Sabtu, 22 Oktober 2011

Daftar Lagu Ballad Yang Menyayat Hati



Lagu ballad mana yang paling menyayat hati?

Korea emang jagonya bikin lagu ballad.
Siapa yang tidak setuju dengan pernyataan tersebut?. Mulai dari soundtrack drama, soloist hingga grup idol yang sering tampil energik di panggung-pun tak mau ketinggalan menyelipkan lagu bergenre ballad ke dalam tracklist album maupun single mereka. Selain cenderung memainkan emosi & penghayatan sang penyanyi, lagu ballad juga memperlihatkan teknik & improvisasi seorang penyanyi. Tak jarang melalui lagu ballad ini kemampuan vocal seorang penyanyi dapat diukur (meski ini bukan ukuran mutlak).
Bagi sebagian orang, lagu sedih yang mendayu-dayu & menyayat hati akan membuat perasaan seseorang lemah dan cenderung emosional. Maka jangan heran jika ada statement “jangan dengerin lagu ballad di pagi hari”. Namun, bagi sebagian orang yang lain, tipe lagu ini justru sangat dibutuhkan ketika ingin mendinginkan pikiran yang penat atau lagu pengantar tidur. Ketika sedang berhadapan dengan masalah, setelah mendengar lagu ballad & bisa ikut menangis bersamanya, rasanya hati akan lega. Ada juga orang yang setelah mendengar lagu ballad justru mendapat inspirasi atau ide menarik.
Nah, berikut ada beberapa lagu ballad pilihan, kira-kira lagu ballad mana yang paling menyayat hati?

1. Coagulation – Super Junior 
Meski bukan tipikal heavy ballad yang mendayu-dayu, justru dengan vocal yang lirih & tenang membuat pendengar lagu ini mampu merasakan begitu dalamnya rasa sakit hati yang dirasakan tak jarang banyak pendengar yang ikut menangis ketika mendengar lagu ini. para member Super Junior ini. Menceritakan betapa bingungnya seorang pria ketika sang kekasih terdiam, yang digambarkan dengan lirik “eotokhe… nan eotokhe”


2. Tell me goodbye – Bigbang
 Lagu bertema perpisahan memang paling oke dijadikan tema lagu ballad, setuju?
Lagu berbahasa Jepang yang sempat nangkring di 10 besar chart Oricon Jepang ini selain menyuguhkan komposisi lagu yang indah juga menampilkan konsep MV yang oke banget. mendengar intro lagu ini sudah memberikan kesan “gelap”. Perpaduan vokal & rap masing-masing member sangat menyentuh pendengar. Oh tell me goodbye, tell me goodbye… menandakan seseorang yang meminta sang kekasih untuk mengucapkan selamat tinggal, melupakan, & jangan menangisi kepergiannya. Meski demikian tetap terasa begitu sulit

3. Saranghamyeon andoeni – Kim Nam Gil (OST The Great Queen Seon Deok) 

Dari judulnya saja sudah bikin hati sakit banget. “Saranghamyeon andoeni” atau judul lainnya “Can’t I love you”, tidak dapatkah aku mencintaimu? Siapa yang nggak sakit hati mendengar kalimat ini?. Terlihat sekali ini cinta betepuk sebelah tangan. Cinta Bidam kepada Deokman yang ternoda karena sebuah fitnah berupa penghianatan.
Meski Kim Nam Gil sendiri bukan seorang penyanyi, tetapi ia memiliki kualitas vokal yang tidak boleh diremehkan. Apalagi dengan kemampuannya mengahayati & meresapi pesan lagu ini. Ia terdengar tidak seperti sedang menyanyi tetapi sedang berusaha menceritakan sakit hati yang ia rasakan karena tidak mampu memiliki wanita yang ia cintai. Bahkan jika ia tak dapat mencintainya, tak dapatkah ia hanya melindungi bayangan wanita yang ia cintai? Ya, hanya bayangannya saja, tidak dapatkah?

4. Tick tock tick tock – Shin Hye Sung
 Karena Shin Hye Sung berjalur pada musik ballad, maka mayoritas lagu yang dibawakan oleh vocalist utama shinhwa ini tentu saja lagu ballad. Meski demikian penyanyi yang dijuluki “Prince of Ballad” ini pernah mencoba keluar jalur di album 3rd Side I Live and Let Live yang dirilis tahun 2009, pada album 3rd Side II Keep Leaves Hyesung kembali pada jalur ballad. Bulan Juni 2011 kemarin, Shin Hye Sung merilis album terbaru THE ROAD NOT TAKEN dengan hits andalan Tick Tock Tick Tock. Walau alur cerita MV-nya cukup membingungkan, tapi tidak menutupi betapa frustasinya sang model (Kim Dong Wan) hingga ia menenggak habis obat-obatan dalam jumlah yang banyak. Ditambah dengan Shin Hye Sung yang membawakan lagu ini dengan penuh penghayatan membuatnya mampu mengaduk-aduk emosi pendengar. Jadi galau deh!

5. Love is punishment – K.Will (OST Brilliant Legacy)

Semua pasti sepakat jika K.Will paling cocok menyanyikan lagu ballad. Apalagi tipikal suaranya yang husky dan powerfull itu sangat pas membawakan lagu-lagu yang sukses membuat ujung mata seseorang menjadi basah. Pertama kali mycolorisland dengar suaranya ketika mengisi OST A Love To Kill berjudul “Dream”, lagu ballad yang menggambarkan rasa cinta, sayang, marah, dan benci dalam satu waktu. Sementara itu dalam OST Brilliant Legacy, suara K.Will semakin membuat sendu suasana drama yang dibintangi Lee Seung Gi, Han Hyo Jo & Bae Soo Bin ini. Terutama saat tokoh Wan yang diperankan Lee Seung Gi menunjukkan rasa campur aduk antara cinta, penyesalan, dan rasa bersalah pada Han Hyo Jo. Karena itulah bisa dipahami mengapa lagu ini berjudul “Love is Punishment”.

6. I jugil nome sarang – Lee Soo Young (OST A Love To Kill)
Dinyanyikan oleh diva Korea berlabel The Queen of Ballad, merupakan jaminan lagu-lagu yang ia bawakan membuat orang yang mendengar akan menangis bersamanya. Lagu yang dinyanyikan dengan lirih membuat kesan ada luka yang sangat mendalam sehingga terdengar sangat menyedihkan & menyakitkan. Apalagi banyak scene di drama A Love To Kill yang dibintangi oleh RAIN dan Shin Min Ah ini yang menguras air mata. Selain Lee Soo Young, K.Will dan The King of Ballad Shin Seung Hun juga ikut meramaikan soundtrack drama yang berakhir tragis ini. Nah, udah cerita dramanya menyedihkan, soundtrack-nya pun diisi oleh deretan penyanyi ballad, mau apa coba selain sukses bikin galau?

7. It has to be you – Yesung (OST Ciderella’s Sister)
Semua pasti sepakat jika lagu ini semakin menambah suasana sendu, sepi dan dinginnya drama yang kembali melejitkan nama Moon Geun Young ini di dunia shobiz Korea. Suara Yesung yang rada-rada husky memang cocok banget menyanyikan lagu ini. Menandakan sebagai member boyband yang tak hanya populer dengan dance energik tetapi dengan kualitas vokal yang prima. Ia juga mampu menyampaikan cinta terpendam seorang Moon Geun Young dibalik sikap dinginnya yang seakan-akan tak mempunyai perasaan. Ingin disampaikan, tetapi sangat sulit, sehingga yang ada adalah rasa sesak yang semakin menjadi-jadi…

8. Saldaga – SG Wannabe
Siapa yang tidak merinding jika mendengar lagu ini? Siapa yang tidak menangis jika mendengar lagu ini saat mengetahui salah satu vocalist yang menyumbangkan suaranya di lagu “Saldaga” ini telah berpulang? Ya, Chae Dong Ha.
Kemampuan vokal penuh teknik milik Kim Jin Ho (heran deh, suara-suara husky tipikal Kim Jinho, Hwanhee, RIP Kim Minsoo, K.Will, dan Joo Chanyang paling cocok kalo nyanyi ballad ya?) ditambah dengan vokal bening Kim Yong Jun & RIP Chae Dong Ha semakin mengukuhkan lagu ini sebagai heavy ballad. Alur cerita MV yang dibuat bersambung dengan single hits SG Wannabe lainnya “Sin and punishment” menceritakan dua remaja pria yang bersahabat dekat, mereka sama-sama mencintai guru seni mereka. Namun, karena permasalahan ekonomi membuat salah satu diantaranya terjerumus kedalam dunia hitam. Ketika ingin berusaha menyelamatkan sang sahabat dari para gangster, sang remaja pria itu meninggal. MV-nya recommended banget buat dilihat karena memiliki konsep yang jempolan^^

9. Goodbye… – Fly To The Sky
Intro lagu yang disuguhkan oleh vocal angelic Brian Joo ditambah dengan setting MV-nya awal musim semi membuat efek yang cukup menenangkan ketika mendengar permulaan lagu ini. Menjelang pertengahan lagu kita mendengar improvisasi vocal powerfull milik Hwanhee yang semakin menambah sentuhan ballad di lagu bertema perpisahan ini. Menceritakan kisah Brian yang baru saja kehilangan kekasihnya, suatu ketika ia menemukan sosok wanita yang mirip dengan mendiang kekasihnya di rumah sakit. Mereka bertemu saat sang wanita berusaha kabur dari rumah sakit, tanpa sadar Brian membawa pergi wanita yang ia kira adalah mendiang kekasihnya. Hwanhee yang seorang dokter & kekasih wanita yang diajak kabur Brian berusaha mencari keberadaan sang kekasih. Konflik batin yang dirasakan Brian menjadi puncak cerita lagu ini, ketika ia tersadar jika wanita yang ia ajak kabur bukanlah kekasih sebenarnya.

Sebenarnya masih banyak lagi lagu ballad yang dinyanyikan oleh duo Fly To The Sky seperti Missing You, Restriction, Don’t Marry, Like A Man, Eternity, dll. Bagi yang menyukai lagu ballad, masukkan lagu-lagu mereka di playlist, dijamin recommended banget

10. Bad You – Shin Min Chul
Jujur kadang author heran, kenapa penyanyi korea bermarga SHIN suaranya keren banget? lihat saja predikat King Of Ballad diraih oleh Shin Seung Hun, lalu Prince of Ballad disabet oleh Shin Hye Sung, lalu muncul leader T-Max Shin Min Chul dengan suara powerfull yang mampu mencapai nada-nada tinggi. Sebelum bergabung dengan T-Max, pria yang menyelesaikan studinya di Selandia Baru ini telah berkali-kali mengisi soundtrack drama Korea salah satunya adalah “Sang Doo Let’s Go To School” yang dibintangi oleh RAIN, Gong Hyo Jin, dan Lee Dong Gun.
Di album pertama T-Max, Born To The Max Shin Min Chul tampil solo pada salah satu track-nya “Bad You”. Lagu ini bertipe ballad yang menyuguhkan kemampuan vokalnya yang powerfull dan penuh penghayatan. Meskipun kita tidak mengetahui arti sebenarnya lagu ini, namun Shin Min Chul mampu menyampaikan pesan tentang kekecewaannya kepada seorang wanita. Sering dibikin patah hati ya bang?

11. Waiting – BoA
Female singer yang sudah terkenal seantero Asia ketika masih berumur belasan tahun ini sering tampil di panggung dengan lagu upbeat & dance yang oke banget. di lagu korea-nya “Waiting” BoA tampil sebagai gadis sederhana yang karena sebuah kesalahan di masa lalu yang menyebabkan ia kehilangan sang kekasih. Meski demikian ia masih tetap menunggu & mengharapkan sang kekasih kembali kepadanya. Konsep MV-nya pun sangat menarik, disana digambarkan BoA sedang menunggu seseorang dibawah pohon yang meranggas ditengah padang yang sepi. Meski cukup disayangkan, tak sedetikpun kamera menyorot wajah sang pria, hanya terlihat tubuhnya saja.
Dikarang & diaransemen oleh seniornya di SM Entertainment, Kangta yang berhasil menyajikan lirik lagu dengan apik, puitis, namun lugas menggambarkan tentang kesedihan seorang wanita yang tetap setia menunggu sang kekasih untuk kembali

12. Bye bye bye – Monday Kiz
Lagu debut Monday Kiz ini merupakan tipe heavy ballad. Dari judulnya bisa kita ketahui jika lagu ini bercerita tentang perpisahan. Namun, yang akan membuat kalian meneteskan air mata bukanlah makna dibalik lagu ini, melainkan sebuah fakta bahwa si pemilik suara husky, Kim Min Soo dalam lagu ini telah meninggal pada tahun 2008 karena kecelakaan T_T. hal ini tentu saja membuat imajinasi ketika mendengar lagu ini seakan-akan Kim Min Soo sedang mengucapkan selamat tinggal kepada kita semua, selamat tinggal karena kita tidak akan bertemu kembali dengan sosok pria berkaca mata itu lagi kecuali dalam sebuah foto dan bebarapa video Monday Kiz.

13. On rainy days – BEAST
Jujur, ketika mendengar lagu ini mycolorisland dapat inspirasi, ide bikin fanfic tentang seseorang yang terlampau patah hati hingga berkali-kali mencoba bunuh diri (kekeke khayalan tingkat tinggi)
Coba teman-teman dengar lagu ini tetapi dengan mata terpejam. Coba resapi lirik per baitnya, tiap ketukan nadanya, apa yang teman-teman rasakan? Kalo mycolorisland ngerasainnya jadi ikut ngerasa hati kita kosong, ada sesuatu yang tidak lengkap. Sesuatu yang harus diisi dengan nama seseorang yang kita cintai. Kesannya sih gitu, habis oke banget sih ini lagu. Diawali dengan petikan gitar menambah suasana sendu ditengah hari yang sedang hujan. Terkadang hujan memang membuat hati kita menjadi melankolis dan tiba-tiba galau sendiri tanpa sebab. mungkin ini yang menjadi inspirasi lagu yang dibawakan cowo-cowo keren BEAST

14. Persona – Kangta
Lagu yang dirilis tahun 2005 ini merupakan tipikal ballad-RnB. Meskipun diiringi dengan dance tetapi sama sekali tidak mengurangi “rasa sakit hati” dalam lagu ini. Jika lebih teliti, pada salah satu reff kita akan mendengar Kangta hampir menangis menyanyikan lagu ini. Menceritakan sosok lelaki yang baru saja putus dengan kekasihnya, namun ia bersikukuh mampu bertahan & melupakan sang kekasih, walau kenyataanya sangat sulit. Hingga ia pergi ke kota asing untuk melupakan masa lalunya, namun bukannya hilang justru memori tersebut semakin sulit dilupakan.

15. Destiny of Love – Shinhwa

Sepertinya ini menjadi lagu perpisahan Shinhwa dengan Shinhwa Changjo. Bagaimana tidak? Lagu dari kantong album ke-9 Shinhwa “Volume 9” yang merupakan album terakhir kali dirilis Shinhwa sebelum para member menjalani wajib militer. Shinhwa yang dikenal dengan performance dance yang energik di panggung ini juga mampu menyuguhkan lagu ballad yang membuat kita terharu.
Di lagu “Destiny of Love” ini dapat kita dengar perpaduan vokal antara Prince of Ballad, Shin Hye Sung dengan Kim Dong Wan, vokal penuh penghayatan Lee Min Woo, suara husky Junjin, ditambah rap yang terdengar lirih & smooth oleh Eric & Andy semakin membuat kita merinding mendengar lagu ini. Terutama pada part-nya Hyesung “Baby please don’t let me alone” dan part vocal Minwoo setelah part rap-nya Andy, sangat jelas terdengar Minwoo menahan tangisan disana. Banyak Shinhwa Changjo yang menangis setelah mendengar lagu ini…

Nah, menurut teman-teman mana yang paling menyayat hati, bikin sedih, dan bikin menangis? Atau mugkin teman-teman punya rekomendasi lain? Sharing disini yuk…^^
read, like and comment okey :)
selamat menggalau.hehe

writen by : shofi @ mycolorisland
re-shared : Yuni @ anythingwithkorea
source: anything with korea

8 komentar:

  1. tambahan

    TVXQ don't say goobye

    nangis bener ma tuh lagu.

    BalasHapus
  2. Lee Seung Gi yang Word hard to say ato yang Love thought me how to drink..;(

    BalasHapus
  3. tambah. yesung-love is hurts. ada part yesung teriak n dalem banget nyampein rasa sakitnya. pertama kali aku denger, itu langsung bikin hati aku kek mencelos ._.

    BalasHapus
  4. punya Huh Gak jg ga kalah bagusnya.. galaunya dalem bgt
    yang the person who i loved, it's hurt, hello, sama i told you i wanna die..
    di jamin bikin nyesek dehh..!! aku sma bbrp tmn ku jg smpe nangis waktu nonton mv-nya.. hehe ^_^

    BalasHapus
  5. Wah 2AM gamasuk nih? Hihi. Btw coba dengerin 2PM - Just For Today sama miss A - Madness deh. Kalo Just for Today dari judulnya udah galau berat. Sedangkan Madness bukan lagu yang heavy galau dengan instrumen string atau chamber orkestra tapi lebih ke soul dan dapet banget 'madness' nya

    BalasHapus
  6. SMTown - I Am ; SNSD - Dear Mom juga :)

    BalasHapus
  7. mumpung yang punya blog 'katanya' shawol ni aku mau recomend lagunya shinee QUASIMODO dari album lucifer, ini bagi aku yaa tentang kita, tentang fangirl yang cuman bisa liat mereka dari jauh, dan dibatasi sama yang namanya dinding takdir #sokpuitis haha
    oh yaa salam kenal yaa aku Fitriyana

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...