Friday 30 August 2024

Aku habis putus cinta nih. Kira2 dapet apa aja ya?




Wow... akhirnya aku speak up ya 
Sama kaya judul yang kalian baca, yep aku habis putus sama mantan aku yang terakhir. Kayanya aku pernah nulis tentang hubunganku sama dia dulu diblog ini deh wkwk.
Aku bahkan nulis insight tentang up and down aku pas sama dia dlu meskipun ngga terlalu detail.

Dan waktupun berlalu, meskipun di awalnya jujur aku struggle banget buat move on. Tapi tanpa aku sadari semuanya udh terlewat.
Ada yang bilang : time will heal. Tapi sebenernya yang terjadi adalah kita hanya bertahan sementara waktu akan tetap berjalan.

Kalo bisa diinget masa2 itu, mungkin aku ngga akan pernah bisa membayangkan jadi aku yang sekarang. titik ini sungguh jauh dari ekspektasiku.

So... Apa aja sih yang aku dapetin dari 'putus'nya aku kemarin?

1. Pelajaran berharga


    Ofc ini jadi point pertama ya karena emang like a whoaaa banyak banget pelajaran yang bisa aku ambil dari pengalaman ini. Buat sedikit pengetahuan, fase putus cinta itu ada 5 ya adik adik :    
    a. Denial (penyangkalan)
    b. Anger (marah)
    c. Bargaining (mengharap)
    d. Depression (depresi)
    e. Acceptance (iklas)
    Jujur ketika aku pertama kali putus aku tahu bahwa aku harus melewati tahap ini. Jadi ketika itu aku berusaha dengan keras untuk oke deh aku harus nerima kenyataan, aku boleh menyangkal, aku boleh marah, aku boleh puas2in semuanya. Biar semua cepat selesai.
    Tapi ternyata ngga semudah itu ya adik adik. Kamu ngga bisa mengatur emosi kamu habisnya kapan. Kamu ngga bisa ngatur bahwa oh aku udah baik baik aja kog, aku udah move on kog.
    Ada hari hari dimana aku ngerasa aku udah ngga ppa kalo inget dia, tp ketika lewat jalan yang familiar terus bakal inget lagi. Dan mulai meragukan diri sendiri lagi.
    Ngga papa banget. itu wajar. Yang penting kamu ngga maksain buat cepet2 move on. Karena dlu aku begitu. Sampe di titik, apa aku terlalu keras ya sama diri sendiri?
    Aku cari banyak banget 'pengalihan' buat jadi penawar rasa sakit aku. Tapi tanpa aku sadari, aku ngga tahu seberapa dalem luka yang tertinggal disana.
    Jadi pelajaran berharga yang paling bisa aku ambil adalah : pemikiran bahwa 'Aku itu penting.' Kenapa pelajaran ini yang justru paling berharga buat aku, karena dalam perjalanannya itu self esteem aku rendah banget. Aku berusaha untuk cepet baik-baik aja, aku berusaha buat cepet move on. aku berusaha cepet2 'bangun' tanpa nanya ke hati terdalam aku : aku nyaman ngga ya dengan semua perlakuan ini?
    Dan ketika aku menemukan jawabannya, aku jadi mikir lagi sebenernya aku ngelakuin itu semua buat siapa sih? beneran buat kebahagiaanku sendiri atau orang lain.
    Aku jadi sadar bahwa kita ngga bisa maksain sesuatu, entah itu ke orang lain atau diri sendiri. Semua itu Tuhan yang atur. kita ngga bisa maksain semuanya berjalan sesuai dgn yang kita mau. Contoh kaya : balik lagi ke obrolan di awal ya, kalo misalnya bukan jodohnya ya ngga bisa. Justru harus berterimakasih karena dijauhkan dari seseorang yang ternyata bukan buat kita.
    Itu bener-bener BIG DATA yang aku rasain langsung. Kalo misalnya kalian ngga ngalamin sendiri, kalian ngga akan tahu gimana berharganya pengalaman seperti ini.

2. Ngga pernah Overthingking lagi


    Like... finally aku bisa membuat diriku ini ngga overthingking! Siapa sangka justru peristiwa paling menyakitkan yang udah bawa kita jatuh jauuuuh banget ke bawah justru yang bawa kita naikk tinggi banget, bahkan lebih tinggi daripada diri kita sebelum kita mengalami peristiwa tersebut.
    Ngga pernah terlintas dlm benak aku, bahwa aku bisa berhenti overthingking. Karena itu tuh susaahhh bangettt. Itu ngga cuman bikin capek fisik tapi juga nguras energi. Belum lagi jadi insomnia, ngga mood, asam lambung naik, hilang nafsu makan dan banyak lagi hal yang hilang hanya karena aku overthinking. Bener2 ya guys, Kekuatan pikiran tuh se ngefek dan sepeting itu.
    Ketika kalian berthenti overthingking, kalian akan bisa menyadari ternyata buanyak banget hal yang kalian lewatin. Kalian jadi tahu apa yang harus dan bisa kalian lakukan, dengan kata lain : kalian bisa menemuka potensi dalam diri kalian.
    Mungkin kalian bakalan nemuin postingan 'bagaimana cara menghilangkan oevrthingking' di blog ini ya. Itu dulu aku tulis karena ya aku tukang overthingking haha. Dan setelah bikin tips itupun aku masih suka ovt! wkwkwk aneh bgt. Tapi aku jadi bener2 menerapkan mindset itu di kehidupan sehari2 aku. Sekarang aku jd bener2 tahu mana yang jadi batasan aku dan mana yang engga. Aku ngga akan mikirin hal yang (aku tahu) aku ngga akan bisa merubah itu (karena hal itu terjadi di luar batasan aku). 
    Aku jadi jauh lebih wise untuk memilah hal2 mana aja yang memang penting untuk aku fikirkan, dan mana yang engga. Aku berusaha melepaskan dan membiarkan hal hal lain terjadi begitu aja. aku juga ngga pernah lagi mikirn apa yang orang lain pikirkan ttg aku, karena aku tahu bagaimanapun caranya aku ngga akan ngerubah itu.
    Yang penting aku tahu bahwa aku udah berusaha, sisanya terserah lah. Biar terjadi sebagai man mestinya.
    Ibarat batu, dia akan jauh lebih berharga kalau udah dipahat jadi patung. Tapi proses memahatnya menyakitkan. harus dihancurin dulu bagian2nya, dnegan gitu baru bisa terbentuk patung meski dgn bahan yang sama kaya sebelumnya.
    Sedikit tips selain 'tahu batasan', untuk mengurangi ovt sekarang aku jadi lebih sering journaling dan art therapy. Ternyata sengaruh itu di aku! Next time kapan2 aku share tentang ini deh.

    3. Glow Up!


Mau desclaimer dlu kalo glow up ngga melulu tentang penampilan luar ya, tapi dalem juga.
    Ngomongin tentang penampilan luar, sebelumnya aku juga pernah cerita tentang effort aku melawan jerawat ya, Nah sekarang ngga cuman rangkaian skincare yang nambah. tapi juga body care dan hair care. 
    Mungkin dulu aku ngelakuin itu buat orang lain, tapi sekarang aku mau tampil cantik juga untuk diriku sendiri. Dengan gitu aku makin semangat dan ngerasa bahwa aku tuh pantes kog untuk ngasih hadiah berupa 'cantik' buat diri sendiri.
    Dan untuk glow up tentang penampilan luar, nyambung dari point sebelumnya : sekarang aku jauh lebih positif. Karena ketika stop overthingking, aku ngga pernah lagi mikir negatif tentang sesuatu. Aku pun lebih bisa memposisikan diriku untuk menanggapi orang lain atau bertindak dalam suatu masalah.
    Dua hal ini ngaruh banget loh. Bawaanya jd happy, semangat dan aura positif juga nular ke orang orang sekitaar. Dan bonus terbesarnya adalah : aku jadi ngga pernah insecure. Karena insecure itu masalah yang gede banget loh, ngga cuman dalam pola pikir kita ttg diri kita tapi juga bisa ngaruh ke hubungan.
    Makanya glow up luar dalam itu penting biar kamu ngga ngerasa insecure dgn diri sendiri. Ketika kamu aja susah buat nerima diri sendiri, gimana kamu berharap orang lain bisa nerima diri kamu apa adanya?


    4. Mewujudkan Mimpi

    

    Masuk ke part yang paling menyenangkan yaitu ternyata suatu peristiwa ngga mengenakkan justru bisa bikin kita jadi ngewujud in mimpi yang mungkin sebelumnya bahkan ngga pernah kita bayangin bisa terwujud.
    Salah satunya : travelling ke korea.
    Coba kalau aku ngga ngalamin itu mungkin tahun ini aku belum tentu bisa ke korea dan ngeuwjud in mimpi mimpiku yang lain. Rasanya kaya ngga mungkin, tapi aku bener2 ngalamin itu. Dan perjalanan ku ini selalu aku sebut sebagai penghiburan dari Tuhan buat aku. Penghiburan luar biasa yang bahkan ngga bisa ditukar dengan hal apapun.
    Aku masih ada satu mimpi lagi yang aku pingin wujudin yaitu aku pingin menikah dengan orang yang tepat, seseorang yang Tuhan pilihkan untukku sesuai dengan kriteriaku. Dan akupun yakin mimpiku akan terwujud.

    5. Bersyukur


    Ini adalah poin terbesar yang aku rasain dari seluruh pengalaman yang sudah kuceritakan. Aku bersyukur Tuhan udah kasih jalan kaya aku sekarang. Kaya lirik di lagunya bernadya, "Untungnya.. ku bisa rasa hal hal baik yang datangnya belakangan" Aku seneng banget sama lagu ini karena aku ngerasa relate banget sama cerita ku. wkwk
    Aku bahkan berani bilang aku bersyukur karena saat itu aku putus. Karena itu satu satunya jalan untuk aku lewatin sebelum aku mendapatkan hal hal baik yang kualami sekarang.
    Tuhan bahkan ngasih sesuatu yang jauh dari ekspektasi aku. Aku bisa tahu siapa sebenernya aku, gimana regulasi emosi aku, apa yang aku butuhkan, apa yang harus aku lakukan, dan apa yang bisa bikin aku bahagia. Buat aku, pengalaman ini mahal banget. Seberharga itu karena bisa ngerubah semuanya 180 derajat.
    Ngga ada kata selain terimakasih sama Tuhan karena menyayangi aku dengan cara seperti sekarang. Untuk sisanya akan aku serahkan, bagaimana nantinya terserah Tuhan. Karena didalam Tuhan semuanya akan baik baik saja.


    Dan... itulah lima hal besar yang aku dapetin dari pengalaman 'putus'ku sebelumnya. Mungkin kalian punya lebih banyak poin dr yang aku tulis, boleh lho sharing di komen juga. Semoga sedikit coretanku ini bisa jadi inspirasi kalian yah. Bahwa dibalik peristiwa yang kalian pikir itu menghancurkan, sebenarnya itu justru 'membentuk' kalian menjadi pribadi yang baru. Jadi jangan lupa untuk selalu mengambil hikmah di balik suatu peristiwa.
    Terimakasih.
    



No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...