya menenangkan, membuat kita nyaman. Ternyata justru dia yang lebih membutuhkan itu.

Dia benar-benar seorang malaikat.



Dan kalian semua pasti juga udah baca pesan perpisahan dan surat kematiannya. Aku yakin kalian tahu dan ngerti banget gimana penderitaan Jonghyun yang selama ini ia sembunyikan. Terlalu menyakitkan, jadi aku pilih untuk ngga membahasnya lebih lanjut.

Kemudian… keadaan Shawol setelah itu. Tentu mereka terguncang hebat. Aku yakin mereka ngerasain apa yang aku rasain, bahkan lebih.

Malem itu banyaaak banget chat yang masuk. Dari temen shawol terdekat, dari mantan shawol yang tengah ‘menjalani kehidupan baru’, dari sesama kpopers tapi bukan shawol, dan bahkan temen-temen lama aku (non kpopers) yang tau kalo aku suka SHINee.

Pertanyaan yang sama, jawaban yang sama, penjelasan yang sama. Kalo diinget inget, setiap kali ngebalesin aku selalu nangis. Aku nangis sampe kerasa pusing, mata bengkak sampe sakit, sampe ga bisa liat keyboard hp. Pokoknya kacau.

Aku pribadi ngerasa nyesel sebenernya karena ngabain Jonghyun. Dia sering banget ngelive di ig dan beberapa kali sengaja ngga aku tonton karena aku ngga ngerti dia ngomong apa :(
Aku ngga nyangka ternyata itu yang terakhir kalinya :'(((

Dan besoknya aku masih harus masuk kerja. Jujur itu adalah hari terberat.

Jadi, aku pake caraku sendiri dengan muter-muter ngikutin jalan yang jauuuhh banget sampe aku nyasar, malah ngga kea rah kantor tapi justru menjauh. Sambil jalan, sambil dengerin lagu2 shinee dan jonghyun. Sambil muas-muasin nangis biar sampe kantor udah abis air matanya (dikiranya sih gitu, taunya stok air mata masih banyak xD). Alhasil, perjalanan yang harusnya sepuluh menit, aku habisin lebih dari sejam. Uhuy!

Tapi tetep aja sih sampe kantor ke notice temen-temen. #failed

Seharian itu beneran kaya zombie. Cuman bisa duduk, pegang hp. Ngga ada rencana nangis, tapi kog ya air mata ngga brenti-brenti yaampun cengeng banget seriusan.

Sejujurnya aku benci banget yang namanya nangis kalo lagi sedih. Benci. Banget. Kecuali kalo marah, aku bakalan nangis hahahaha.

Jadi sore itu aku langsung mikir “Aku ngga boleh kaya gini terus.” Dan akhirnya aku bisa ngatasin pake caraku sendiri.

Sayangnya ngga bertahan lama. Pas pemakaman…

OMG…

Sakitnya jauh lebih nyata daripada cuman dari artikel2. Disaat aku udah mulai bisa nerima kenyataan, kenyataan itu yang justru menamparku sekali lagi.

Ngeliat wajah member yang terpukul. Asli ngga kuat. Apalagi pas key nangis terus dipeluk sama Onew T.T *aku bakalan berenti sebelum nangis lagi*

Jadi pas itu aku ntn videonya di kantor. Alhasil aku nangis Bombay dengan ingus yang ngga bisa ditampung lagi.

Oke. End.

Mungkin semua emang butuh proses. Dari ngga percaya… terpaksa nerima kenyataan… kenyataan yang meninggalkan rasa sakit… sampai akhirnya mulai berfikir secara logis.

Mungkin di awal aku mikir, kenapa sih harus kaya gini, atau maaf ngga bisa ngelakuin apa-apa, sampai… dia pasti menderita…

Tapi sekarang aku mulai berfikir… mungkin ini emang jalan yang dia pilih. Dan bahkan aku udah bisa mengatakan kalau… (sorry) bagiku jalan yang dia pilih itu salah.

Didunia ini masih banyak hal yang indah. Banyak orang-orang yang menyayangi kita. Orang-orang yang membutuhkan kita. Dan orang-orang yang ingin menghabiskan waktu lebih banyak dengan kita di masa depan.

Tapi mungkin…Jonghyun sudah terlalu lama terperosok dalam rasa sakitnya. Terlalu lama… sampai dia sendiri yang memilih untuk tidak mencari cara bagaimana agar keluar dari sana.

Its okay. Itu pilihan. Dan aku menghargainya.

Dan sekarang, aku hanya bisa mendoakan agar dia tenang disana. Aku juga berdoa yang terbaik untuk SHINee di masa depan. Aku berjanji untuk mendukung apapun yang mereka lakukan nanti.


Sedikit sharing, kemarin shawol jogja ngadain tribute to Jonghyun di depan kraton. Acaranya lancar dan banyak yang ikut. Di kota-kota lain pun juga banyak yang ngadain.
Semoga dengan kaya gini, shawol bisa saling menguatkan yaa…



Inget kata Onew Oppa, “Aku tidak peduli siapapun kamu dan dimanapun kamu. Tapi yang harus kamu ingat adalah bahwa ada orang lain yang mencintaimu lebih dari dirimu sendiri. Akupun mencintaimu.” *kurang lebih gitu yaa, aku lupa persisnya.

Akhir kata, be strong shawol!

Love You!



7 comments:

  1. Pas dibilang "mantan shawol yg sdg menjalani kehidupan baru" kok ngerasanya itu ke aku ya kkk

    Gimana ya, mgkn org liatnya aku udh ga ngikutin shinee tp jujur gimanapun mereka kenangan terindah aku dan aku msh mengawasi mereka dr sini.

    Kabar meninggalnya jjong itu diluar dugaan bgt. Aku pertama liat cuma bisa ngernyitin dahi dan berfikir 'beneran nih?' Terus cari info dan yg lgsg speechless ga tau mau blg apa.

    Aku ngepantau beritanya terus dan sampai yg lain udah pd liat pemakamannya aku malah sengaja ga liat.

    Baru beberapa hari ini aku liat dan yah aku nangis.

    Bahkan hari pertama setelah kabar kematian jjong aku ngerasa ada yg kosong. Semacam puzzle yg satu bagiannya hilang, semacam ada yg kurang. Dan aku berfikir " ya ini hari pertama jjong hidup d alam yg berbeda"

    Btw aku malah plg sedih liat bagian shawol nyanyi replay sambil nangis dan entah knp kayak flashback semua kenangan shinee dr jamn replay.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaaaaa liderrrr :')
      Iyah lider, banyak bangeet kog ngga cuman lider wkwk
      huum, i know. ya mungkin emang ngga ngikutin kaya dulu tapi namanya ngfans pasti ngga akan hilang gitu aja.

      yang sabar ya lider.
      betul, kaya ada yang kurang :( dan ngga bakalan bisa balik lagi :(

      Delete
  2. ikut sangat kaget sekali walaupun gw bukan shawol...bener2 berita dipenghujung taun yg g bisa dilupain
    stay strong shawol unni...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah yampun sampe walaupun bukan shawol.
      gomawo *terharu*

      Delete
  3. ������
    Waktu lertama kali denger kabar itu habis jaga malam, naru bangun tidir teus keponakanku kasih kabar. Cuma bisa mlongo, g komen. Belum nyantol. Trus dia bilang lagi, aku baru lgsg browsing. Dan ternyata beneran...
    Sebenernya juga setuju sama mb icha (maaf ya) menurutku cara yg diambil Jonghyun emeng salah. Tapi mau gimana lagi. Nasi sudah menjadi bubur. Semoga dia tenang disana.
    Dan untuk Shinee n shawol harus bisa terus menatap masa depan, kuat, dan saling mendukung. Idol juga manusia biasa seperti kita, mereka juga punya masalah, capek, dan privasi yg perlu dihargai.
    Maaf ya kak, komennya panjang...����

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya say :')
      amin amin
      iya bener banget. dibalik senyumnya mereka ternyata juga nyimpen banyak masalah.
      iyaah ngga papa, aku seneng kog kalo ngomen panjang.
      makasih yaa

      Delete
  4. Haii unnie.. Lama banget ngga main ke sini. Dan terdampar di postingan ini bikin aku mewek tengah malem di malming ini. Bener2 nyesek banget karena jjong oppa itu bias aku,, yang berhasil bikin aku jadi shawol saat itu. Pertama sama si kaya unnie, kukira itu hoax jadi masa bodo awalnya. Tapi pas temen kuliah kpoper bukan shawol *halah* tbtb chat ngabarin itu langsung speechless, buru2 browsing, nyeseknya lagi pas mantengin yutub cuma pengin tau perkembangannya pas di pemakaman, ohhh,,, itu bener2 aku ngurung diri di kamar nonton vid itu bombay dahh..
    Aku jadi ngerasa bersalah yg jarang main ig nya oppa, cumadengerin beberapa lagunya aja ToT
    Tapi aku setuju sih sama unnie, ttg sikap oppa yg (mian) salah, tp mau gmn lagi. Skrg cm bisa support oppadeul lainnya, dengerin lagu2 oppa.
    Duh, kok malah bleber komennya..
    aku stalking blogmu dulu deh unn, hihihi

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...