Kamis, 15 Maret 2012

Bagaimanakah seharusnya perlakuan terhadap sunbae dan hoobae di Korea ?


Apakah kalian pernah bertanya-tanya tentang hubungan antara sunbae dan hoobae, ketika kelompok penyanyi  mengeluh tentang hoobae yang tidak memperlakukan mereka dengan hormat ?
Berikut adalah penjelasan tentang  sunbae dan hoobae

Sunbae (선배, 先辈) adalah kata yang mengacu kepada orang dengan pengalaman lebih (di tempat kerja, sekolah, dll), dan hoobae (후배, 后辈) mengacu kepada orang yang masih memiliki sedikit pengalaman .
Umumnya, hoobae harus menggunakan jondaetmal (존댓말, bahasa kehormatan) untuk sunbae, yang berarti mereka harus berbicara sangat sopan dan memperlakukan mereka dengan hormat.
Hal ini mungkin agak membingungkan bagi orang-orang dari budaya Amerika, karena tidak ada hal seperti bahasa kehormatan atau mungkin sopan santun.
Di tempat kerja, ada bos, dan ada rekan kerja kalian. Di sekolah, biasanya kita memperlakukan satu sama lain sama, antara yang lebih tua dan lebih muda.
Kim Kardashian dan Justin Beiber mungkin bisa sama-sama ramah di Amerika, tetapi situasi semacam ini jarang terjadi di Korea.

Kara sudah melakukan debutnya 5 tahun sebelum beberapa kelompok pendatang baru, sehingga Kara adalah sunbae kepada kelompok-kelompok gadis muda. Sunbae diperlakukan dengan hormat, dan biasanya memiliki kekuatan sosial.
Namun, jika Kara bertemu dengan kelompok gadis hoobae yang terdiri dari berusia 30 tahun, mungkin akan menjadi agak membingungkan.
Apakah mereka yang ber usia 30 tahun harus menggunakan  menunjukkan hormat mereka untuk gadis-gadis yang berusia sekitar 10 tahun lebih muda dari mereka?
Ya. Ini mungkin tampak sedikit membingungkan, tetapi dalam industri kerja, sunbae dan ide-ide menjadi sedikit berbeda. Namun, hanya karena Kara adalah ”sunbae” tidak berarti mereka tidak harus menggunakan bahasa sopan dan tidak menundukkan kepala mereka ketika mereka menyapa mereka hoobae yang berusia 30 tahun.
Ketika Kara mengatakan bahwa hoobae mereka tidak memberikan hormat kepada mereka, hal ini menjadi membingungkan bagi banyak orang.
Juga, ketika penyanyi Mose mengatakan T-ara tidak pernah menyapa mereka, hal ini juga mendapat banyak perhatian yang buruk untuk T-ara.
Mose sebelumnya menulis melalui akun twitter miliknya, “Kelompok ini salah satu gadis yang selalu ada di berita untuk masalah sikap yang aku mengetahui tentang hal itu. 
Mereka terkenal karena tidak mengatakan ‘hi’ atau menyapa. Mereka juga tidak pernah menyapa saya. Bahkan sebelum debut mereka, ketika aku melihat mereka di ruang rekaman beberapa kali …
Mengenai Seo Taiji dan Ki Kwang : Seo Taiji adalah sunbae untuk Gi Kwang, karena ia merintis industri K-Pop modern dan debutnya jauh sebelum Gi Kwang.
Tapi Gi Kwang memanggil Seo Taiji “Seo-ssi (Mr Seo)” selama acara TV. Seorang pejabat perusahaan hiburan menyatakan tentang hal ini, “Bahkan,  akan ada masalah jika kita menarik garis yang jelas antara hubungan sunbae dan  hoobae, tetapi baru-baru ini sejak kelompok idola menjadi lebih kompetitif, perbedaan itu menjadi kurang jelas dan itu adalah awal menimbulkan masalah. “
Jadi, Kapan ketika anda harus menggunakan bahasa yang lebih hormat? kalian harus menggunakan bahasa yang lebih jormat kepada orang-orang yang belum pernah bertemu sebelumnya, guru , sunbae atau hoobae (jika kalian tidak mengenal mereka secara pribadi),dan umumnya setiap orang yang lebih tua dari Anda.

Bahasa yang lebih hormat memiliki kata-kata mereka sendiri , tetapi biasanya menggunakana “-yo” atau “-hasaeyo” setelah kalimat kerja. Misalnya, “Annyeong” bersifat informal, tetapi “annyeonghasaeyo”  merupakan yang lebih formal.
jika ingin memanggil sunbae, maka harus menambah kalimat, “-sunbae-NIM” .
Fans Amerika mungkin dapat mengatakan “Netizens yang sangat tidak masuk akal dan bodoh, tetapi ini mereupakan situasi yang jauh lebih serius dari sekedar “misaddressing” .
Ini adalah tanda hormat, Jika Tidak mengikuti salah satu sunbae / hoobae dengan aturan kehormatan  makan akan dianggap sebagai perilaku yang sangat kasar, dan tidak memberikan hormat kepada orang yang lebih tua, maka seseorang tersebut akan dipecat dari pekerjaan, atau penghinaan publik dan tentu saja, nama yang buruk.
Korea dan negara Asia lainnya umumnya memiliki aturan: “Semakin tua , maka seseorang itu harus lebih dihormati” (hal ini mungkin juga berlaku di Indonesia)

 ec: koreanindo
Source : soompi || indotrans : kidihae@koreanindo

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...